The Tender Bar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Tender Bar
Poster resmi
SutradaraGeorge Clooney
Produser
SkenarioWilliam Monahan
Berdasarkan
The Tender Bar
oleh J. R. Moehringer
Pemeran
NaratorRon Livingston
Penata musikDara Taylor[1]
SinematograferMartin Ruhe
PenyuntingTanya M. Swerling
Perusahaan
produksi
DistributorAmazon Studios
Tanggal rilis
  • 10 Oktober 2021 (2021-10-10) (LFF)
  • 17 Desember 2021 (2021-12-17) (Amerika Serikat)
Durasi104 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris

The Tender Bar adalah film coming-of-age Amerika Serikat tahun 2021 yang disutradarai oleh George Clooney dari skenario oleh William Monahan. Film ini diadaptasi dari memoar tahun 2005 dengan nama yang sama oleh J. R. Moehringer, yang menceritakan kehidupan Moehringer yang tumbuh di Long Island. Film ini dibintangi oleh Ben Affleck, Tye Sheridan, Daniel Ranieri, Lily Rabe dan Christopher Lloyd. Film ini merupakan penampilan film terakhir Sondra James yang meninggal pada September 2021.

Film ini dirilis secara terbatas pada 17 Desember 2021 oleh Amazon Studios; kemudian dirilis secara luas pada 22 Desember, sebelum debut streamingnya di Prime Video pada 7 Januari 2022. Film ini menerima tinjauan yang beragam, tetapi Affleck dinominasikan untuk Golden Globe dan Screen Actors Guild Awards untuk penampilannya.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1973, J.R. Maguire yang berusia sembilan tahun dan ibunya Dorothy pindah kembali ke rumah orang tua ibunya di Long Island. Ditinggalkan oleh ayahnya, Johnny, seorang DJ radio yang dikenal sebagai "the Voice", J.R. tumbuh bersama keluarga ibunya. Dia menemukan sosok ayah pengganti di pamannya Charlie, pemilik bar lokal, "The Dickens".[2]

JR sering mendengarkan "the Voice" di radio, dan Johnny menelepon dengan rencana untuk membawanya ke pertandingan bisbol, tetapi tidak muncul. Memberikan pelajaran hidup kepada JR, Charlie berbagi kecintaannya pada membaca dan mendorong JR untuk menjadi seorang penulis, sementara Dorothy bertekad bahwa putranya akan mengenyam pendidikan perguruan tinggi yang tidak pernah ia dapatkan. Meskipun ayahnya yang terpelajar tidak pernah menghasilkan apa-apa dalam hidupnya, ibunya bersikeras bahwa suatu hari JR akan kuliah di Harvard atau Yale dan menjadi pengacara.

Johnny melakukan kunjungan singkat, memukuli Charlie ketika dia mencemoohnya karena ketidakhadirannya dalam kehidupan JR. Charlie terkesan dengan tulisan keponakannya. Kakek JR menemaninya untuk sarapan ayah-dan-anak, dan menjelaskan bahwa Dorothy menjalani operasi kanker tiroid. Ibunya pulih, dan bakat JR untuk mengisi teka-teki kata memberinya tempat di liga bowling Charlie bersama teman-temannya.

Saat remaja, JR melakukan wawancara di Yale dan bertemu dengan seorang pendeta di kereta menuju New Haven. Dia diterima di universitas tersebut, untuk kesenangan keluarganya, dan kemudian membawa teman sekamarnya pulang untuk bertemu Charlie, minum pertama mereka di The Dickens setelah legal. JR menjalin asmara dengan teman sekelasnya, Sidney, yang mengajaknya pulang ke Westport, Connecticut. Setelah menyelundupkan JR ke kamarnya untuk malam itu, Sidney mengungkapkan bahwa dia berkencan dengan orang lain, yang menyebabkan sarapan yang tidak nyaman dengan orang tua Sidney hingga JR memilih untuk pergi.

Melanjutkan studinya, JR bertemu dengan pendeta yang sama di kereta, dan tidak berhasil memenangkan kembali Sidney. Lulus pada tahun 1986, dia menerima salah satu panggilan telepon sporadis ayahnya. JR memberi ibunya cincin kelas, tetapi mengecewakannya karena tidak melanjutkan ke sekolah hukum dan pindah rumah untuk mengerjakan novelnya. Mengabaikan nasihat temannya, JR terus mengejar Sidney dengan bimbingan dari Charlie, dan JR dipekerjakan sebagai trainee di The New York Times.

Mengetahui bahwa Sidney telah menikah dengan pacar kuliahnya, JR dilepaskan dari Times. Charlie dirawat sebentar di rumah sakit, dan mendorong JR untuk memasukkan kemundurannya baru-baru ini ke dalam novelnya. Atas saran Charlie, JR bertemu ayahnya di Karolina Utara, tetapi menyadari bahwa Ayahnya tetap menjadi pecandu alkohol. Johnny menyerang pacarnya dan JR meneriakinya, akhirnya melawan ayahnya dan menelpon polisi.

Pulang ke rumah, di mana ibunya telah menemukan pekerjaan baru, JR pindah ke Manhattan, lalu Charlie memberikan mobilnya sebagai hadiah. Charlie dan teman minumnya mengantarkan keponakannya, dan JR bertekad untuk membuktikan dirinya sebagai penulis. Saat kredit penutup, terlihat JR kecil menghabiskan satu hari di pantai bersama Charlie dan teman-temannya.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Ben Affleck sebagai Charlie Maguire
  • Tye Sheridan sebagai JR Maguire
  • Daniel Ranieri sebagai JR kecil
  • Ron Livingston sebagai JR dewasa
  • Lily Rabe sebagai Dorothy Maguire
  • Christopher Lloyd sebagai Grandpa Maguire
  • Max Martini sebagai "The Voice"; Johnny Michaels, ayah JR
  • Sondra James sebagai Grandma Maguire
  • Michael Braun sebagai Bobo
  • Matthew Delamater sebagai Joey D
  • Max Casella sebagai Chief
  • Rhenzy Feliz sebagai Wesley
  • Ivan Leung sebagai Jimmy
  • Briana Middleton sebagai Sidney

Rilis[sunting | sunting sumber]

Film ini ditayangkan perdana di Festival Film London pada 10 Oktober 2021.[3] Film ini dirilis secara terbatas pada 17 Desember 2021, sebelum streaming di Prime Video pada 7 Januari 2022.[4]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, 51% dari 186 ulasan kritikus adalah positif, dengan nilai rata-rata 5,6/10. Konsensus situs web tersebut berbunyi: "Pemeran berakting dengan baik dan diliputi dengan cahaya nostalgia yang hangat, tetapi tidak ada yang cukup untuk mengatasi noodling sentimental yang mengantuk dari The Tender Bar."[5] Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, memberi film ini skor 53 dari 100, berdasarkan 40 kritik, yang menunjukkan "ulasan campuran atau rata-rata".[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dara Taylor Scoring George Clooney's 'The Tender Bar'". Film Music Reporter. 4 October 2021. Diakses tanggal 7 October 2021. 
  2. ^ Menta, Anna (January 7, 2022). "'The Tender Bar' True Story: What to Know About J.R. Moehringer and the Real Bar He Wrote About". Decider. Diakses tanggal January 10, 2022. The Tender Bar script is based on the best-selling 2005 memoir of the same name by J. R. Moehringer, which tells the true story of Moehringer's childhood growing up in Long Island, New York in the 1970s and '80s. 
  3. ^ Linden, Sheri (10 October 2021). "Ben Affleck and Tye Sheridan in George Clooney's 'The Tender Bar': Film Review | BFI London 2021". The Hollywood Reporter. 
  4. ^ Davis, Edward (September 22, 2021). "First Look: George Clooney's 'The Tender Bar' With Ben Affleck Hits Theaters In December Before Prime Video 2 Weeks Later". The Playlist. Diakses tanggal September 22, 2021. 
  5. ^ "The Tender Bar". Rotten Tomatoes. Fandango Media. Diakses tanggal 17 Juni 2023. 
  6. ^ "The Tender Bar". Metacritic. Fandom, Inc. Diakses tanggal 17 Juni 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]