Trinil pegunungan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Trinil pegunungan
Bartramia longicauda
Rekaman
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22693203
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusBartramia
SpesiesBartramia longicauda
Bechst., 1812
Tata nama
Sinonim takson
  • Tringa longicauda Bechstein, 1812
Distribusi

Burung Trinil pegunungan ( Bartramia longicauda ) adalah burung Trinil berukuran besar, berkerabat dekat dengan burung gajahan. [2] Nama yang lebih tua adalah cerek dataran tinggi dan burung Trinil Bartram . Di Louisiana, bahasa sehari-hari juga dikenal sebagai papabotte .[3] Ia adalah satu-satunya anggota genus Bartramia . Nama genus dan nama umum lama trinil Bartram memperingati naturalis Amerika William Bartram . Nama spesies longicauda berasal dari bahasa Latin longus, "panjang" dan caudus, "ekor". [4]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Dari Naumann

Trinil dewasa kira-kira berukuran 30 cm (12 in) panjang dengan 66 cm (26 in) lebar sayap. Berat rata-rata adalah 170 g (6 oz) . Burung aneh ini memiliki kepala kecil seperti merpati di leher yang panjang. Warnanya sangat marmer hitam dan coklat di bagian belakang dan sayap. Lehernya bergaris coklat tua yang berlanjut hingga ke dada dan ke panggul. Bulu perut dan ekornya berwarna putih. Ekornya cukup panjang untuk seekor trinil. Dataran tinggi juga memiliki cincin mata putih dan kaki kuning panjang.

Jangkauan[sunting | sunting sumber]

Mereka berkembang biak dari Alaska timur di tenggara Pegunungan Rocky melalui Montana ke utara Oklahoma dan kemudian timur laut ke Pennsylvania, New England dan ekstrim selatan Quebec dan Ontario . Ada juga populasi perkembangbiakan lokal di timur laut Oregon dan Idaho tengah barat. Mereka musim dingin di Argentina timur laut, Uruguay, dan Brasil selatan. Ini adalah seekor pengembara yang sangat langka di Pasifik Selatan, dengan satu catatan masing-masing dari Australia dan Selandia Baru.

Habitat[sunting | sunting sumber]

Meskipun merupakan burung trinil mereka lebih memilih daerah terbuka dengan rerumputan tinggi dibandingkan habitat pesisir. Mereka juga ditemukan di bandara, perkebunan bluberi dan tambang yang ditinggalkan di timur. Sebaran dan habitat inti sebenarnya mereka berada di Amerika Serikat bagian barat tengah bagian utara.

Perilaku dan pola makan[sunting | sunting sumber]

Trinil pegunungan mencari makan di ladang, mengambil makanan dengan melihatnya. Mereka sering terlihat di tiang pagar dan bahkan tiang telepon. Saat seekor "penyusup" hinggap, ia mengangkat sayapnya selama beberapa detik. Mereka terus-menerus mengamati kaki langit untuk mencari penyusup. Makanan burung ini meliputi belalang, jangkrik, kumbang penggerek, kumbang, ngengat, semut, lalat, serangga, lipan, kaki seribu, laba-laba, siput, dan cacing tanah. Ia juga memakan biji-bijian dan biji-bijian.

Setiap tahun, antara bulan September dan Oktober, beberapa burung Trinil pegunungan bermigrasi ke laguna Ozogoche, di bagian selatan Ekuador . Ratusan dari mereka menukik ke bawah dan menyelam ke dalam perairan sedingin es di laguna, di mana mereka meninggal karena hipotermia . Penjelasan atas perilaku ini tidak pasti.[5]

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Bartramia longicauda - MHNT

Trinil pegunungan kadang-kadang dapat ditemukan dalam koloni kecil yang bersarang secara longgar. Musim kawin berlangsung dari awal hingga akhir musim panas; sarangnya terletak di tanah di rerumputan yang lebat. Betina bertelur 4 butir. Kedua induknya menjaga anak-anaknya dan mungkin melakukan gangguan untuk memancing predator menjauh dari sarang atau anak burung.

Suara[sunting | sunting sumber]

Trinil pegunungan dapat dikenali dari bunyi seruannya yang khas, terkadang disebut "peluit serigala", yang menampilkan bunyi peluit yang panjang dan menaik, diikuti dengan seruan naik dan/atau turun yang kedua. Suara-suara ini sering kali dikeluarkan saat burung sedang mendarat atau saat terbang tinggi.

Konservasi[sunting | sunting sumber]

Jumlah burung ini meningkat ketika hutan ditebangi pada awal abad ke-19, namun menurun tajam pada akhir abad ke-19 karena perburuan. Mereka sekarang secara teratur terdapat di Amerika Utara bagian barat tengah tetapi populasinya tersebar di bagian timur.

Hilangnya habitat padang rumput merupakan suatu kekhawatiran. Selain itu, penggembalaan ternak terbukti mengurangi jumlah sarang di ladang. pembakaran terkendali mungkin menguntungkan spesies ini karena mereka memakan tanaman yang tumbuh rendah dan lebih mudah terlihat setelah kebakaran.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Bartramia longicauda". 2016: e.T22693203A93391112. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22693203A93391112.en. 
  2. ^ Thomas, Gavin H.; Wills, Matthew A.; Székely, Tamás (August 2004). "A supertree approach to shorebird phylogeny". BMC Evolutionary Biology. 4 (28): 28. doi:10.1186/1471-2148-4-28. PMC 515296alt=Dapat diakses gratis. PMID 15329156. 
  3. ^ "papabotte". Dictionary of American Regional English. Harvard University Press. Diakses tanggal 12 February 2016. 
  4. ^ Jobling, James A (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London: Christopher Helm. hlm. 68, 229. ISBN 978-1-4081-2501-4. 
  5. ^ Oelsner, Natalia (2018-09-25). "Hundreds of birds die in 'collective suicide' in Ecuador. Here's why". euronews (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-17.