Kumbang penggerek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kumbang penggerek
Curculionoidea
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumArthropoda
KelasInsecta
OrdoColeoptera
SuperfamiliCurculionoidea
Latreille, 1802
Families

Kumbang penggerek adalah kumbang yang termasuk dalam keluarga super Curculionoidea, yang terkenal dengan moncongnya yang memanjang. Mereka biasanya kecil – kurang dari6 mm (14 in) panjangnya – dan herbivora . Sekitar 97.000 spesies kumbang penggerek diketahui. Mereka termasuk dalam beberapa famili, dengan sebagian besar dari mereka termasuk dalam famili Curculionidae ( kumbang penggerek sejati ). Ia juga termasuk kumbang kulit kayu, yang walaupun secara morfologi berbeda dengan kumbang penggerek lainnya karena tidak memiliki moncong yang khas, merupakan subfamili dari Curculionidae. Beberapa kumbang lain, meskipun tidak berkerabat dekat, menyandang nama "kumbang", seperti kumbang biskuit ( Stegobium panikeum ), yang termasuk dalam famili Ptinidae .

Banyak kumbang penggerek yang dianggap hama karena kemampuannya merusak dan mematikan tanaman. Kumbang penggerek biji-bijian atau kumbang penggerek gandum ( Sitophilus granarius ) merusak biji-bijian yang disimpan, seperti halnya kumbang penggerek jagung ( Sitophilus zeamais ) antara lain. Kumbang penggerek kapas ( Anthonomus grandis ) menyerang tanaman kapas ; ia bertelur di dalam buah kapas dan larvanya memakan jalan keluarnya. Kumbang lainnya digunakan untuk pengendalian biologis tanaman invasif.

Rostrum kumbang penggerek, atau moncongnya yang memanjang, memiliki bagian mulut yang mengunyah, bukan bagian mulut yang menusuk seperti yang biasa dimiliki serangga pemilik belalai . Mulutnya sering digunakan untuk menggali terowongan menjadi butiran.[1] Pada kumbang penggerek lain, rostrum memiliki alur di mana kumbang penggerek dapat melipat bagian pertama antenanya.

Kebanyakan kumbang penggerek mempunyai kemampuan untuk terbang (termasuk spesies hama seperti kumbang penggerek padi [2] [3] ), meskipun sejumlah besar kumbang tidak dapat terbang, seperti genus Otiorhynchus .

Salah satu spesies kumbang penggerrekAustroplatypus incompertus, menunjukkan eusosialitas, salah satu dari sedikit serangga di luar Hymenoptera dan Isoptera yang melakukannya.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

  • Anthribidae —Penggerek jamur
  • Attelabidae —Penggerek penggulung daun
  • Belidae — Penggerek primitif
  • Brentidae —Penggerek moncong lurus
  • Caridae
  • Cimberididae
  • Curculionidae — Penggerek sejati
  • † Mesofiletidae
  • Nemonychidae — Penggerek bunga tusam
  • †? Obrieniidae

Dimorfisme seksual[sunting | sunting sumber]

Rhopalapion longirostre menunjukkan kasus dimorfisme seksual yang ekstrim. Rostrum betina dua kali lebih panjang dan permukaannya lebih halus dibandingkan mimbar jantan. Betina mengebor saluran telur ke dalam tunas Alcea rosea . Jadi, dimorfisme tidak disebabkan oleh seleksi seksual. Ini merupakan respon terhadap tuntutan ekologis dari pengendapan telur.[4]

Contoh lain dari dimorfisme ekstrim pada kumbang penggerek adalah kumbang penggerek jerapah Selandia Baru, jantan berukuran hingga 90 mm (3,5 in), dan perempuan 50 mm (2,0 in), meskipun terdapat kisaran ukuran tubuh yang ekstrim pada kedua jenis kelamin.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Moon, Myung-Jin (2015). "Microstructure of mandibulate mouthparts in the greater rice weevil, Sitophilus zeamais (Coleoptera: Curculionidae)". Entomological Research (dalam bahasa Inggris). 45 (1): 9–15. doi:10.1111/1748-5967.12086. ISSN 1748-5967. 
  2. ^ "What Is a Weevil and How Did That Bug Get in My Food?". 
  3. ^ "Weevils on Stored Grain (Department of Entomology)". Department of Entomology (Penn State University). 
  4. ^ G. Wilhelm; et al. (2011). "Sexual dimorphism in head structures of the weevil Rhopalapion longirostre: a response to ecological demands of egg deposition". Biological Journal of the Linnean Society. 104: 642–660. doi:10.1111/j.1095-8312.2011.01751.x.