The Divergent Series: Insurgent

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Insurgent
Teaser Poster
SutradaraRobert Schwentke
Produser
Ditulis olehBrian Duffield
Akiva Goldsman
Berdasarkan
Insurgent
oleh Veronica Roth
Pemeran
SinematograferFlorian Ballhaus
Perusahaan
produksi
DistributorSummit Entertainment
Lionsgate
Tanggal rilis
  • 20 Maret 2015 (2015-03-20)
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris

Insurgent adalah film fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2015 yang berdasarkan novel yang berjudul sama karya Veronica Roth.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Tris Prior (Shailene Woodley) dan Four (Theo James) berada dalam pelarian di tengah pemberontakan bersama 2 orang lainnya, yaitu Caleb Prior dan Peter. Mereka diburu oleh Jeanine Matthews (Kate Winslet), pemimpin faksi Erudite. Saat dalam perlindungan faksi Amity yang cinta damai, pasukan Jeanine datang mencari para Divergent yang dianggap berbahaya, tetapi mereka (Erudite) telah memegang kotak pesan rahasia masa depan dunia yang selama ini dilindungi oleh Abnegation. Hanya Divergent murni yang mampu membukanya. Untuk itulah Jeanine melakukan penangkapan terhadap para Divergent untuk membuka kotak pesan rahasia masa depan tersebut, hingga tak terhitung divergent yang terbunuh karena gagal dalam simulasi.

Tris dan Four yang Divergent berasal dari faksi Dauntless menghadapi berbagai ujian dalam pelarian mereka. Mulai dengan penghianatan Peter yang membelot kepada Jeanine sampai pertarungan dengan kaum tak berfaksi (Factionless) di atas kereta logistik yang berakhir dengan manis karena sesungguhnya Four adalah pemimpin yang selama ini dicari oleh kaum Factionless dalam pemberontakan kepada Jeanine.

Namun masalah masih panjang, pengejaran terhadap Divergent masih dilakukan. Tris dan Four kali ini meminta bantuan kaum Candor untuk melawan Jeanine. Namun tak mudah. Mereka harus melakukan tes kejujuran dengan disuntik serum yang menyakitkan. Four dapat melalui tes dengan mudah, tetapi tidak demikian dengan Tris. Pilihan-pilihan masa lalu yang ingin ditutupinya membuatnya kesakitan. Hanya kejujuran yang dapat membebaskannya dari rasa sakit, dan ia mengatakan semuanya yang berakibat buruk pada hubungan persahabatannya dengan Christina. Christina adalah kekasih Will, kekasih yang terpaksa dibunuh oleh Tris pada saat terjadi penyerangan oleh Dauntless terhadap Abnegation.

Akhirnya kaum Candorpun berpihak pada mereka.

Pasukan kaum Erudite menyerang dan menembakkan serum bunuh diri kepada kaum pemberontak dengan maksud menekan Tris agar menyerahkan diri karena ia Divergent murni. Semakin mengulur waktu, semakin banyak yang bunuh diri. Tentu saja Tris tak ingin itu terjadi. Maka iapun menyerahkan diri kepada Jeanine.

Tris mengikuti simulasi berat yang memungkinkan dia terbunuh atau berhasil membuka kotak pesan yang diinginkan Jeanine. Namun belum selesai simulasi, Tris kehilangan kesadaran, sehingga Jeanine mengira ia mati. Karena sebelum mengikuti simulasi Peter menyuntikkan serum khusus kepada Tris. Beruntung ketika akan disingkirkan, Tris siuman.

Four dan pasukannya saat itu telah ada di markas besar Erudite. Tris dengan bantuan Four dan Peter menyelesaikan simulasi terakhir agar dapat membuka kotak pesan masa depan dunia. Hal itu disaksikan oleh Jeanine. Kotak berhasil terbuka dan memaparkan kebenaran yang tidak pernah diduga oleh setiap faksi.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]