The Map of Tiny Perfect Things

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Map of Tiny Perfect Things
Poster resmi
SutradaraIan Samuels
Produser
SkenarioLev Grossman
Berdasarkan
"The Map of Tiny Perfect Things"
oleh Lev Grossman
Pemeran
Penata musikTom Bromley
SinematograferAndrew Wehde
PenyuntingAndrea Bottigliero
Perusahaan
produksi
DistributorAmazon Studios
Tanggal rilis
  • 12 Februari 2021 (2021-02-12)
Durasi99 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris

The Map of Tiny Perfect Things adalah sebuah film komedi romantis fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2021 garapan Ian Samuels, dari skenario karya Lev Grossman, berdasarkan cerita pendeknya tahun 2016 yang berjudul sama. Film ini dibintangi Kathryn Newton dan Kyle Allen sebagai dua remaja yang terjebak dalam lingkaran waktu.

Film ini dirilis melalui Amazon Prime Video pada 12 Februari 2021.[1] Film ini mendapat ulasan positif dari para kritikus dan dinominasikan untuk Critics' Choice Television Awards untuk Film Terbaik yang Dibuat untuk Televisi.

Plot[sunting | sunting sumber]

Mark, seorang remaja laki-laki, terjebak dalam lingkaran waktu, mengulangi hari yang sama berulang kali. Setelah banyak pengulangan, Mark telah menyempurnakan beberapa rutinitas dan mampu membantu orang lain dengan mengantisipasi gerakan mereka. Mark kemudian menyukai seorang gadis yang dia bantu, Mark pergi ke kolam komunitas untuk bertemu dengannya lagi, menyelamatkannya dari terlempar ke kolam oleh bola pantai. Namun, upayanya untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan gadis tersebut selalu membuat frustrasi. Suatu hari, saat Mark menunggu untuk menyelamatkan gadis itu dari bola pantai, gadis lain, Margaret, tiba-tiba ikut membantu. Mark melacaknya dan mengetahui bahwa Margaret juga hidup dalam lingkaran waktu yang sama.

Mark dan Margaret menghabiskan waktu bersama. Mark bercerita tentang keinginannya untuk pergi ke sekolah seni, dan ayahnya berhenti dari pekerjaannya untuk menulis buku tentang Perang Saudara; Margaret berbicara tentang mimpinya bekerja sebagai spesialis misi untuk NASA, dan bagaimana dia mencari anjing yang hilang. Mereka menjadi dekat. Mark mengemukakan kemungkinan cara mereka dapat memutus putaran waktu, tetapi Margaret tidak tertarik dan mencoba menghindarinya. Setiap malam Margaret bergegas pergi setelah menerima SMS dari seorang mahasiswa kedokteran bernama Jared, yang Mark berspekulasi pasti pacarnya.

Mark dan Margaret memutuskan untuk mencari momen kecantikan yang sempurna di siang hari; Tandai dugaan bahwa mereka mungkin lolos dari putaran waktu setelah menemukan semuanya. Untuk menghibur Margaret, Mark membuat tiruan Tranquility Base di gym sekolah untuk Margaret. Kemudian, di kamar Mark, Margaret melihat peta yang Mark buat dari momen-momen sempurna. Mark membungkuk untuk menciumnya, tetapi Margaret menghindari ciuman itu, mengatakan dia tidak ingin menjadi lebih dari teman. Keesokan harinya, ketika ayahnya datang untuk berbicara dengannya tentang masa depannya, Mark menyebut ayahnya munafik karena mengejar mimpinya sendiri sambil menggagalkan mimpi Mark. Setelah berbicara dengan saudara perempuannya Emma, ​​​​Mark mengetahui bahwa ayah mereka tidak berhenti dari pekerjaannya, tetapi dipecat dan terlalu malu untuk mengungkapkannya.

Mark menyarankan kepada Margaret bahwa mereka mungkin dapat memutus lingkaran jika mereka pergi jauh. Mereka membeli tiket ke Tokyo, tapi Margaret meninggalkan pesawat sebelum lepas landas. Saat pesawat melintasi Batas penanggalan internasional, Mark terbangun di kamar tidurnya, menyadari rencananya tidak berhasil. Dia memutuskan untuk fokus pada orang lain di putaran berikutnya. Dia mengundang ayahnya untuk memberitahunya tentang Perang Saudara, dan menghadiri pertandingan sepak bola Emma, ​​​​di mana Emma mencetak gol yang tidak dia cetak saat Mark tidak ada di sana. Saat mencoba trik skateboard, Mark melukai dirinya sendiri dan dibawa ke rumah sakit. Di rumah sakit, Mark melihat Margaret mengunjungi ibunya, yang sedang sekarat karena kanker. Mark menyadari bahwa dirinya bukanlah pusat dari cerita ini, melainkan Margaret.

Margaret bangun dan berhasil menemukan anjing hilang yang dia cari. Dia kemudian bercakap-cakap dengan teman Mark, Henry, yang telah berulang kali diceritakan Mark tentang putaran waktu. Setelah membantu Henry memenangkan video game-nya, Margaret mendapat pencerahan. Dia menciptakan model tiga dimensi dari waktu dan tempat momen yang sempurna menggunakan string. Bayangan yang dihasilkan oleh model gambar membuat gambar kubus empat dimensi, dengan satu simpul hilang. Margaret menentukan bahwa acara terakhir akan terjadi pada pukul 19:00 di kolam renang.

Margaret menemukan Mark duduk sendirian di kolam dan menjelaskan bahwa Margaret bertanggung jawab atas putaran waktu: ini adalah hari terakhir ibunya hidup, dan dia tidak mau melewatinya. Tapi dia sekarang percaya bahwa Mark juga terjebak dalam lingkaran untuk memungkinkan seseorang menemaninya. Keduanya berciuman.

Margaret pergi ke rumah sakit dan mengucapkan selamat tinggal kepada ibunya untuk terakhir kalinya. Dia dan Mark pergi keluar. Pada tengah malam hujan mulai turun, menandakan bahwa loop telah putus. Keesokan paginya mereka akhirnya mengembalikan anjing yang hilang itu.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, film ini mendapat peringkat persetujuan 77% berdasarkan 74 ulasan kritikus, dengan rata-rata 6,60/10. Konsensus kritikus situs web tersebut menyatakan, "Perjalanan putaran waktu yang karakternya sedikit bergelombang dan cukup familiar, tetapi pesona yang menyentuh hati dan pemeran yang disukai membuat A Map of Tiny Perfect Things layak untuk diikuti."[2] Di Metacritic, film ini memiliki skor rata-rata tertimbang 61 dari 100, berdasarkan 16 ulasan kritikus, yang menunjukkan "ulasan yang disukai secara umum".[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fox, Sarah (January 14, 2021). "Kathryn Newton's 'The Map of Tiny Perfect Things' Sets February Release". Diarsipkan dari versi asli tanggal January 28, 2021. Diakses tanggal February 8, 2021. 
  2. ^ "The Map of Tiny Perfect Things (2021)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 24, 2021. 
  3. ^ "The Map of Tiny Perfect Things". Metacritic. Diakses tanggal February 24, 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]