Divergent (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Divergent
Divergent.jpg
Theatrical release poster
Sutradara Neil Burger
Produser
Skenario Evan Daugherty
Vanessa Taylor
Berdasarkan Divergent 
oleh Veronica Roth
Pemeran
Musik Junkie XL
Sinematografi Alwin H. Küchler
Penyunting Richard Francis-Bruce
Perusahaan
produksi
Distributor Summit Entertainment
Lionsgate
Tanggal rilis
Durasi
139 menit 29 detik[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $85 juta[2]
Pendapatan kotor $281,803,000[3]

Divergent adalah film fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2014 yang berdasarkan novel yang berjudul sama karya Veronica Roth.

Plot[sunting | sunting sumber]

Manusia dewasa akan diklasifikasi menjadi 5 faksi menurut karakter mereka masing-masing. Ke-5 faksi tersebut adalah Candor yang memiliki sifat jujur, Erudite yang memiliki sifat genius, Amity memiliki sifat suka damai, Dauntless yakni yang memiliki sifat pemberani, dan Abnegation sebagai penolong tanpa pamrih.

Divergent hanya sebagai istilah untuk orang yang tidak masuk dalam 5 faksi karakter tersebut, dikarenakan memiliki banyak macam kepribadian yg menonjol di dalam dirinya.

Sebelum masuk faksi, seseorang harus melewati tes penentuan faksi (tes kecakapan) saat sudah menginjak usia enam belas tahun. Beatrice Prior atau yang lebih dikenal Tris (Shailene Woodley) adalah salah satunya. Namun ketika menjalani tes, ia merasa ada yang tidak beres. Ternyata, hasilnya Tris tergolong tingkat yang seimbang antara perpaduan faksi Abnegation, Dauntless, dan Erudite, yang menunjukkan bahwa ia adalah seorang Divergent.

Seorang wanita bernama Tori (Maggie Q) yang sedang menguji dirinya menyuruh untuk merahasiakan identitas diri Tris sebagai Divergent. Karena, selain berbeda golongan Divergent dianggap sangat berbahaya dan akan mencelakakan faksi-faksi lain.

Maka dari itulah Tris harus berjuang agar dapat diterima di faksi Dauntless yang selalu ia banggakan. Ia berusaha untuk lulus dalam tes keberanian yang sewaktu-waktu bisa mengancam nyawanya itu.

Fakta yang mengejutkan adalah ketika Tris tahu bahwa salah satu instrukturnya, Four (Theo James), juga seorang Divergent. Tris dan Fourpun tetap berusaha untuk bertahan hidup di tengah persaingan politik yang ingin menyingkirkan para Divergent. Terutama menegakkan keadilan dari Erudite (yang dipimpin oleh seorang genius dan berbahaya, Jeanine Matthews (Kate Winslet)) yang mengusahakan faksinya menjadi faksi paling besar. Ditambah lagi abangnya, Caleb (Ansel Elgort) yang terpilih ke dalam faksi tersebut.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "DIVERGENT (12A)". Entertainment One. British Board of Film Classification. March 11, 2014. Diakses tanggal March 11, 2014. 
  2. ^ Alyssa Ashley Lucas (March 24, 2014). "'Divergent' Movie Earns $56M in its Weekend Premiere; Sequel to Come Out in 2015". International Business Times. Diakses tanggal March 31, 2014. 
  3. ^ "Divergent (2014)". Box Office Mojo. Diakses tanggal April 21, 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]