The Ides of March (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
The Ides of March
The Ides of March Poster.jpg
Poster film The Ides of March
Sutradara George Clooney
Produser George Clooney
Grant Heslov
Brian Oliver
Skenario George Clooney
Grant Heslov
Beau Willimon
Berdasarkan Farragut North 
oleh Beau Willimon
Pemeran Ryan Gosling
George Clooney
Evan Rachel Wood
Philip Seymour Hoffman
Paul Giamatti
Marisa Tomei
Jeffrey Wright
Musik Alexandre Desplat
Sinematografi Phedon Papamichael
Penyunting Stephen Mirrione
Perusahaan
produksi
Smokehouse Pictures
Appian Way Productions
Exclusive Media
Cross Creek Pictures
Distributor Columbia Pictures
Tanggal rilis
Durasi
101 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $12.5 juta[2]
Pendapatan kotor $75,993,061[3]

The Ides of March adalah film drama thriller Amerika Serikat tahun 2011 yang disutradarai oleh George Clooney dan diproduseri oleh George Clooney, Grant Heslov dan Brian Oliver. Naskah film ini ditulis oleh George Clooney, Grant Heslov dan Beau Willimon berdasarkan drama Farragut North karya Beau Willimon. Film ini dibintangi oleh Ryan Gosling, George Clooney, Evan Rachel Wood, Philip Seymour Hoffman, Paul Giamatti, Marisa Tomei dan Jeffrey Wright.

Film The Ides of March ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 31 Agustus 2011[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 7 Oktober 2011.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Stephen Meyers (Ryan Gosling) adalah manajer kampanye junior untuk Gubernur Mike Morris (George Clooney), yang bersaing melawan Senator Ted Pullman (Michael Mantell) sebagai presiden utama Partai Demokrat. Mereka berkampanye dan berlomba-lomba untuk mendapatkan dukungan dari Senator Franklin Thompson (Jeffrey Wright), yang mengendalikan 356 delegasi yang akan meraih nominasi untuk kedua kandidat tersebut. Stephen ditanya oleh manajer kampanye Ted, Tom Duffy (Paul Giamatti), untuk bertemu secara rahasia. Stephen menelepon atasannya, manajer kampanye Mike, Paul Zara (Philip Seymour Hoffman), namun Paul tidak menjawab teleponnya. Stephen memutuskan untuk bertemu dengan Tom, yang memberinya posisi dalam kampanye Ted, namun Stephen menolaknya. Saat Paul memanggilnya kembali, Stephen tidak memberitahu Paul tentang pertemuannya dengan Tom.

Stephen memulai hubungan seksual dengan Molly Stearns (Evan Rachel Wood), staf magang di mana ayahnya, Jack Stearns (Gregory Itzin), adalah ketua Komite Nasional Demokrat. Stephen mengaku kepada Paul yang marah bahwa ia bertemu dengan Tom, yang memberitahu bahwa Ted akan menawarkan Franklin posisi Menteri Luar Negeri sebagai imbalan atas pengesahannya. Paul dan Stephen mendiskusikan masalah ini dengan Mike, menyampaikan bahwa mereka harus melakukan penawaran yang sama kepada Franklin. Mike menolaknya karena ia benar-benar tidak setuju dengan Franklin dan kebijakannya dan ia menginginkan kampanye "bersih" tanpa kesepakatan semacam itu.

Ketika Molly tidur, Stephen mengetahui bahwa Mike sedang mencoba menelepon Molly setelah Stephen tidak sengaja menjawab telepon tersebut. Ia mengetahui bahwa mereka memiliki hubungan seksual singkat beberapa minggu sebelumnya dan Molly sekarang hamil dengan anak Morris. Molly membutuhkan $900 untuk melakukan aborsi, namun ia tidak bisa memberitahu ayahnya karena keluarganya adalah keluarga Katolik. Stephen membantunya, tetapi ia memperingatkan Molly untuk tidak memberitahu siapapun dan mengeluarkannya dari kampanye sebagai solusi akhir. Ida Horowicz (Marisa Tomei), seorang reporter dari The New York Times, mewawancarai dan menyampaikan kepada Stephen bahwa sebuah sumber anonim membocorkan pertemuannya dengan Tom, dan berencana menerbitkan sebuah artikel kecuali Stephen memberikan rincian tentang tawaran kampanye Mike kepada Franklin.

Setelah meninggalkan Molly ke klinik aborsi, Stephen menemui Paul untuk meminta bantuan. Paul mengungkapkan bahwa ia membocorkan pertemuan tersebut ke Ida dengan persetujuan Mike sebagai dalih untuk memecat Stephen atas ketidaksetiaannya yang diakui. Stephen yang marah dan putus asa kemudian menawarkan jasanya kepada Tom, yang mengakui bahwa ia hanya bertemu dengan Stephen untuk mempengaruhi pekerjaan lawannya di bawah kemungkinan bahwa Stephen akan datang dan bekerja untuknya atau dipecat karena mengambil keputusan tersebut. Tom meminta maaf karena telah menggunakan Stephen dan menasihatinya untuk keluar dari politik sebelum Stephen menjadi orang yang sinis seperti Tom. Stephen menawarkan untuk menjual Mike, namun Tom menolak, percaya bahwa dukungan Franklin terhadap Ted terjamin.

Setelah diberitahu bahwa Stephen telah mengancam akan membongkar kampanye tersebut, Molly mengalami overdosis fatal karena pil di kamar hotel. Stephen ada di tempat kejadian dan mencuri telepon Molly. Tanpa sepengetahuan pihak kampanye Mike, ia bertemu dengan Franklin untuk menetapkan persyaratan terhadap dukungan dan delegasinya. Stephen bertemu dengan Mike dan memberikan dua pilihan: mengangkat Stephen sebagai manajer kampanye Mike menggantikan Paul dan menawarkan dukungan Franklin untuk Mike, atau menghubungi pers dengan catatan bunuh diri Molly dan mengungkapkan perselingkuhannya. Mike mengalah, menyerahkan apa yang tersisa dari integritas pribadinya dan memenuhi tuntutan Stephen. Paul dipecat secara filosofis dan kembali ramah saat ia mengobrol dengan Stephen di pemakaman Molly.

Franklin secara resmi mendukung Mike, membuatnya menjadi calon presiden dari Partai Demokrat secara de facto. Setelah menjadi manajer kampanye senior, Stephen sedang dalam perjalanan ke stasiun televisi untuk diwawancarai oleh John King, namun Ida menyergapnya dan menyampaikan bahwa cerita Ida selanjutnya adalah tentang bagaimana Stephen menyerahkan Franklin dan delegasinya dan mendapatkan promosinya. Ia bereaksi dengan memastikan keamanan Ida agar tidak datang lebih jauh. Stephen mengambil tempat duduknya untuk wawancara, ketika Mike menyelesaikan pidato tentang bagaimana masalah "integritas dan martabat", dan ditanya untuk mengetahui bagaimana masalah utama dari suatu peristiwa terungkap.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Ryan Gosling sebagai Stephen Meyers, manajer kampanye junior Mike
  • George Clooney sebagai Mike Morris, Gubernur Pennsylvania dan calon presiden dari Partai Demokrat
  • Evan Rachel Wood sebagai Molly Stearns, staf internal kampanye Mike dan kekasih Stephen
  • Philip Seymour Hoffman sebagai Paul Zara, manajer kampanye Mike dan atasan Stephen
  • Paul Giamatti sebagai Tom Duffy, manajer kampanye Ted
  • Marisa Tomei sebagai Ida Horowicz, reporter The New York Times
  • Jeffrey Wright sebagai Franklin Thompson, senator Partai Demokrat dari Carolina Utara
  • Jennifer Ehle sebagai Cindy Morris, istri Mike dan ibu negara bagian Pennsylvania
  • Gregory Itzin sebagai mantan Senator Jack Stearns, ayah Molly dan ketua Komite Nasional Demokrat
  • Michael Mantell sebagai Ted Pullman, senator dari Arkansas dan lawan Mike dalam pemilihan presiden dari Partai Demokrat
  • Max Minghella sebagai Ben Harpen, staf kampanye Mike

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Ides of March mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 84%, berdasarkan 228 ulasan, dengan rating rata-rata 7.4/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 67 dari 100, berdasarkan 43 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[7] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[8]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Ides of March mendapatkan $40,962,534 di Amerika Utara dan $35,030,527 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $75,993,061, melebihi anggaran produksi film $12.5 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $10,470,143, menempati posisi kedua di box office di belakang film Real Steel.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Ides of March (15)". E1 Films. British Board of Film Classification. September 12, 2011. Diakses tanggal September 12, 2011. 
  2. ^ Kaufman, Amy (October 6, 2011). "Movie Projector: 'Real Steel' to crush 'Ides of March'". Los Angeles Times. Diakses tanggal October 7, 2011. 
  3. ^ a b c "The Ides of March (2011)". Box Office Mojo. Diakses tanggal May 15, 2012. 
  4. ^ Vivarelli, Nick (June 22, 2011). "Venice confirms 'Ides' as opener". Variety. Reed Business Information. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 18, 2011. Diakses tanggal June 22, 2011. 
  5. ^ McClintock, Pamela (March 3, 2011). "Sony Sets Release Date for George Clooney's 'The Ides of March'". The Hollywood Reporter. Prometheus Global Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 18, 2011. Diakses tanggal April 11, 2011. 
  6. ^ "The Ides of March (2011)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 20, 2018. 
  7. ^ "The Ides of March reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 20, 2018. 
  8. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]