Egao no Daika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari The Price of Smiles)
Egao no Daika
Visual utama seri anime Egao no Daika
エガオノダイカ
(Egao no Daika)
GenreMecha[1]
Pencipta
Seri anime
SutradaraToshimasa Suzuki
Produser
  • Nao Ooji
  • Reiko Kasai
  • Junya Matsumoto
  • Kensuke Sarai
  • Yuuki Tokushima
  • Masaru Horikoshi
  • Kei Nishi
  • Yutaka Endou
  • Hiroyuki Saeki
  • Hiroshi Kawamura
  • Hikaru Yuasa
SkenarioShinichi Inotsume
MusikTsubasa Itō
StudioTatsunoko Production
Pelisensi
Saluran
asli
Wowow, Tokyo MX, YTV
Tayang 4 Januari 2019 22 Maret 2019
Episode12
Manga
Egao no Daika Emotional side
PengarangAkira Iwaya
PenerbitBeaglee
MajalahManga Ōkoku
DemografiShōnen
Terbit24 April 2019 – sekarang
Volume3
 Portal anime dan manga

Egao no Daika (Jepang: エガオノダイカ), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul The Price of Smiles, adalah seri televisi anime Jepang yang diproduksi oleh Tatsunoko Production. Seri ini dibuat sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-55 dari studio tersebut.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Di planet yang jauh dari bumi, ada kerajaan yang penuh dengan wajah tersenyum. Putri Yūki Soleil berusia 12 tahun dan akan memasuki usia sensitif dalam kehidupan seseorang. Setiap hari, ia menangis, tertawa dan terkadang, jantungnya berdegup kencang. Saat itu, ia hidup bahagia di istana kerajaan. Para pengisi hari-hari Putri Yūki Soleil adalah para pengikut setianya: Leila Etoile sebagai tutornya, Izana Langford yang membantunya dalam urusan politik, Harold Miller sebagai pemimpin pasukan kerajaan serta Joshua Ingram, teman masa kecilnya sekaligus ajudannya. Sementara itu, seorang gadis bernama Stella Shining berusia 17 tahun menjadi seorang prajurit yang cakap dan pendiam. Stella selalu tersenyum karena tersenyum sangat penting bagi hidupnya. Ini adalah kisah dua gadis yang lahir di planet yang jauh.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Yūki Soleil (ユウキ・ソレイユ, Yūki Soreiyu)
Pengisi suara: Yumiri Hanamori[2]
Putri muda dan simbol bangsa Kerajaan Soleil yang kehilangan orang tuanya ketika ia masih bayi. Ia pikir itu adalah tugasnya mengatur kerajaan untuk membuat dirinya dan semua orang tersenyum. Ia adalah gadis energik yang dicintai oleh orang-orang di sekitarnya.
Stella Shining (ステラ・シャイニング, Sutera Shainingu)
Pengisi suara: Saori Hayami[2]
Seorang prajurit yang tergabung dalam Burger Squad dari Tentara Kekaisaran Grandiga. Ia memiliki kemampuan bertarung terbaik dan sangat baik sebagai pilot, tetapi ia tidak memiliki ekspresi emosional. Ketika ia berinteraksi dengan orang-orang, ia tersenyum dan tidak menunjukkan perasaannya yang sebenarnya kepada orang lain. Ia bergabung dengan tentara untuk hidup dan tidak memiliki tujuan khusus untuk hidup, tetapi sekarang ia merasa nyaman di lingkungan pasukannya.
Joshua Ingram (ヨシュア・イングラム, Joshua Inguramu)
Pengisi suara: Yoshitsugu Matsuoka[3]
Teman masa kecil Yūki. Keluarga ksatria yang melindungi kerajaan. Ia berhubungan baik dengan Yūki seperti adik perempuannya sendiri. Ia adalah teman bermain terbaik di kerajaan dan orang yang pengertian. Ia adalah pria yang cukup pemarah. Keyakinannya adalah bahwa jika seseorang memiliki semangat dan nyali, ia dapat melakukan sesuatu untuk itu. Ia menganggap Yūki sebagai misinya.
Leila Etoile (レイラ・エトワール, Reira Etowāru)
Pengisi suara: Rina Satō[3]
Pengajar Yūki. Ia adalah satu-satunya keberadaan yang menakutkan bagi Yūki. Ia berpengetahuan dan ketat dalam etika. Ia biasanya pendiam dan ia adalah salah satu dari sedikit orang di kerajaan yang secara serius memarahi Yūki. Namun, kekerasannya berasal dari kasih sayangnya kepada Yūki dan Yūki akan melakukan yang terbaik untuk mendukungnya.
Harold Miller (ハロルド・ミラー, Harorudo Mirā)
Pengisi suara: Nobutoshi Canna[3]
Ketua Ksatria saat ini. Ia pikir Yūki seperti putrinya dan memberinya senyum lembut. Ia adalah komandan yang sangat baik dan dapat membuat keputusan yang akurat di medan perang. Ia telah bersama Izana sejak ia masih di akademi militer.
Izana Langford (イザナ・ラングフォード, Izana Rangufōdo)
Pengisi suara: Ryōtarō Okiayu[3]
Seorang pejabat politik yang tenang, memiliki pikiran yang jernih dan memiliki kemampuan yang sangat baik untuk memahami situasi. Ia tidak menyukai pertarungan itu sendiri, tetapi ia pikir pertarungan tidak akan pernah berhenti untuk melindungi kehidupan damai suami dan putrinya tercinta. Ia rentan terhadap alkohol. Ia telah bersama Harold sejak ia berada di akademi militer.
Yuni Vanquish (ユニ・ヴァンキッシュ, Yuni Vankisshu)
Pengisi suara: Makoto Koichi[3]
Seorang pilot dari daerah terpencil dan merupakan saudara kembar Rune. Ia memiliki kulit yang cerah dan penuh perhatian. Ia menyukai hal-hal yang lucu. Ia hanya tipe orang yang terburu-buru dan keyakinannya sangat kuat. Ia meyakinkan Rune yang mendukungnya. Ia adalah pilot yang baik, tetapi ia tahu apa yang terjadi di sekitarnya dan memberikan instruksi padanya.
Rune Vanquish (ルネ・ヴァンキッシュ, Rune Vankisshu)
Pengisi suara: Junya Enoki[3]
Seorang pilot dari daerah terpencil dan merupakan saudara kembar Yuni. Berbeda dengan Yuni, ia adalah seorang pemuda dengan suasana serius dan tenang. Ia selalu mendukung Yuni yang selalu berjalan sendirian. Ia juga seorang pilot yang sangat baik, tetapi ia selalu mendukung Yuni dan pandai berpasangan dengan orang lain.
Gale Owens (ゲイル・オーウェンズ, Geiru Ōwenzu)
Pengisi suara: Takashi Matsuyama[4]
Kapten dari Burger Squad yang baru diangkat. Ia hanya selamat dari medan perang dan merupakan orang militer yang sangat baik sebagai pilot dan komandan.
Lily Earhart (リリィ・エアハート, Rirī Eahāto)
Pengisi suara: Yuki Nagaku[4]
Seorang anggota Burger Squad yang merindukan Stella. Ia selalu membuat suasana hati yang cerah. Ia sering memainkan peran pendukung untuk anggota lain dalam pertempuran.
Huey Malthus (ヒューイ・マルサス, Hyūi Marusasu)
Pengisi suara: Toshiki Masuda[4]
Seorang anggota Burger Squad yang telah bertarung dengan Stella dan memiliki toko besi yang didirikan secara diagonal. Ia adalah pilot yang sangat baik, terutama dalam menembak.
Pearce Thorn (ピアース・ソーン, Piāsu Sōn)
Pengisi suara: Haruki Ishiya[4]
Seorang anggota Burger Squad yang serius dengan rasa keadilan yang kuat. Ia berusaha memprioritaskan untuk menjalankan misinya sebagai seorang prajurit. Karena kepribadiannya yang serius, ia tidak fleksibel.
Blake Boyer (ブレイク・ボイヤー, Bureiku Boiyā)
Pengisi suara: Minoru Shiraishi[4]
Seorang anggota Burger Squad yang bertanggung jawab sebagai pilot dan mekanik. Ia rendah hati dan tidak merasa banyak termotivasi sebagai seorang prajurit. Karena itu, ia sering diperingatkan oleh Pierce yang serius, tetapi ia tidak peduli sama sekali.

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah anime orisinal yang baru karya Tatsunoko Production diumumkan dalam rangka peringatan ulang tahun mereka yang ke-55.[2] Seri ini dijadwalkan untuk tayang pada tanggal 4 Januari 2019 pada saluran Wowow, Tokyo MX, dan YTV.[5] Seri ini disutradarai oleh Toshimasa Suzuki dan naskahnya ditulis oleh Shinichi Inotsume, sedangkan desain karakter dibuat oleh NOB-C dan Naoto Nakamura, desain suara dibuat oleh Kazuya Tanaka dan musik disusun oleh Tsubasa Itō. Lagu tema pembukanya adalah "Egao no Kanata" (エガオノカナタ) yang dibawakan oleh Chiho dan Majiko, sedangkan lagu tema penutupnya adalah "Kono Sekai ni Hanataba" (この世界に花束を) oleh Kimi no Orphée. Seri ini akan tayang sebanyak 12 episode.[6] Seri ini ditayangkan secara simulcast di Crunchyroll untuk wilayah di luar Asia,[7] sedangkan Sentai Filmworks mendapatkan lisensi seri ini[8] dan HIDIVE juga ikut menayangkan seri ini secara simulcast di sana.[9] Di Australia dan Selandia Baru, seri ini ditayangkan secara simulcast oleh AnimeLab.[10] Muse Communication mendapatkan lisensi seri ini di Asia Selatan dan Asia Tenggara.[11]

No.Judul [a]Tanggal tayang asli
1"The Girl from Soleil"
Transkripsi: "Soreiyu no Shōjo" (ソレイユの少女)
4 Januari 2019 (2019-01-04)
Putri Yūki Soleil yang berusia dua belas tahun mulai mengambil tanggung jawab untuk memimpin kerajaannya. Tetapi ketika ksatria perbatasan, Yuni Vanquish dan Rune Vanquish, merundung Putri Yūki, pelindungnya, Joshua Ingram, menantang mereka untuk bertempur di simulator.
2"The Truth of the War"
Transkripsi: "Senran no Shinjitsu" (戦乱の真実)
11 Januari 2019 (2019-01-11)
Untuk menahan Tentara Kekaisaran yang maju di perbatasan, Grand Master Harold Miller membawa kapal utama kerajaan ke garis depan. Joshua membawa dirinya ke dalam serangan mendadak pertamanya untuk melindungi senyum Yūki.
3"The Soldier of Smiles"
Transkripsi: "Hohoemi no Senshi" (微笑みの戦士)
18 Januari 2019 (2019-01-18)
Seorang prajurit Tentara Kekaisaran, Stella Shining, sepertinya selalu menjaga jarak dengan pasukannya. Ketika ia dan pasukannya dikerahkan dalam misi dengan komandan baru mereka, ia bertanya-tanya apa yang terjadi di balik senyumnya yang selalu muncul.
4"Choice of Hope"
Transkripsi: "Kibō no Sentaku" (希望の選択)
25 Januari 2019 (2019-01-25)
Dua bulan telah berlalu sejak kerajaan dan kekaisaran berperang hingga kekaisaran terus maju bertempur. Saat Leila Etoile mencoba mendukung Yūki yang putus asa, ia memikirkan kembali tragedi yang memulai semuanya.
5"The Night of the Squad"
Transkripsi: "Buntai no Ichiya" (分隊の一夜)
1 Februari 2019 (2019-02-01)
Untuk menerobos jalan buntu yang berjarak sepelemparan batu dari ibu kota, Burger Squad memulai misi malam. Tetapi ketika Lily Earhart mengalami masalah yang tidak terduga, ia akhirnya menyampaikan masa lalunya kepada Komandan Gale Owens.
6"The Crossroads of Fate"
Transkripsi: "Unmei no Kirō" (運命の岐路)
8 Februari 2019 (2019-02-08)
Tentara Kekaisaran mendekati Hariant, ibu kota kerajaan. Warga dievakuasi, tetapi Yūki memilih untuk tinggal, berharap menemukan cara untuk mencegah hilangnya nyawa secara besar-besaran.
7"The Sunflowers of the Palace"
Transkripsi: "Ōkyū no Himawari" (王宮のひまわり)
15 Februari 2019 (2019-02-15)
Tentara Kekaisaran menduduki Hariant. Stella dan pasukannya mengadakan pesta perpisahan untuk rekan setim mereka yang pergi dan menjelajahi istana kerajaan Soleil.
8"The Final Message"
Transkripsi: "Saigō no Dengon" (最後の伝言)
22 Februari 2019 (2019-02-22)
Sementara Yūki mengambil alih komando Tentara Kerajaan, Izana Langford mencoba menyelundupkan informasi penting tentang Kekaisaran Verde yang hancur dari belakang garis musuh.
9"The Elegy of Dawn"
Transkripsi: "Akatsuki no Banka" (暁の挽歌)
1 Maret 2019 (2019-03-01)
Dengan Kerajaan tergantung pada seutas benang, Grand Master Harold meningkatkan produksi pada chrar baru. Tetapi Yūki dan Leila menempuh jalan yang berbeda berdasarkan data yang dikirim oleh Izana.
10"The Ignition of Souls"
Transkripsi: "Tamashī no Hakka" (魂の挽歌)
8 Maret 2019 (2019-03-08)
Kekaisaran terus maju, tetapi hidup itu suram bagi tentara di garis depan. Saat ia bertahan melalui situasi sulit dengan rekan satu tim dan komandannya, senyum Stella mulai berubah.
11"The Resolve of Two"
Transkripsi: "Futari no Ketsui" (二人の決意)
15 Maret 2019 (2019-03-15)
Musim dingin telah tiba. Yūki telah kehilangan banyak hal penting baginya, tetapi ia terus maju. Saat perang mencapai tahap akhir, Yūki dengan tegas mengklaim bahwa ia akan merebut kembali Hariant.
12"The Price of Smiles"
Transkripsi: "Egao no Daika" (笑顔の代価)
22 Maret 2019 (2019-03-22)
Saat pertempuran terakhir berkecamuk, Yūki dan Stella tiba di tanah asing yang jauh. Yūki telah memutuskan untuk mengakhiri perang, tetapi Stella menghalangi jalannya.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Crunchyroll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Winter 2019 Anime Preview Guide - The Price of Smiles". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 Juni 2019. 
  2. ^ a b c "Tatsunoko Marks 55th Anniversary With Egao no Daika TV Anime in January". Anime News Network. 17 Oktober 2018. Diakses tanggal 17 Oktober 2018. 
  3. ^ a b c d e f "Tatsunoko's The Price of Smiles TV Anime Unveils 6 More Cast Members". Anime News Network. 14 November 2018. Diakses tanggal 14 November 2018. 
  4. ^ a b c d e "Tatsunoko's The Price of Smiles TV Anime Casts Empire's Military". Anime News Network. 21 November 2018. Diakses tanggal 21 November 2018. 
  5. ^ "Tatsunoko's The Price of Smiles TV Anime Reveals Ad, January 4 Premiere". Anime News Network. 5 Desember 2018. Diakses tanggal 5 Desember 2018. 
  6. ^ "NTV Lists Tatsunoko's The Price of Smiles Anime with 12 Episodes". Anime News Network. 3 November 2018. Diakses tanggal 3 November 2018. 
  7. ^ Ressler, Karen; Sherman, Jennifer (27 Desember 2018). "Crunchyroll to Simulcast Girly Air Force, Price of Smiles Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 28 Desember 2018. 
  8. ^ "Sentai Filmworks Primes The Price of Smiles". Sentai Filmworks. 27 Januari 2019. Diakses tanggal 27 Januari 2019. 
  9. ^ "HIDIVE Chronicles the Saga of The Price of Smiles". HIDIVE. 27 Januari 2019. Diakses tanggal 27 Januari 2019. 
  10. ^ @AnimeLab (28 Desember 2018). "😃😄🌻 In a planet far, far away from Earth, there reigns a kingdom overflowing with smiles... and smiling is essential for living. The Price of Smiles streaming each week on AnimeLab in January 2019 🌻🙂😌" (Tweet). Diakses tanggal 28 Desember 2018 – via Twitter. 
  11. ^ Pineda, Rafael Antonio (4 Maret 2021). "Muse Asia Adds The Price of Smiles Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 26 Maret 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]