Be Right Back

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
"Be Right Back"
Episode Black Mirror
Black Mirror - Be Right Back.jpg
Martha (Hayley Atwell, kanan) berinteraksi dengan duplikat sintetis kekasihnya yang sudah meninggal, Ash (Domhnall Gleeson).
Episode no.Episode 1
SutradaraOwen Harris
PenulisCharlie Brooker
MusikOriginal Score by
Vince Pope
Tanggal siar11 Februari 2013 (2013-2-11)
Durasi44 menit
Aktor tamu
Kronologi episode
← Sebelumnya
"The Entire History of You"
Selanjutnya →
"White Bear"

"Be Right Back" adalah episode pertama dalam seri kedua seri antologi fiksi ilmiah Britania Raya, Black Mirror. Episode ini ditulis oleh produser acara, Charlie Brooker, disutradarai Owen Harris, dan tayang perdana di Channel 4 pada tanggal 11 Februari 2013.

Episode ini berkisah tentang Martha (Hayley Atwell), seorang perempuan yang kekasihnya, Ash (Domhnall Gleeson), tewas dalam sebuah kecelakaan mobil. Di tengah masa berkabung, ia mencoba teknologi yang memungkinkan dirinya berkomunikasi dengan kecerdasan buatan yang meniru Ash. "Be Right Back" memiliki dua sumber inspirasi: persoalan tentang menghapus nomor telepon teman yang sudah meninggal dari daftar kontak, dan gagasan bahwa cuitan Twitter dapat dibuat oleh perangkat lunak yang meniru orang mati.

"Be Right Back" mengangkat tema masa berkabung. Alurnya mirip dengan episode sebelumnya, "The Entire History of You". Adegan hubungan antara Martha dan Ash cukup singkat tetapi dapat disimpulkan sebagai hubungan yang baik, tetapi hubungan ini tidak muncul antara Martha dan kecerdasan buatan yang meniru Ash. Kecerdasan buatan tersebut tidak mampu meniru hal-hal kecil yang dilakukan Ash.

Episode ini mendapat ulasan positif, khususnya pemeranan tokoh oleh Atwell dan Gleeson. Namun, akhir episode ini mendapat sejumlah kritik. Beberapa produk kecerdasan buatan di dunia nyata dibanding-bandingkan dengan produk dalam episode ini, termasuk bot obrolan Luka yang terinspirasi oleh episode ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]