Good Night, and Good Luck

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Good Night, and Good Luck
Goodnight poster.jpg
Poster film Good Night, and Good Luck
Sutradara George Clooney
Produser Grant Heslov
Skenario George Clooney
Grant Heslov
Pemeran David Strathairn
Patricia Clarkson
George Clooney
Jeff Daniels
Robert Downey, Jr.
Frank Langella
Sinematografi Robert Elswit
Penyunting Stephen Mirrione
Perusahaan
produksi
2929 Entertainment
Participant Media
Section Eight Productions
Davis Films
Tohokushinsha Films
Distributor Warner Independent Pictures
(Amerika Serikat)
Redbus Pictures
(Britania Raya)
Tanggal rilis
  • 1 September 2005 (2005-9-1) (Festival Film Venesia)
  • 7 Oktober 2005 (2005-10-7) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 4 November 2005 (2005-11-4) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
93 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Britania Raya
Jepang
Perancis
Bahasa Inggris
Anggaran $7 juta[2]
Pendapatan kotor $54,641,191[2]

Good Night, and Good Luck adalah film biografi drama sejarah tahun 2005 yang disutradarai oleh George Clooney dan diproduseri oleh Grant Heslov. Naskah film ini ditulis oleh George Clooney dan Grant Heslov. Film ini dibintangi oleh David Strathairn, Patricia Clarkson, George Clooney, Jeff Daniels, Robert Downey, Jr. dan Frank Langella.

Film Good Night, and Good Luck ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 1 September 2005 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 7 Oktober 2005 secara terbatas dan 4 November 2005 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1953 di masa awal jurnalisme penyiaran televisi, Edward R. Murrow (David Strathairn) bersama dengan tim berita barunya, produser Fred W. Friendly (George Clooney) dan reporter Joseph Wershba (Robert Downey, Jr.) mengetahui bahwa petugas Angkatan Udara Amerika Serikat Milo Radulovich, yang dipecat paksa karena anggota keluarganya yang dikenal menjadi komunis dan ia menolak untuk melaporkan mereka. Hal tersebut terganggu ketika ditemukan bahwa sekumpulan dakwaan di sidang Milo ada di dalam amplop tertutup dan tidak ada satupun yang melihat mereka. Edward menunjukkan ceritanya kepada sutradara CBS News, Sig Mickelson (Jeff Daniels), yang memperingatkan Edward bahwa ceritanya akan membawa tuduhan dan penolakan yang serius kepada CBS dan sponsor mereka, beberapa di antara mereka memiliki kontrak dengan pemerintah. Ia terpaksa membiarkan ceritanya disiarkan, yang mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Edward juga mencoba untuk meringankan kekhawatiran rekannya, Don Hollenbeck (Ray Wise), yang sedang berusaha menghadapi ketegangan perceraiannya dan serangan dari penulis surat kabar Jack O'Brian, yang menuduh laporan beritanya adalah berita miring dan menjadi "pinko".

Segera setelah itu, Joseph memberikan sebuah amplop yang menunjukkan bahwa Edward sebelumnya telah berinteraksi dengan orang Soviet dan biasanya mengikuti gaji mereka. Kepala Eksekutif CBS, William Paley (Frank Langella) membahas hal ini dengan Edward dan memperingatkannya bahwa jika ada stafnya yang terkait dengan komunisme dengan cara apapun, bagaimanapun caranya, mereka harus mengundurkan diri dari cerita Edward selanjutnya, yang merupakan serangan langsung terhadap Senator Joseph McCarthy dan McCarthyisme melawan penyusupan anggota komunis dalam pemerintahan Amerika Serikat, di mana beberapa orang melaporkannya sebagai perburuan penyihir. Fred dan Edward mengumpulkan staf mereka bersama-sama dan ketika salah satu stafnya secara sukarela memaafkan dirinya sendiri karena mantan istrinya telah menghadiri pertemuan komunis sebelum mereka bertemu, Edward menyimpulkan bahwa ketakutan seperti inilah yang diinginkan Senator Joseph. Tim tetap bersama dan melaporkan ceritanya, yang dipuji oleh masyarakat dan pers, kecuali Jack O'Brian, yang terus menyerang Edward dan terutama Don Hollenbeck atas dukungan komunisme mereka. Don Hollenbeck memohon kepada Edward untuk mengejar Jack O'Brian, namun Edward terpaksa memberitahunya bahwa ia tidak dapat menyerang Jack O'Brian ketika ia sibuk mengejar Joseph McCarthy.

Ketika tim mengalihkan fokus mereka ke sebuah rekaman dan mendengar pendapat Annie Lee Moss, seorang staf komunikasi Pentagon yang dituduh komunis karena namanya muncul dalam daftar yang dilihat oleh seorang informan FBI dari Partai Komunis Amerika Serikat, mereka mendapat kabar bahwa Milo Radulovich dipulihkan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat, tidak membuktikan bahwa ia berhubungan dengan komunisme. Segera setelah itu, Joseph meminta kesempatan untuk berbicara untuk dirinya sendiri di acara Edward, di mana Edward mengizinkannya. Joseph secara terbuka menuduh Edward sebagai seorang komunis, dengan mengutip beberapa bukti yang tampaknya mendukung tuduhan tersebut. Edward menyiarkan sebuah sanggahan pada minggu berikutnya, dengan mudah membantah tuduhan Joseph dan menunjukkan bahwa Joseph tidak melakukan apapun untuk membela dirinya sendiri selain menuduh siapapun yang menentangnya sebagai simpatisan komunis atau komunis itu sendiri.

Beberapa hari kemudian, berita tersebut muncul bahwa Senat Amerika Serikat sedang menyelidiki Joseph, yang berarti akhir dari McCarthyisme. Seiring tim merayakannya, Fred and Edward mengetahui bahwa Don Hollenbeck telah melakukan bunuh diri. Segera setelah itu, William memberitahu Edward dan Fred bahwa waktu siaran program berita mereka akan dipotong dan menyebutkan bahwa biaya produksi acara tersebut sangat tinggi, bersamaan dengan serangan Edward terhadap topik-topik kontroversial. Joseph Wershba dan istrinya, Shirley (Patricia Clarkson), diam-diam menyembunyikan pernikahan mereka karena CBS melarang sesama rekan kerja menikah, didekati oleh Sig, yang memberitahu mereka bahwa semua orang tahu tentang pernikahan mereka dan bahwa ia akan mengizinkan salah satu dari mereka untuk mengundurkan diri untuk menyelamatkan reputasi CBS, di mana Joseph menyetujuinya.

Film ini dibingkai dengan penampilan pidato Edward kepada Asosiasi Pengarah Berita Radio dan Televisi di acara "A Salute to Edward R. Murrow" pada tanggal 25 Oktober 1958, di mana ia dengan keras menasihati pendengarnya untuk tidak menyia-nyiakan potensi televisi untuk menginformasikan dan mendidik masyarakat, sehingga tidak menjadi hanya "kabel dan cahaya dalam kotak".

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Good Night, and Good Luck mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 93%, berdasarkan 220 ulasan, dengan rating rata-rata 8.1/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 80 dari 100, berdasarkan 41 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[4]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Good Night, and Good Luck mendapatkan $31,558,003 di Amerika Utara dan $23,083,188 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $54,641,191, melebihi anggaran produksi film $7 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $421,446, menempati posisi ke-21 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $3,066,046, menempati posisi ke-7 di box office di belakang film Chicken Little, Jarhead, Saw II, The Legend of Zorro, Prime dan Dreamer: Inspired by a True Story.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Good Night, and Good Luck (PG)". British Board of Film Classification. September 29, 2005. Diakses tanggal May 15, 2013. 
  2. ^ a b c d "Good Night, and Good Luck (2005)". Box Office Mojo. Diakses tanggal March 13, 2018. 
  3. ^ "Good Night, and Good Luck (2005)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "Good Night, and Good Luck reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]