Lone Survivor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Lone Survivor
Lone survivor poster 2013.jpg
Poster film Lone Survivor
Sutradara Peter Berg
Produser Peter Berg
Sarah Aubrey
Randall Emmett
Norton Herrick
Barry Spikings
Akiva Goldsman
Mark Wahlberg
Stephen Levinson
Vitaly Grigoriants
Skenario Peter Berg
Berdasarkan Lone Survivor 
oleh Marcus Luttrell dan Patrick Robinson
Pemeran Mark Wahlberg
Taylor Kitsch
Emile Hirsch
Ben Foster
Eric Bana
Musik Explosions in the Sky
Steve Jablonsky
Sinematografi Tobias Schliessler
Penyunting Colby Parker Jr.
Perusahaan
produksi
Emmett/Furla Films
Distributor Universal Pictures
Tanggal rilis
  • 12 November 2013 (2013-11-12) (Festival Lembaga Film Amerika)
  • 25 Desember 2013 (2013-12-25) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 10 Januari 2014 (2014-1-10) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
120 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $40 juta[2]
Pendapatan kotor $154,802,912[2]

Lone Survivor adalah film drama perang Amerika Serikat tahun 2013 yang disutradarai oleh Peter Berg dan diproduseri oleh Peter Berg, Sarah Aubrey, Randall Emmett, Norton Herrick, Barry Spikings, Akiva Goldsman, Mark Wahlberg, Stephen Levinson dan Vitaly Grigoriants. Naskah film ini ditulis oleh Peter Berg berdasarkan buku Lone Survivor karya Marcus Luttrell dan Patrick Robinson. Film ini dibintangi oleh Mark Wahlberg, Taylor Kitsch, Emile Hirsch, Ben Foster dan Eric Bana.

Film Lone Survivor ditayangkan secara perdana di Festival Lembaga Film Amerika pada tanggal 12 November 2013[3] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 25 Desember 2013 secara terbatas dan 10 Januari 2014 secara luas.[4] Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Empat orang anggota tim Navy SEAL; Letnan Michael P. Murphy (Taylor Kitsch), Kopral Kepala Marcus Luttrell (Mark Wahlberg), Kopral Satu Matthew Axelson (Ben Foster) dan Kopral Satu Danny Dietz (Emile Hirsch) berangkat dari pangkalan udara Bagram ke sebuah desa yang dikelilingi perbukitan, yang telah teridentifikasi keberadaan Ahmad Shah. Mereka sudah berada di titik penalti untuk menembak Ahmad Shah yang bercirikan fisik tidak mempunyai sebelah telinga. Namun, hubungan komunikasi terganggu sehingga konfirmasi perintah tidak didapatkan.

Sementara menunggu perintah menembak, muncullah tiga orang penggembala kambing. Tentu saja hal ini di luar dugaan. Mau tak mau pasukan Amerika menangkapnya dan saling berdebat tentang tindakan yang harus mereka lakukan. Alternatif pertama, membunuh para penggembala tersebut dengan konsekuensi tugas lancar, namun menjadikan pasukan Amerika sebagai pelanggar hukum. Alternatif kedua, mengikat dan meninggalkan para penggembala tersebut mati kedinginan atau dimakan oleh hewan buas di perbukitan. Alternatif ketiga, melepaskan para penggembala tersebut dan tugas gagal karena keberadaan operasi tersebut sudah diketahui oleh orang lain. Konflik dan pemikiran serta alasan mereka memang cukup bisa diterima dalam berdebat. Sebagai kepala dalam misi ini, Murphy berhak memutuskan hasilnya dan voting tidak berlaku. Akhirnya Murphy memutuskan melepaskan para penggembala tersebut. Misi dianggap gagal dan pasukan Amerika berencana untuk kembali ke pangkalan, namun komunikasi masih terganggu di saat-saat yang penting. Mereka hendak menyelamatkan diri dengan naik ke bukit atas untuk mendapatkan sinyal telepon satelit. Sayangnya, para penggembala yang dilepaskan tersebut memberitahukan keberadaan pasukan Amerika kepada pasukan Taliban.

Beberapa saat kemudian, pasukan Taliban, dengan jumlah yang banyak, menyerbu dan menyerang pasukan Amerika. Marcus dan kawan-kawan kalah jumlah, tetapi mereka tak mudah menyerah begitu saja. Semua pasukan Amerika tewas, kecuali Marcus, meskipun terluka parah. Marcus ditolong oleh Mohammad Gulab, seorang penduduk di sekitar kejadian. Marcus ragu-ragu karena tidak mengetahui identitas Gulab, apalagi dengan tewasnya rekan-rekannya akibat membebaskan para penggembala tersebut. Marcus ditampung di rumahnya walaupun beberapa orang tidak setuju dengan hal itu. Marcus meminta tolong seseorang agar mengirim surat ke pangkalan Amerika Serikat yang memberitahukan keberadaannya di desa itu.

Pasukan Taliban tidak tinggal diam. Mereka tetap mencari Marcus dan akhirnya mereka menemukan tempat persembunyian Marcus. Marcus pun diseret dan kepalanya akan dipenggal oleh anak buah Ahmad Shah. Pada saat yang menentukan, Gulab dan para penduduk desa menyelamatkannya. Pasukan Taliban pergi dan tetap mengancam akan membinasakan desa tersebut. Hari berikutnya, pasukan Taliban berjumlah sangat banyak kembali ke desa tersebut dan menembak para penduduk desa. Marcus dan para penduduk desa melawan dengan menembak pasukan Taliban. Marcus terluka parah dan pasukan bantuan Amerika Serikat datang membantu Marcus dan para penduduk desa. Pasukan bantuan Amerika Serikat membunuh pasukan Taliban dan mengevakuasi Marcus ke pangkalan.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Mark Wahlberg sebagai Marcus Luttrell
  • Taylor Kitsch sebagai Michael P. "Murph" Murphy
  • Emile Hirsch sebagai Danny Dietz
  • Ben Foster sebagai Matthew "Axe" Axelson
  • Eric Bana sebagai Erik S. Kristensen
  • Ali Suliman sebagai Mohammad Gulab
  • Alexander Ludwig sebagai Shane Patton
  • Yousuf Azami sebagai Ahmad Shah
  • Sammy Sheik sebagai Taraq
  • Rich Ting sebagai James Suh
  • Dan Bilzerian sebagai Daniel Healy
  • Jerry Ferrara sebagai Sersan Hasslert
  • Scott Elrod sebagai Peter Musselman
  • Rohan Chand sebagai putra Mohammad Gulab
  • Corey Large sebagai Kapten Kenney

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Lone Survivor mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 76%, berdasarkan 213 ulasan, dengan rating rata-rata 6.6/10.[5] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 60 dari 100, berdasarkan 44 kritik, menunjukkan "ulasan rerata".[6] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A+" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Lone Survivor mendapatkan $125,095,601 di Amerika Utara dan $29,707,311 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $154,802,912, melebihi anggaran produksi film $40 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $90,872, menempati posisi ke-36 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $37,849,910, menempati posisi teratas di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lone Survibor (15)". British Board of Film Classification. December 23, 2013. Diakses tanggal January 9, 2014. 
  2. ^ a b c d "Lone Survivor (2013)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 3, 2014. 
  3. ^ McNary, Dave (October 17, 2013). "Mark Wahlberg's 'Lone Survivor' to World Premiere at AFI Fest". Variety. Diakses tanggal March 1, 2018. 
  4. ^ "Universal's 'Lone Survivor' Gets January 2014 Release Date". Deadline.com. May 10, 2013. Diakses tanggal March 1, 2018. 
  5. ^ "Lone Survivor (2016)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal January 11, 2014. 
  6. ^ "Lone Survivor reviews". Metacritic. Diakses tanggal January 11, 2014. 
  7. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]