Lillestrøm S.K.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lillestrøm
Center
Nama lengkapLillestrøm Sportsklubb
JulukanKanarifuglene (Kenari), Fugla
Berdiri1917
StadionÅråsen Stadion
Lillestrøm
(Kapasitas: 12.500)
KetuaNorwegia Per Mathisen
ManajerJan Åge Fjørtoft
LigaTippeligaen
2021ke-4
Kostum Kandang
Kostum Tandang

Lillestrøm Sportsklubb merupakan sebuah tim sepak bola Norwegia bermarkas di Lillestrøm, Norwegia. Klub ini didirikan tahun 1917. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Åråsen yang berkapasitas 12.500 penonton. Seragam mereka berwarna kuning-hitam. Klub ini memegang rekor Norwegia selama bertahun-tahun berturut-turut tanpa terdegradasi, setelah bermain selama 45 musim dari tahun 1975 hingga 2019. Selama bertahun-tahun, klub telah memiliki sekitar 40 pemain yang mewakili tim nasional Norwegia. Ada pula beberapa pemain asing yang mewakili timnas Swedia, Islandia, Senegal, Finlandia, Malta, Australia, Afrika Selatan, Slovenia, Tunisia, Kanada, Somalia, dan Nigeria.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lillestrm SK didirikan pada 2 April 1917. Dia adalah juara liga Norwegia lima kali, terakhir pada tahun 1989, serta pada tahun 1986, 1977, 1976 dan 1959. Selanjutnya, mereka memenangkan Piala Norwegia pada tahun 1985, 1981, 1978, 1977, 2007 dan 2017. Ketika Arne Erlandsen pergi ke Swedia dan IFK Gothenburg setelah musim 2004, mantan pemain internasional LSK dan Jerman Uwe Rösler mengambil alih sebagai pelatih kepala tim. Musim pertamanya sukses, dengan Lillestrm finis ke-4 di liga. Posisi ini mengamankan tempat LSK di Liga Kerajaan. Tim juga mencapai final Piala Norwegia 2005, tetapi kalah 4-2 dari Molde di depan 25.000 penonton di Stadion Ullevaal.

Pada musim 2006, Lillestrm adalah salah satu pemain paling populer dalam hal memenangkan kejuaraan liga. Setelah finis ke-4 yang mengecewakan, pada 13 November 2006, Uwe Rösler dipecat dari posisinya sebagai pelatih kepala Lillestrm. Beberapa hari kemudian, Tom Nordlie menandatangani kontrak tiga tahun.

Penandatanganan kunci pra-musim 2007 termasuk Simen Brene dari Fredrikstad, seorang gelandang serang dengan bakat untuk mencetak gol-gol penting. LSK di bawah Nordlie memainkan sistem 4–3–3, yang mengundang transisi cepat antara pertahanan dan serangan, Lillestrm finis keempat di turnamen dan memenangkan Piala Norwegia 2007, mengalahkan Haugesund 2-0 di final di Ullevaal Stadion.

Pada tanggal 29 Mei 2008, Tom Nordlie mengundurkan diri sebagai pelatih kepala setelah awal yang mengecewakan pada musim 2008. Pernyataan Nordlie mengungkapkan ketidaksepakatan mendasar dengan manajer klub Jan ge Fjørtoft juga berkontribusi pada pengunduran dirinya. Belakangan diketahui bahwa perselisihan pelatih-pemain yang kontroversial adalah faktor utama lain dalam kepergian Nordlie, mengingat rejimen pelatihan hukumannya selama musim 2008. dianggap sebagai keluhan utama. Nordlie, yang pernah kontroversial selama karirnya, akan "kehilangan ruang ganti" pada musim gugur 2007.

Erland Johnsen dan Frode Grodås menjadi pengurus sampai pelatih kepala baru dipekerjakan. Pada 19 Agustus 2008, klub mengumumkan bahwa Henning Berg akan mengambil alih sebagai pelatih kepala pada 1 Januari 2009, setelah meninggalkan jabatannya di Lyn. Tugas pertama Berg adalah menyelamatkan tim dari degradasi, suatu prestasi yang dia capai dalam pertandingan pertamanya sebagai pelatih kepala. LSK mengalahkan Rosenborg 4-2 dalam pertemuan klasik untuk mengamankan tempat mereka di Tippeligaen.

Musim 2009 adalah salah satu pergolakan besar. Di tengah tekanan ekonomi yang meningkat, LSK menjual atau melepas 11 pemain sebelum dan selama musim, sementara Berg merestrukturisasi skuat dan mendatangkan talenta baru. Masalah cedera besar juga membuat Berg mengawali musim dengan sulit. Setelah 9 pertandingan, LSK belum menang dan seri 4 dan sepertinya akan terdegradasi. Sebuah comeback mengesankan memberi Lillestrm paruh kedua musim yang solid, akhirnya menyelesaikan di tempat 11. Rookie Nosa Igiebor memiliki musim debut yang sangat mengesankan untuk Lillestrom.

Tim terus tampil mengesankan sepanjang musim dingin dan memasuki musim 2010. Pada awal Juni, LSK menempati posisi kelima di Tippeligaen, tidak terkalahkan dalam 14 pertandingan liga. Namun, mereka melihat penurunan performa yang signifikan selama musim panas yang membuat mereka terdegradasi secara singkat, sebelum peningkatan di akhir musim untuk mengklaim tempat ke-10. .

Pada tahun 2011, LSK memiliki awal yang menarik untuk musim baru, mencetak 18 gol yang luar biasa dalam lima pertandingan pembukaan mereka, termasuk mengalahkan Stabæk 7-0 di pertandingan pertama musim turnamen - di lapangan tandang. Performa di awal musim cukup bagus untuk membuat tim ini bertahan di posisi 3 besar hingga akhir Juli. Namun, pada awal Agustus, dua bintang Anthony Ujah dan Nosa Igiebor dijual untuk menghindari situasi ekonomi klub yang mengerikan. Juga dilaporkan bahwa gelandang Islandia Stefán Gíslason habis kontrak dan meninggalkan klub. Pada pertengahan Agustus, striker wonderkid Björn Bergmann Sigurðarson cedera selama sisa musim ini, dan klub gagal memenangkan satu pun dari 11 pertandingan terakhir mereka, rekor baru bagi Lillestrom.

Pelatih Henning Berg dipecat tiga pertandingan sebelum musim berakhir karena janji investor Per Berg untuk menyediakan dana baru untuk mendapatkan pemain berkualitas setelah musim. Klub sekali lagi mencari prospek degradasi; namun, performa buruk Start dan Sarpsborg yang tak henti-hentinya membuat Lillestrom terus berlari lagi.

Mantan pelatih Elfsborg  Magnus Haglund ditunjuk sebagai pelatih setelah musim berakhir. Lillestrm sangat aktif di bursa transfer pra-musim 2012 dan membeli 11 pemain baru. Namun, pergantian pelatih dan gelombang transfer berdampak pada klub karena mereka sekali lagi terdegradasi hingga hanya beberapa minggu sebelum akhir musim, melayang di antara peringkat. mendorong mereka ke 9. Secara keseluruhan, bagaimanapun, musim itu dipandang sebagai kekecewaan besar dan posisi Haglund adalah subyek perdebatan selama periode pramusim dingin.

Menjelang musim 2013, klub kembali mengurangi pengeluaran dan memulai musim dengan skuad tim utama hanya 18 pemain senior dan pemain cadangan tambahan dari akademi muda. LSK di bawah Haglund memiliki rekor tandang yang bagus (2 rekor tandang terbaik di 2012), tetapi sering kesulitan di kandang.

Suporter[sunting | sunting sumber]

Lillestrm adalah salah satu klub yang paling didukung di Norwegia dan memiliki klub penggemar terbesar kedua di Norwegia, karena klub penggemar resmi Kanarifansen memiliki lebih dari 5.000 anggota. Kanarifansen didirikan pada 3 Desember 1992 dan menerbitkan majalah sendiri dan memiliki koleksi pakaian sendiri.

Rival

Saingan terbesar Lillestrm adalah Vlerenga Fotball. Klub ini juga memiliki persaingan dengan Rosenborg. Saingan lokal tradisional mereka berasal dari pendiri klub, Strømmen IF.

Gelar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]