Tromsø IL

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tromsø IL
Berkas:Tromsø IL logo.svg
Nama lengkapTromsø Idrettslag
JulukanGutan
Berdiri1920
StadionAlfheim Stadion
Tromsø
(Kapasitas: 6,859)
KetuaBjørn Nilsen
ManajerAgnar Christensen
LigaTippeligaen
2021ke-12
Kostum Kandang
Kostum Tandang

Tromsø IL merupakan sebuah tim sepak bola Norwegia yang bermain di divisi utama Tippeligaen. Didirikan pada tahun 1920. Berbasis di Tromsø. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Alfheim yang berkapasitas 7.500 penonton. Seragam mereka berwarna merah putih.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

1920-39: Tahun Persiapan Perang

Klub ini didirikan pada 15 September 1920, dan dikenal sebagai Tromsø Turnforenings Fotballag (Tim  Asosiasi Senam Troms), atau disingkat Turn. Pertandingan pertama setelah pendirian resminya adalah melawan rival sekota IF Skarp, seri 00. Namun, itu tidak  lama sebelum kesuksesan datang ke Tour, dan pada tahun 1927 klub memenangkan kejuaraan musuh tingkat distrik pertama.

Pada tahun 1930 klub berubah nama menjadi Troms Idrettslag karena Asosiasi Olahraga Norwegia menganggap nama klub terlalu dekat dengan  Asosiasi Senam Troms. Namun, ini hanya sementara dan klub berubah nama menjadi Tor pada tahun 1931. 1931 juga akan menjadi tahun klub memenangkan Piala Norwegia Utara pertamanya, pencapaian tertinggi oleh klub Norwegia Utara pada waktu itu. Klub mengalahkan Mo IL 31 di final. Setahun kemudian, Asosiasi Olahraga Norwegia memutuskan bahwa klub tersebut tidak dapat disebut Tor, sehingga Tromsø Idrettslag terpilih kembali, kali ini  permanen. Trom juga memenangkan kejuaraan distrik kedua pada tahun 1932, tetapi tersingkir di semi-final Piala Norwegia Utara. Tahun 1930-an terbukti menjadi dekade yang baik bagi Troms karena klub memenangkan kejuaraan distrik pada tahun 1933, 1936 dan 1937. Namun, aktivitas olahraga berhenti pada tahun 1940 karena Perang Dunia Kedua dan klub tidak aktif kembali sampai 1945.

1945–1969: Dua kejuaraan piala Utara-Norwegia

Troms memulai tahuntahun pascaperang dengan cara yang baik, memenangkan kejuaraan distrik keenam klub pada tahun 1946. Pada tahun 1949, Troms memenangkan piala Norwegia Utara keduanya. Kali ini, pertandingan final dimainkan di Stadion Harstad, dan Troms akan melawan FK Bodø/Glimt. Troms menang 31, seperti pada tahun 1931.

Troms  memenangkan lima kejuaraan distrik berturut-turut antara tahun 1950 dan 1954, sebelum klub tersebut dimasukkan ke dalam sistem liga Norwegia (namun, klub-klub di Norwegia utara masih tidak dapat. menduduki peringkat pertama). Piala Norwegia Utara ketiga dan terakhir klub adalah pada tahun 1956. Troms bertemu Harstad IL - juara tiga tahun sebelumnya - di Harstad, membuat Harstad lebih populer. Namun, Trom memenangkan 20 pertandingan.

Klub  Norwegia Utara diizinkan untuk berpartisipasi dalam Piala Norwegia 1963 dan Troms masuk untuk pertama kalinya pada tahun 1964, maju ke babak kedua setelah mengalahkan FK Mjølner. Klub ini dirobohkan di babak kedua oleh Nidelv IL. Tahun 1960-an juga merupakan periode perluasan stadion untuk klub, dengan Stadion Valhall dan Stadion Alfheim menambahkan lapangan rumput. Karena partisipasi klub Norwegia Utara di Piala Norwegia, Piala Norwegia Utara akhirnya dibatalkan. Troms memainkan pertandingan terakhirnya di Piala Norwegia Utara  pada tahun 1969.

1970–1985: Persiapan untuk divisi teratas

Dengan diterimanya klub-klub dari utara Norwegia ke dalam piala nasional, yang tersisa hanyalah meliput liga-liga teratas. Ini terjadi pada tahun 1972, ketika FK Mjølner beralih ke 1. divisjon. Namun, pada titik ini Troms bertempur di tempat terakhir Divisi Norwegia Utara ke-2 (hingga 1979, Divisi ke-2 dibagi menjadi tiga grup berbeda, dua selatan dan satu utara - pemenang grup selatan akan dipromosikan ke  teratas, sedangkan pemenang grup Utara akan menghadapi  peringkat ke-2 dari dua grup selatan), dan akhirnya terdegradasi. Pada tahun 1975, Troms akan kembali ke divisi 2. Setelah memenangkan promosi tahun sebelumnya. Namun, klub itu terdegradasi lagi, kali ini setelah hanya satu musim di tingkat kedua sistem liga. Troms kembali ke divisi 2 pada tahun 1978 dan kali ini menang. Namun, pertandingan kualifikasi melawan dua tim selatan Hamarkameratene dan Fredrikstad FK masing-masing kalah 30 dan 10. Semua tim, terlepas dari lokasi geografis. Posisi. Trom tidak bermain bagus dan terdegradasi lagi.

Troms langsung dipromosikan  ke divisi 2.  setelah tidak kalah dalam pertandingan  di divisi 3.  pada tahun 1980. Hal ini diikuti oleh degradasi pada tahun 1981 dan promosi pada tahun 1982, sebelum klub akhirnya didirikan di 2 hadiah. Dua musim yang kaya pada tahun 1983 dan 1984 diikuti oleh tempat kedua pada tahun 1985, yang berarti klub akan kembali memainkan pertandingan kualifikasi untuk Divisi Pertama. Pertama, Sogndal dikalahkan 10. Kemudian, Troms memenangkan pertandingan  menentukan melawan Moss FK 10, setelah  penalti legendaris diselamatkan oleh kiper Bjarte Flem. Troms adalah klub ketiga dan sejauh ini terakhir dari Norwegia utara yang lolos ke Liga Premier, dua lainnya adalah FK Mjølner dan FK Bod / Glimt.

1986–2001: 16 tahun di divisi teratas

Musim pertama di divisi pertama akan sangat sulit bagi Trom, klub akhirnya harus bersaing di babak kualifikasi untuk bertahan. Namun, klub menikmati kesuksesan piala besar pada tahun yang sama,  mengalahkan juara Liga Premier Lillestrm SK 41 di  final, pertandingan yang pertama kali dilihat sebagai jalan-jalan bagi Lillestrm ketika dimainkan.

Pengalaman dari musim 1987 terbukti sangat berharga bagi Troms: hasil imbang akan ditentukan melalui adu penalti, membagi tiga poin untuk kemenangan, dua untuk kemenangan adu penalti, satu untuk  adu penalti. Kalah adu penalti dan 0 untuk kekalahan . Berkat  penalti  luar biasa  Bjarte Flem, Troms telah memenangkan tujuh dari sembilan adu penalti mereka tahun ini. Pengujian dihentikan setelah akhir musim. Namun, sistem  tiga poin untuk kemenangan tetap dipertahankan. Pada tahun 1988, Troms finis kelima di liga, musim yang menampilkan gol bunuh diri Bjarte Flems yang terkenal.

Musim 1989 dan 1990 menjadi dua musim Liga Utama tersukses hingga saat ini, dengan Troms masing-masing memenangkan medali perunggu dan perak. Pelatih klub selama periode ini, Tommy Svensson, kemudian melatih tim nasional Swedia untuk medali perunggu di Piala Dunia FIFA 1994.

Di musim-musim berikutnya, Troms finis di urutan keenam, delapan, enam dan tujuh (semua mengamankan tempat di papan tengah) sebelum Liga Utama Norwegia diperluas dari 12 menjadi 14 tim pada  1995, ketika Troms kembali menempati peringkat keenam.

Pada tahun 1996, sepuluh tahun setelah kejuaraan piala nasional pertama klub, Troms kembali mencapai final piala nasional. Lawan kali ini adalah FK Bod / Glimt, pertandingan final yang membuat sejarah, pertama kalinya dalam sejarah dua klub dari Norwegia Utara akan saling berhadapan di final piala nasional. Ini juga berarti bahwa klub pemenang akan memiliki hak untuk menyombongkan diri sebagai klub terbaik di Norwegia utara. Troms akhirnya memenangkan pertandingan, setelah gol akhir 2-1 Sigurd Rushfeldt di pertandingan terakhir mereka sebelum berangkat ke Rosenborg BK. Kejuaraan piala nasional 1996 adalah kejuaraan terakhir klub hingga saat ini. Troms juga menempati posisi ke-5 di turnamen tersebut.

Tahun 1997 tidak berjalan begitu mulus bagi Troms, dan setelah hanya meraih dua poin dalam tujuh pertandingan terakhir musim ini, klub tersebut menempati urutan ke-12 dalam tabel dan harus memainkan pertandingan kualifikasi untuk bertahan hidup. Saingan EikTønsberg dan Troms menang 4–0 dan 2-1, yang berarti Troms masih akan berada di Divisi Pertama. Musim buruk lainnya datang pada tahun 1998, tetapi Tromsø menghindari pertandingan kualifikasi kali ini, finis di urutan ke-11 dalam klasemen. 1999 melihat Troms kembali ke papan tengah sebagai klub mengambil tempat keenam, mencetak 70 gol dan menjadi klub pertama (dan satu-satunya) di Norwegia utara yang memiliki pencetak gol terbanyak di Liga Premier.23 gol Rune Lange. Troms kemudian memiliki salah satu musim terbaik mereka pada tahun 2000, finis ke-4 di liga.

Pada tahun 2001, Troms terdegradasi untuk pertama kalinya dalam sejarahnya. Setelah dua kemenangan pembukaan yang sangat solid, klub mengalami tujuh kekalahan beruntun tanpa gol. Tromsø selesai terakhir, hanya mencetak 23 gol dalam 26 pertandingan.

2002–sekarang: Mantra kedua di divisi teratas

Troms memenangkan 1. divisjon pada tahun 2002, dan karena itu segera kembali ke turnamen pertama.

Troms adalah klub divisi satu Norwegia dengan pelatih terbanyak sejak tahun 2000. Terje Skarsfjord (yang juga melatih klub di kejuaraan piala nasional 1996), Tommy Svensson (yang kembali ke klub) klub sebentar untuk mencoba menyelamatkannya dari degradasi pada tahun 2001 , sepuluh tahun setelah ia meninggalkan klub untuk tim nasional Swedia), Trond Johansen, Per Mathias Høgmo, Otto Ulseth, Steinar Nilsen dan Ivar Morten Normark keduanya melatih klub di beberapa titik setelah tahun 2000.

Musim 2003 tampaknya mengirim Troms kembali ke papan atas, tetapi mereka mengamankan tempat mereka di Tippeligaen dengan mencetak gol penentu 3 menit memasuki injury time di pertandingan terakhir musim melawan tim tuan rumah Juara Kejuaraan Nasional Rosenborg BK. Kedatangan Per Mathias Høgmo sebelum musim 2004 terbukti sukses. Troms menjalani musim yang bagus lagi dan finis keempat di liga, membuat mereka lolos ke Liga Kerajaan dan, menyusul kemenangan ketiga SK Brann tahun itu, Piala UEFA. Setelah tahun pertama yang sukses, Høgmo memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya, dan mantan asistennya Otto Ulseth dipromosikan menjadi pelatih kepala.

Musim 2005 dimulai dengan awal yang mengecewakan dan Ulseth dipecat setelah hanya 15 penampilan liga saat Troms berjuang untuk menghindari degradasi. Pelatih kepala untuk sisa musim ini menjadi mantan asisten Ulseth, Steinar Nilsen, yang mampu membalikkan bentuk buruk Troms. Setelah rekor lima kemenangan beruntun di level klub, Troms mengamankan tempat mereka di Tippeligaen dengan kemenangan kandang 1-0 atas Viking FK pada hari kedua terakhir musim ini. Troms juga memiliki gelar Pencetak Gol Terbanyak Divisi Pertama untuk kedua kalinya dalam sejarah, saat Ole Martin menyelesaikan musim dengan 16 gol untuk pertama kalinya. Klub menyelesaikan musim di tempat kedelapan.

Degradasi FK Bod / Glimt membuat Troms menjadi satu-satunya tim dari Norwegia Utara untuk musim 2006. Sebelum musim 2006, setelah pengunduran diri Steinar Nilsen, Ivar Morten Normark ditunjuk sebagai pelatih baru Troms. . Setelah awal musim yang agak tidak memuaskan, Troms memulai negosiasi untuk mengakhiri kontraknya dengan Normark pada 26 Juli 2006. Sampai manajer baru ditemukan, mantan asisten Agnar Christensen bertindak sebagai manajer. Pada tanggal 4 Agustus Normark dan Troms mencapai kesepakatan, yang berarti bahwa Normark akan meninggalkan klub. Pada 11 Agustus, Steinar Nilsen ditunjuk sebagai pelatih yang menandatangani kontrak tiga setengah tahun dengan klub. Nilsen sekali lagi menyelamatkan Troms dari degradasi, mengirim klub ke tempat kesepuluh.

Sejak akhir tahun 2007, Troms telah menikmati kesuksesan domestik, dengan klub telah finis di empat besar liga sebanyak lima kali sejak musim 2008. Ini berarti Troms akan tampil secara reguler di turnamen-turnamen Kualifikasi Liga Eropa UEFA. Sebagian besar dibangun di atas rekor kandang yang solid, Tromso finis ketiga di musim 2008 dan 2010, sebelum memiliki performa yang lebih baik di musim berikutnya dan finis kedua di Tippeliga 2011, di belakang Champions Molde. FK lima poin. Setelah finis ke-4 di musim 2012, Troms finis ke-15 di belakang Tippeligaen 2013 yang mengecewakan dan diturunkan ke divisi 1. Menghabiskan sebagian besar musim di bagian bawah tabel, Troms berada di peringkat ke-2 secara keseluruhan dengan 29 poin, 4 poin dari zona aman. Troms terdegradasi ke Divisi 1. Divisi 2014, divisi kedua Norwegia, sebelum langsung kembali ke Divisi Pertama, menyelesaikan musim di tempat kedua dengan 59 poin, sepuluh poin di belakang juara Sandefjord.

Keunggulan Eropa[sunting | sunting sumber]

1980s

Troms pertama kali berkompetisi di kompetisi Eropa pada tahun 1987, setelah memenangkan Liga Champions pada tahun 1986. Kali ini Troms IL bertemu St Mirren dari Skotlandia di babak pertama Piala Winners Eropa. St Mirren menang 1-0 di Skotlandia dan imbang 0-0 di Troms.

1990s

Pada tahun 1991, Tromsø IL kembali mencoba peruntungan di Eropa, kali ini di Piala UEFA. Troms bertemu Tirol Innsbruck di tim Austria di babak pertama. Hasilnya adalah kekalahan 2-1 dari Austria (setelah Stein Berg Johansen memberi Troms keunggulan 30 detik yang sangat awal) dan hasil imbang 1-1 di kandang (setelah gol Bjørn Johansen), yang berarti Troms kembali lagi, tersingkir lebih awal.

Pada tahun 1995, Troms berpartisipasi dalam Piala Intertoto UEFA yang sekarang sudah tidak berlaku, yang diadakan pada musim panas sebelum dimulainya musim Eropa dan memberikan kualifikasi Piala UEFA untuk tim-tim teratas turnamen tersebut. Troms bermain di Grup 3, bersama dengan Aarau, Germinal Ekeren, Havnar Bóltfelag dan Universitatea Cluj. Pertandingan pertama adalah pertandingan tandang melawan Aarau, yang berakhir 2-2. Troms kemudian mengalahkan Havnar Bóltfelag 10-0 di kandang dan Universitatea Cluj 1-0 di tandang. Memasuki pertandingan terakhir penyisihan grup, menjamu Germinal Ekeren, Troms memuncaki grup dan kemenangan akan memastikan Troms melaju ke babak sistem gugur Piala Intertoto UEFA. Namun, Troms kalah 2-0 dan berakhir di urutan ketiga dalam grup.

Pada tahun 1997, klub akan bersaing lagi di Piala Champions. Di leg pertama, tim Kroasia NK Zagreb menang 3-2 di kandang. Tromsø IL tertinggal 3-0, tetapi gol dari Bjørn Johansen dan Ole Martin pertama memberi Tromsø hasil yang baik menjelang pertandingan kandang. Leg kedua di Troms juga berakhir 3–2, tetapi kali ini menguntungkan Troms. Rune Lange membuka skor, tapi Zagreb menyamakan kedudukan sebelum turun minum. Skor menjadi 2–2 setelah 90 menit (Ole Martin pertama mencetak gol kedua bagi Troms), dan Zagreb tampaknya akan melaju ke babak kedua. Namun, satu menit injury time, Svein Morten Johansen mencetak gol dan perpanjangan waktu harus diakhiri. Lima menit pertama babak kedua, Rune Lange mencetak gol kemenangan bagi Troms. Itu adalah kemenangan bersejarah, karena bukan hanya pertama kalinya Troms memenangkan pertandingan di piala Eropa, tetapi juga pertama kalinya Troms lolos ke putaran kedua piala dari Eropa. Di babak kedua Piala Winners, Troms akan menghadapi Chelsea. Troms mengalahkan Chelsea 3–2 di kandang (setelah gol dari Steinar Nilsen, Frode Fermann dan Ole Martin rst), pertandingan yang dikenal karena hujan salju lebatnya selama pertandingan. Namun, leg kedua tidak berjalan dengan baik dengan Troms, yang akhirnya kalah 7-1 (9-4). Bjørn Johansen mencetak satu-satunya gol Troms di London.

2000s

Pada tahun 2005, Troms akan bermain di Piala UEFA lagi, setelah menyelesaikan 4 di Liga Utama Norwegia tahun sebelumnya. Troms memenangkan pertandingan kualifikasi pertama mereka melawan Esbjerg fB 1-0 setelah gol dari Lars Iver Strand, kemenangan pertama klub dalam pertandingan tandang di Piala Eropa. Esbjerg memenangkan leg kedua di Tromsø 1-0, dan penalti diperlukan untuk menentukan pemenangnya. Troms hanya kebobolan dua dari lima penalti pertama mereka (Runar Normann dan Ole Andreas Nilsen mencetak gol), tetapi karena Esbjerg juga gagal, kedua tim harus mengambil penalti keenam. Stephen Adémolu mencetak gol saat Lars Hirschfeld menyelamatkan penalti Esbjerg fB, dan Troms maju.

Troms bermain imbang dengan Galatasaray di putaran pertama Piala UEFA. Mantan juara Galatasaray telah menjadi klub Eropa terbesar kedua yang menjadi korban iklim kutub yang dingin di Troms. Troms menang 1-0 di kandang setelah gol Tamas Szekeres pada menit ke-77 dalam pertandingan yang penuh lumpur, hujan dan salju. Troms bermain imbang 1-1 dengan Galatasaray di Stadion Ali Sami Yen yang ditakuti, berkat banyak penyelamatan kunci dari Lars Hirschfeld dan gol babak pertama dari peluang Patrice Bernier yang dipimpin oleh Stephen Ademolu yang jelas-jelas offside. Tromsø dengan demikian lolos ke babak penyisihan grup piala. Hasilnya dilihat oleh banyak orang sebagai kekecewaan besar, dan beberapa penggemar dan pemain Troms segera menyatakannya sebagai kemenangan bersejarah, membandingkannya dengan Piala Norwegia 1996 dan kejuaraan pada tahun 1985.

Troms kalah dalam pertandingan pertama mereka di babak penyisihan grup, pertandingan kandang melawan Roma. Skor akhir adalah 2-1 dan Ole Martin pertama kali mencetak gol Troms. Game kedua melihat Tromsø kalah lagi, 2-0 dari Strasbourg. Troms memenangkan pertandingan ketiga mereka, 3-1 di kandang melawan Red Star Belgrade. Benjamin Kibebe mencetak gol pertama, sedangkan yang pertama mencetak dua gol terakhir. Troms kalah dalam pertandingan terakhir mereka, dari Basel, 4–3, dan kemudian tersingkir dari Piala UEFA. Lars Iver Strand mencetak dua gol dan yang pertama. Klub berdiri terakhir di grup mereka.

2010s

Setelah finis ketiga di musim Tippeligaen 2010, Troms memasuki Liga Europa, memasuki babak kualifikasi pertama musim 2011–12. Hasil imbang pertama Troms adalah melawan tim Latvia Daugava, yang menang dengan nyaman 7-1 setelah menang 5-0 tandang dan 2-1 di kandang. Di babak kedua, Troms tersingkir oleh tim Hungaria Paks.

Troms berkompetisi di Liga Eropa UEFA 2012–13 untuk tahun kedua berturut-turut, berakhir sebagai runner-up pada tahun 2011. Troms memasuki babak kualifikasi kedua, menggambar tim Slovenia Olimpija Ljubljana, menang agregat 1-0. gol Miika Koppinen di leg kedua di Troms. Mereka kemudian mengalahkan Metalurh Donetsk dari Ukraina di babak kualifikasi ketiga setelah bermain imbang 1-1 di kandang dan menang 1-0 di kandang. Di babak sistem gugur, Troms kalah dari Partizan. Setelah memenangkan pertandingan pertama mereka di Troms (3–2), Troms kalah 1-0 di Beograd dan tersingkir.

Troms memasuki Liga Eropa UEFA 2013–14 sebagai pemenang kompetisi adil Norwegia. [2] Troms mulai lolos ke babak pertama. Setelah mengalahkan Celje, Inter Baku dan Differdange, Troms kalah 3-2 dari Beşikta di babak sistem gugur. Pemenang Troms Beşiktaş kemudian didiskualifikasi oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga, yang berarti Troms akan menggantikan tim Turki di babak penyisihan grup. Setelah kembali bertanding, pemain Norwegia itu tergabung dalam Grup K bersama Tottenham Hotspur, Anzhi Makhachkala dan Sheriff Tiraspol. Troms berada di dasar klasemen, kalah dari Anzhi dan Tottenham di kandang dan tandang. Troms mencetak satu-satunya poin musim ini dalam hasil imbang 1-1 melawan Sheriff di Alfheim Stadium.

Liga Royal

Troms juga ambil bagian dalam turnamen Liga Kerajaan pertama yang diadakan pada akhir 2004 dan awal 2005. Meskipun bermain cukup baik, Troms finis terakhir di grup dan tersingkir lebih awal.

Suporter[sunting | sunting sumber]

Klub penggemar resmi disebut Isberget (Gunung Es). Lambang mereka adalah beruang kutub dengan bola sepak dan kemeja bergaris merah putih memegang syal Tromsø IL. Didirikan sebelum musim 1996 dan memiliki sekitar 600 anggota. Anggota Isberget ditemukan di 18 dari 19 kabupaten di Norwegia, dengan mayoritas tinggal di dan sekitar Troms. Sebuah subgrup dibentuk pada tahun 2004, disebut Isberget Sør (The Iceberg South), yang melayani penggemar yang tinggal di stlandet dan mengatur perjalanan ke pertandingan jauh dari Troms di daerah stlandet dan Sørlandet.

Troms memiliki beberapa lagu, yang paling terkenal adalah Heia TIL dan lagu terakhir dari piala nasional 1996, keduanya oleh Sverre Kjelsberg. Lagu final piala nasional 1996 dimainkan di Stadion Alfheim ketika Troms mencetak gol. Perayaan klub dimainkan ketika tim memasuki lapangan untuk pertandingan kandang. Namun, sebelum musim 2008, NFF memutuskan bahwa semua klub harus memainkan Tippeligafanfaren (The Tippeliga Fanfare) ketika tim memasuki lapangan. Troms sekarang memainkan kemeriahannya melawan Tippeligafanfaren.

Pertandingan di Kompetisi Eropa[sunting | sunting sumber]

Musim Kompetisi Babak Lawan Laga Kandang Laga Tandang Aggregat akhir Pencetak Gol
1987–88 Cup Winners' Cup 1st Skotlandia St. Mirren 0–0 0–1 0–1
1991–92 UEFA Cup 1st Austria Swarovski Tirol 1–1 1–2 2–3 SB Johansen, B Johansen
1995 Intertoto Cup Group Swiss Aarau 2–2 Flo, SB Johansen
1995 Intertoto Cup Group Kepulauan Faroe HB 10–0 Hafstad (2), Flo (3), Swift (3) SB Johansen (2)
1995 Intertoto Cup Group Rumania Universitatea Cluj 1–0 SB Johansen
1995 Intertoto Cup Group Belgia Ekeren 0–1
1997–98 Cup Winners' Cup 1st Kroasia NK Zagreb 4–2 2–3 6–5 B Johansen, Årst (2), Lange (2), SM Johansen
1997–98 Cup Winners' Cup 2nd Inggris Chelsea 3–2 1–7 4–9 Nilsen, Fermann, Årst, B Johansen
2005–06 UEFA Cup 2nd Q Denmark Esbjerg 0–1 1–0 1–1 Strand
2005–06 UEFA Cup 1st Turki Galatasaray 1–0 1–1 2–1 Szekeres, Ademolu
2005–06 UEFA Cup Group Italia Roma 1–2 Årst
2005–06 UEFA Cup Group Prancis Strasbourg 0–2
2005–06 UEFA Cup Group Serbia dan Montenegro Red Star 3–1 Kibebe, Årst (2)
2005–06 UEFA Cup Group Swiss Basel 3–4 Strand (2), Årst
2009–10 Europa League 2nd Q Belarus Dinamo Minsk 4–1 0–0 4–1 Knarvik (2), Moldskred, own goal
2009–10 Europa League 3rd Q Kroasia Slaven Belupo 2–1 2–0 4–1 Moldskred, Rushfeldt (3)
2009–10 Europa League Play-off Spanyol Athletic Bilbao 1–1 2–3 3–4 Moldskred, Lindpere, Rushfeldt
2011–12 Europa League 1st Q Latvia FC Daugava 2–1 5–0 7–1 R Johansen, Andersen (2), Yttergård Jenssen, Mo, Møller, own goal
2011–12 Europa League 2nd Q Hongaria Paksi SE 0–3 1–1 1–4 Andersen
2012–13 Europa League 2nd Q Slovenia NK Olimpija Ljubljana 1–0 0–0 1–0 Koppinen
2012–13 Europa League 3rd Q Ukraina FC Metalurh Donetsk 1-1 1-0 2-1 Ondrášek, Prijović
2012–13 Europa League Play-off Serbia FK Partizan 3-2 0-1 3-3 Prijović, Björck, Kara

Skuat[sunting | sunting sumber]

As of 19 October 2012[1]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
1 GK Swedia SWE Marcus Sahlman
3 DF Polandia POL Jaroslaw Fojut
4 DF Norwegia NOR Ruben Kristiansen
5 FW Norwegia NOR Morten Moldskred
6 DF Norwegia NOR Adnan Causevic
7 DF Finlandia FIN Miika Koppinen (Kapten)
8 MF Norwegia NOR Thomas Kind Bendiksen
9 FW Norwegia NOR Steffen Nystrøm
10 MF Norwegia NOR Thomas Drage
11 MF Norwegia NOR Ruben Yttergård Jenssen
12 GK Norwegia NOR Steffen Andreassen
13 FW Ceko CZE Zdeněk Ondrášek
No. Pos. Negara Pemain
14 DF Norwegia NOR Hans Norbye
15 MF Norwegia NOR Magnus Andersen
16 MF Norwegia NOR Lars Gunnar Johnsen
17 MF Norwegia NOR Remi Johansen
18 MF Wales WAL Josh Pritchard (on loan from Fulham)
19 MF Norwegia NOR William Frantzen
20 DF Norwegia NOR Mathias Johnsen
21 FW Norwegia NOR Vegard Lysvoll
22 DF Senegal SEN Saliou Ciss
27 GK Swedia SWE Benny Lekström
28 FW Swiss  SUI Aleksandar Prijović

Tim Cadangan[sunting | sunting sumber]

As of 2 July 2011[2]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
23 DF Norwegia NOR Kent-Are Antonsen
24 DF Norwegia NOR Jonas Fundingsrud
25 DF Norwegia NOR Lasse Nilsen
35 GK Norwegia NOR Sigurd Bjørstad
DF Norwegia NOR Eivind Thoresen
DF Norwegia NOR Vegard Nikolaisen
DF Norwegia NOR Joachim Staff
DF Norwegia NOR Jørgen Andreassen
No. Pos. Negara Pemain
MF Norwegia NOR Andreas Skog
MF Norwegia NOR Marcus Sletten
MF Norwegia NOR Magnus Pedersen
MF Norwegia NOR Isak Krogstad
MF Norwegia NOR Robin C. Lund
MF Norwegia NOR Vidar S. Tømmervik
FW Norwegia NOR Stian Nordby
FW Norwegia NOR Morten Mathisen

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "A-lag spillere". til.no. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-03-25. Diakses tanggal 13 August 2012. 
  2. ^ "TIL 2 – Spillerstallen 2011". til.no. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-10-28. Diakses tanggal 2 July 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]