Takson monotipik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dalam ordo Amborellales hanya ada satu keluarga Amborellaceae yang hanya memiliki satu genus bernama Amborella dan di dalam genus itu hanya ada satu spesies, yaitu Amborella trichopoda.
Anodorhynchus hyacinthinus makaw hyacinth, adalah spesies monotipik, tidak ada subspesies yang dibedakan di dalamnya. Namun, ada tiga spesies yang termasuk dalam genus Anodorhynchus.

Takson monotipik dalam biologi adalah grup taksonomi (takson) yang hanya memiliki satu takson subordinat.[1]

Spesies monotipik tidak termasuk subspesies atau yang lebih kecil biasa disebut taksa infraspesifik. Dalam kasus genera, istilah "tidak spesifik" atau "tunggal" kadang-kadang lebih disukai.

Dalam nomenklatur botani, genus monotipik adalah genus dengan kasus khusus yaitu genus dan spesies tunggal dijelaskan secara bersamaan[2]

Sebaliknya, takson oligotipik mengandung lebih dari satu tetapi hanya memiliki sedikit sekali taksa subordinat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mayr E, Ashlock PD. (1991). Principles of Systematic Zoology (2nd ed.). McGraw-Hill. ISBN 0-07-041144-1
  2. ^ McNeill, J.; Barrie, F.R.; Buck, W.R.; Demoulin, V.; Greuter, W.; Hawksworth, D.L.; Herendeen, P.S.; Knapp, S.; Marhold, K.; Prado, J.; Reine, W.F.P.h.V.; Smith, G.F.; Wiersema, J.H.; Turland, N.J. (2012). International Code of Nomenclature for algae, fungi, and plants (Melbourne Code) adopted by the Eighteenth International Botanical Congress Melbourne, Australia, July 2011. Regnum Vegetabile 154. A.R.G. Gantner Verlag KG. ISBN 978-3-87429-425-6.  articles 38.5 and 38.6