USS Callister

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
USS Callister
Episode Black Mirror
Poster promosi
Nomor episodeEpisode 1
SutradaraToby Haynes
PenulisCharlie Brooker
William Bridges
ProduserLouise Sutton
MusikOriginal Score by
Daniel Pemberton
Tanggal siar29 Desember 2017 (2017-12-29)
Durasi76 menit
Bintang tamu
Kronologi episode
← Sebelumnya
"Hated in the Nation"
Selanjutnya →
"Arkangel"

"USS Callister" adalah episode pertama dalam seri keempat seri antologi Black Mirror. Episode ini ditulis oleh Charlie Brooker dan William Bridges dan disutradarai Toby Haynes. Episode ini tayang perdana di Netflix beserta seluruh seri keempat pada tanggal 29 Desember 2017.

Episode ini bercerita tentang Robert Daly (Jesse Plemons), seorang programer berbakat dan penyendiri sekaligus pendiri permainan daring multipemain massal ternama yang tidak suka dengan perlakuan rekan-rekan kerjanya terhadap dirinya. Ia meluapkan kekesalannya dengan membuat simulasi petualangan luar angkasa mirip Star Trek di dalam permainan tersebut yang berisi karakter-karakter berupa tiruan digital rekan-rekan kerjanya. Sebagai kapten pesawat luar angkasa USS Callister, Daly mampu memerintahkan rekan kerjanya melakukan apapun, memaksa, dan menghukum mereka apabila bersikap kurang ajar. Setelah Daly membawa seorang karyawan baru, Nanette Cole (Cristin Milioti), ke dalam permainannya, Cole mengajak para awak kapal melawan Daly.

Berbeda dengan episode Black Mirror lainnya, USS Callister mengandung komedi lepas dan menggunakan efek khusus. Sebagai penggemar Star Trek, Bridges menambahkan hal-hal kecil dari acara tersebut ke USS Callister, tetapi episode ini lebih dipengaruhi oleh salah satu episode The Twilight Zone, "It's a Good Life", dan tokoh Playtime Fontayne dalam komik Viz.

Episode ini disambut ulasan positif. Kritikus memuji cerita dan pemerannya dan menganggap USS Callister sebagai episode terbaik dalam seri keempat, tetapi durasinya dikritik karena terlalu panjang. Sebagian kritikus memandang episode ini sebagai sindiran terhadap penyalahgunaan kekuasaan oleh laki-laki. Mereka membandingkan Daly dengan para perisak Internet dan Harvey Weinstein.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]