The Conjuring 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Conjuring 2
Conjuring 2.jpg
Poster rilis teater
Sutradara
Produser
Penulis
Penulis skenario
Penulis cerita
  • Chad Hayes
  • Carey W. Hayes
  • James Wan
Pemeran
Penata musikJoseph Bishara
SinematograferDon Burgess
PenyuntingKirk Morri
Perusahaan
produksi
DistributorWarner Bros. Pictures
Tanggal rilis
Durasi134 menit[1]
Negara
Bahasa
Anggaran$40 million[2]
Pendapatan
kotor
$321.3 million[3]

The Conjuring 2 (dikenal di Inggris dan Irlandia sebagai The Conjuring 2: The Enfield Case[4][5]) adalah sebuah film horor supranatural Amerika Serikat tahun 2016 yang disutradarai oleh James Wan dengan penulisan skenario oleh Chad Hayes, Carey W. Hayes, Wan, dan David Leslie Johnson. Ini adalah sekuel The Conjuring 2013, angsuran kedua dalam seri The Conjuring, dan angsuran ketiga dalam franchise Conjuring Universe. Patrick Wilson dan Vera Farmiga mengulangi peran mereka sebagai penyelidik paranormal dan penulis Ed dan Lorraine Warren dari film pertama. Film ini mengikuti Warrens saat mereka melakukan perjalanan ke Inggris untuk membantu keluarga Hodgson, yang mengalami aktivitas poltergeist di rumah dewan Enfield mereka pada tahun 1977 yang kemudian disebut sebagai poltergeist Enfield.

Pada Juli 2013, sebelum rilis film pertama, dilaporkan bahwa New Line Cinema telah mengembangkan sekuel dengan Farmiga dan Wilson menandatangani untuk mengulangi peran mereka. Pada Oktober 2014, diumumkan bahwa Wan akan kembali menyutradarai sekuelnya dan akan memberikan kontribusi pertamanya sebagai penulis dalam waralaba tersebut. Fotografi utama dimulai pada September 2015 di Los Angeles dan berakhir pada Desember 2015 di London.

The Conjuring 2 memiliki premier dunianya di TCL Chinese Theatre pada 7 Juni 2016, dan dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat pada 10 Juni 2016, oleh Warner Bros. Pictures dan New Line Cinema. Film ini menerima ulasan yang umumnya positif dari para kritikus dan meraup lebih dari $320 juta di seluruh dunia. Prekuel spin-off, The Nun, dirilis pada September 2018, dan sekuelnya, The Conjuring: The Devil Made Me Do It, dirilis pada Juni 2021.

Alur[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1976, penyelidik paranormal Ed dan Lorraine Warren menyelidiki pembunuhan Amityville di rumah Amityville, untuk menentukan apakah kehadiran setan benar-benar bertanggung jawab atas Ronald DeFeo Jr. membunuh seluruh keluarganya pada 13 November 1974, dan insiden menghantui yang melibatkan keluarga Lutz. Selama seance, Lorraine ditarik ke dalam visi di mana dia menghidupkan kembali pembunuhan dan bertemu dengan sosok biarawati iblis. Dia kemudian menyaksikan Ed ditusuk, membuatnya sangat ketakutan.

Pada tahun 1977, keluarga Hodgson mulai mengalami kejadian aneh di rumah mereka di London borough Enfield setelah Janet, anak tertua kedua dari empat bersaudara , bermain dengan papan ouija. Janet mulai berjalan dalam tidur dan bercakap-cakap dalam mimpinya dengan entitas dalam bentuk seorang pria tua marah yang duduk di kursi keluarga, bersikeras rumah itu miliknya. Akhirnya, saudara Hodgson dan ibu mereka Peggy menyaksikan peristiwa paranormal, membuat mereka takut untuk mencari perlindungan dengan tetangga mereka. Ketika media mencoba mewawancarai keluarga, Janet dirasuki oleh pria tua, Bill Wilkins, yang sebelumnya tinggal dan meninggal di rumah tersebut. Ketika Janet menunjukkan lebih banyak tanda-tanda kerasukan setan, cerita itu akhirnya mencapai Warrens, dan bantuan mereka diminta untuk membuktikan apakah kerasukan Janet adalah tipuan atau tidak. Lorraine, takut bahwa visinya tentang kematian Ed mungkin menjadi kenyataan, memperingatkan dia untuk tidak terlibat. Dia memiliki visi lain dari biarawati iblis di ruang kerja Ed. Setan itu menyebut namanya, yang digoreskan Lorraine ke dalam Alkitabnya dalam keadaan kesurupan.

Saat tinggal di kediaman Hodgson, Ed dan Lorraine berkonsultasi dengan penyelidik paranormal lainnya, termasuk Maurice Grosse dan Anita Gregory, tentang keabsahan kasus tersebut. Gregory menyajikan bukti video Janet merusak dapur dengan sengaja, sehingga mendiskreditkan hantu tersebut. Berdasarkan ini, Ed dan Lorraine memutuskan untuk pergi, percaya bahwa keluarga itu berbohong demi ketenaran. Namun, mereka menemukan bahwa roh Wilkins hanyalah pion yang dimanipulasi oleh iblis sejati, biarawati yang kuat, yang berusaha untuk menghancurkan kehendak Janet. Lorraine menyadari bahwa kemampuannya telah diblokir oleh biarawati, mencegahnya memahami kebenaran kepemilikan Janet.

Ed dan Lorraine cepat kembali ke kediaman Hodgson, hanya untuk menemukan Janet kerasukan dan sisa Hodgson terkunci di luar rumah. Ed menjelajah di dalam sendirian dan menemukan Janet di jendela, siap untuk bunuh diri. Dia berhasil menangkap Janet tepat waktu, tetapi hampir jatuh. Petir menyambar pohon di halaman, mengubahnya menjadi cabang yang menusuk Ed dalam penglihatan Lorraine. Lorraine menemukan Alkitabnya di mana dia menulis nama iblis – Valak. Dia memanggil iblis dengan namanya, berhasil mengutuknya kembali ke Neraka. Janet dibebaskan dari kepemilikannya, dan Lorraine menariknya dan Ed ke tempat yang aman.

Setelah kembali ke rumah, Ed menambahkan item ke koleksinya dan Lorraine – mainan "Manusia Bengkok" zoetrope mainan milik anak bungsu Peggy – meletakkannya di samping Kotak musik April dan Annabelle doll.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada Juli 2013, sebelum dirilisnya The Conjuring, Variety melaporkan bahwa New Line Cinema sudah dalam tahap awal pengembangan sekuel dengan Chad Hayes dan Carey W. Hayes yang menuliskan naskahnya, setelah pemutaran tes positif dan ulasan film pertama.[6] Penulis Final Destination 5, Eric Heisserer nantinya akan dibawa ke dokter naskah Hayes, dengan fokus terutama pada dialog.[7] Pada Januari 2015, David Leslie Johnson dipekerjakan untuk menulis ulang.[8] Film ini membahas kasus poltergeist Enfield, yang terjadi di London Borough of Enfield dari 1977 hingga 1979, dan melibatkan dugaan menghantui dua saudara perempuan, berusia 11 dan 13 tahun, di rumah dewan ibu mereka.[9] The Conjuring 2 juga menyentuh kasus Warren yang paling terkenal dan paling didokumentasikan, The Amityville Horror.[10]

Pra-produksi[sunting | sunting sumber]

Pada Juli 2013, dilaporkan bahwa Vera Farmiga dan Patrick Wilson telah menandatangani kontrak untuk mengulang peran mereka dari The Conjuring.[11] Ini dikonfirmasi pada Februari 2014.[11] Pada 21 Oktober 2014, diumumkan bahwa James Wan akan kembali untuk menyutradarai sekuelnya, dan produksi akan dimulai pada pertengahan 2015.[11] Berbicara tentang keputusannya untuk kembali ke sekuelnya, Wan menyatakan:

Saya telah bekerja sangat keras pada naskah, dan ide untuk melanjutkan kisah Ed dan Lorraine Warren sebenarnya sangat menarik. Jadi ide untuk kembali ke jenis pengasuhan bayi saya yang saya buat adalah bagian dari alasan mengapa saya akan kembali melakukan The Conjuring 2.[12]

Pada awal Juli 2015, aktor utama Farmiga dan Wilson mengunjungi Lorraine Warren di Pusat Penelitian Paranormal New England di Connecticut sebagai persiapan untuk peran mereka.[15] Pada tanggal 28 Juli 2015, Wan secara resmi memulai pra-produksi untuk film tersebut.[13] Pada bulan Agustus 2015, film tersebut diberikan kredit pajak sebesar $5,6 juta dari Komisi Film California karena membawa produksinya ke negara bagian.[14] In August 2015, the film was granted $5.6 million in tax credits from the California Film Commission for bringing the production to the state.[15]

Pada 13 September 2015, Don Burgess dikukuhkan sebagai sutradara fotografi film tersebut.[16] Pada September 2015, Frances O'Connor, Simon McBurney, pendatang baru Lauren Esposito, dan Madison Wolfe bergabung sebagai pemeran..[17][18][19][20] Franka Potente, Simon Delaney, Maria Doyle Kennedy, dan pendatang baru Patrick McAuley dan Benjamin Haigh juga dilaporkan telah dicasting pada akhir September 2015.[21] Pada November 2015, diumumkan bahwa Abhi Sinha telah bergabung dengan pemeran film tersebut.[22] Pada tanggal 1 Desember 2015, dipastikan bahwa Sterling Jerins akan mengulangi perannya sebagai putri Warrens, Judy.[23]

Syuting[sunting | sunting sumber]

Fotografi utama untuk The Conjuring 2 dimulai pada 21 September 2015, di Los Angeles, California.[24] Karena serangkaian peristiwa yang tidak dapat dijelaskan selama produksi film pertama, seorang imam dari Keuskupan Agung Santa Fe dibawa untuk memberkati set sekuel oleh produser film.[25][26] Produksi dipindahkan ke London pada 18 November 2015, dengan pengambilan gambar berlangsung di dalam dan sekitar The Warrington, sebuah pub di distrik perumahan Maida Vale. Pada tanggal 22 November, syuting berlangsung di stasiun Marylebone. Syuting berakhir pada 1 Desember 2015.[27][28] Produksi berlangsung selama 50 hari, dengan 40 hari syuting di panggung suara di Warner Bros. Studios, Burbank,[32] dan 10 hari di lokasi di London.[33] Fotografi tambahan dimulai pada Maret 2016 untuk menemukan kembali antagonis film tersebut, yang awalnya adalah "sosok iblis bersayap".[29] Wan merasa desainnya tidak cocok dan malah memilih untuk mengubah iblis menjadi seorang biarawati, dengan Bonnie Aarons berperan sebagai peran, untuk membuat film lebih membumi.[30]

Musik[sunting | sunting sumber]

Musical score asli untuk The Conjuring 2 ditulis oleh Joseph Bishara dan dirilis pada 3 Juni 2016, oleh WaterTower Music.[31][32] Bishara, kolaborator berulang sutradara James Wan, menggubah musik setelah sebelumnya menulis musik untuk The Conjuring dan Insidious film series.[33] Aktor utama Patrick Wilson tampil Elvis Presley "Can't Help Falling in Love" pada gitar dalam film, sedangkan lagu-lagu seperti "The Clash milik London Calling", Bee Gees' "I Started a Joke" dan lagu anak-anak tradisional "This Old Man" dan "There Was a Crooked Man" juga ditampilkan. Tema keluarga komposer Mark Isham dari film pertama, "Photograph" dan "Happy Family", juga digunakan dalam The Conjuring 2.[34]

Pembagian[sunting | sunting sumber]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Desember 2015, Entertainment Weekly merilis gambar pertama dari film tersebut, memperkenalkan karakter yang diperankan oleh Madison Wolfe.[35] Pada tanggal 6 Januari 2016, James Wan memposting klip teaser ke akun media sosialnya yang mengungkapkan bahwa trailer resmi pertama akan debut pada hari berikutnya.[36] Juga pada 6 Januari, Yahoo! Movies secara eksklusif merilis dua gambar diam dari film tersebut, yang menampilkan Vera Farmiga dan Patrick Wilson.[26] Pada tanggal 26 Maret 2016, Wan menayangkan trailer full-length di WonderCon .[37] Dalam minggu-minggu menjelang pemutaran perdana film, tempat TV mulai ditayangkan.[38] Ini diikuti oleh sebuah featurette berjudul Strange Happenings in Enfield, di mana saudara perempuan Hodgson dan Lorraine Warren mendiskusikan pengalaman mereka dengan kasus tersebut.[39] Dua minggu sebelum pemutaran perdana The Conjuring 2's, penggemar diberi kesempatan untuk mengikuti tur realitas virtual 360 derajat dari latar rumah Enfield film tersebut.[40] Setelah itu, fitur lain dirilis, berjudul ' 'Audio Recordings, yang menampilkan rekaman dugaan setan yang mengilhami film tersebut.[41]

Rilis teater[sunting | sunting sumber]

The Conjuring 2 awalnya dijadwalkan akan dirilis pada 23 Oktober 2015,[42] tetapi pada Oktober 2014, Warner Bros. menarik film tersebut dari jadwal dan menetapkan film tersebut untuk tanggal rilis 2016 yang tidak ditentukan.[43]</nowiki> Pada November 2014, tanggal rilis dimundurkan dari tanggal rilis aslinya 23 Oktober 2015, menjadi 10 Juni 2016.[44] The Conjuring 2 melakukan pemutaran perdana dunia karpet merah di TCL Chinese Theatre pada tanggal 7 Juni 2016, sebagai bagian dari program Los Angeles Film Festival, tiga hari sebelum rilis secara luas.[45]

Pada 17 Juni 2016, seorang pria berusia 65 tahun meninggal karena serangan jantung saat menonton film di bioskop di Tiruvannamalai, India.[46]

Media rumah[sunting | sunting sumber]

The Conjuring 2 dirilis sebagai unduhan digital pada 30 Agustus 2016, dan di DVD dan Blu-ray pada 13 September 2016.[47] Fitur bonus termasuk cuplikan di balik layar, featurette, dan adegan yang dihapus.[48]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film laris[sunting | sunting sumber]

The Conjuring 2 meraup $102,5 juta di Amerika Serikat dan Kanada dan $217,9 juta di wilayah lain dengan total kotor seluruh dunia sebesar $320,4 juta.[3] Meskipun pendapatannya lebih sedikit di Amerika Utara daripada film pertama, film ini bernasib lebih baik secara internasional dan secara keseluruhan, menghasilkan 0,5% lebih banyak dari film pertama..[49][50] Film ini adalah film horor terlaris tahun ini dan film horor terlaris kedua secara keseluruhan sepanjang masa, setelah The Exorcist tahun 1973 ($441,3 juta).[51][52][53] Itu sebagian dikreditkan untuk keberhasilan sesama film horor Warner Bros Lights Out, yang dirilis sebulan kemudian.[54][55] Deadline Hollywood menghitung laba bersih film tersebut menjadi $98,3 juta, dengan memperhitungkan semua pengeluaran dan pendapatan untuk film tersebut, menjadikannya sebagai rilisan ke-14 yang paling menguntungkan di tahun 2016.[56]

Di Amerika Utara, film tersebut dibuka pada 10 Juni 2016, bersama Warcraft dan Now You See Me 2, dan diproyeksikan meraup $35–40  juta dari 3.343 bioskop di akhir pekan pembukaannya.[2][57] Film ini meraup $3,4 juta dari preview Kamis malamnya, mengalahkan $3,3  juta yang dibuat oleh pendahulunya, dan $16,4 juta di hari pertama.[58][59] Pada akhir pekan pembukaannya, film ini meraup $40,4  juta dari 3.434 bioskop (hampir menyamai pembukaan pendahulunya sebesar $41,9  juta),[60] menjadikannya film horor pembukaan terbesar sejak film aslinya pada tahun 2013, yang terbesar yang pernah ada untuk bulan itu. June (memecahkan rekor The Purge),[61] dan film horor terbesar kelima sepanjang masa, di belakang film pertama, Paranormal Activity 2 dan Paranormal Activity 3 (masing-masing $40,6  juta dan $52,5 juta), dan Friday the 13th ($40,6  juta).[56] Setelah finis pertama di akhir pekan pertama peluncurannya, film ini mengalami penurunan tajam sebesar 63,2% di akhir pekan kedua (menghasilkan $14,8  juta dari 3.356 bioskop); ini adalah penurunan yang jauh lebih besar daripada The Conjuring (46,9%) dan Annabelle (57,3%). Akibatnya, ia turun ke posisi ketiga di belakang pendatang baru Finding Dory dan Central Intelligence, film lain dari New Line Cinema.[62] Itu mulai kehilangan banyak bioskop pada akhir pekan ketiga sebagai akibat dari banyak film yang baru dirilis. Majalah Forbes mencatat bahwa The Conjuring 2 jatuh lebih cepat dari film sebelumnya, tetapi telah membuat lebih dari Insidious: Chapter 2, Annabelle, dan The Purge dan The Purge: Anarchy telah melakukannya pada saat itu dalam rilis mereka.[63] Tidak seperti pendahulunya, The Conjuring 2 terbukti lebih banyak dimuat, menghasilkan 2,5 kali lipat akhir pekan pembukaannya, dibandingkan dengan film aslinya yang menghasilkan 3,22 kali lipat dari angka debutnya.[64]

Di luar Amerika Utara, film ini telah dirilis di 60 negara.[65] Ini menjadi hit besar di Amerika Latin dan tampil sangat baik di negara-negara Katolik lainnya karena tema spiritualnya, sementara itu juga berhasil di Inggris, di mana film ini dibuat.[53] Ini dirilis di 44 negara pada akhir pekan yang sama dengan rilisnya di Amerika Serikat, dan meraup$51.5 juta pada akhir pekan pembukaannya dari 10.400 layar, memulai debutnya di tempat kedua di belakang Warcraft.[66][67] Itu menambahkan $ 43,1  juta lagi di akhir pekan kedua dari total 57 negara serta melewati ambang $ 100 juta. Namun, masih tetap di tempat kedua di box office internasional, di belakang pendatang baru Finding Dory..[68]

Ini mencatat hari pembukaan terbesar sepanjang masa untuk film horor di 24 pasar, termasuk Meksiko ($1.6 juta), Brasil ($735,000), Australia ($401,000), dan seluruh Amerika Latin.[69] Selain itu, dalam hal pembukaan akhir pekan, film tersebut mencetak pembukaan terbesar untuk film horor di 26 pasar, termasuk Meksiko ($9 juta), Brasil ($4.1 juta), dan Australia ($3 juta).[67] Di Argentina, film tersebut mencetak pembukaan terbesar kedua untuk Warner Bros dengan $2.85 juta, di belakang hanya Batman v Superman: Dawn of Justice.[70] Di Korea Selatan, film tersebut dibuka hingga $4 juta,[67] Prancis menjadi $3.7 juta,[65] Spayol menjadi $1.85 juta, Rusia to $1.75 juta,[68] and itali to $1.1 juta.[71] Film ini menghadapi persaingan ketat melawan Central Intelligence di Jerman, menghasilkan $2.1 jutapada akhir pekan pembukaannya, menempati urutan kedua di belakang film tersebut..[68] Di Britania Raya, film tersebut memperoleh akhir pekan pembukaan sebesar £4.6 juta ($6.8 juta dari 504 bioskop, lebih dari dua kali pembukaan pendahulunya ($3.3 juta).[72] Dalam hal pendapatan total, pasar terbesarnya di luar Amerika Utara berada di Meksiko ($20.3 juta), Inggris ($15.3 juta), Korea Selatan ($11.5 million) dan India ($11.5 juta).[55][71][73] Film tersebut telah menjadi film Warner Bros. terlaris di Chili dengan total pendapatan kotor sebesar $5.4 juta.[73]

Tanggapan kritis[sunting | sunting sumber]

Di Rotten Tomatoes, film ini mendapat rating persetujuan 80% berdasarkan 253 ulasan, dengan rating rata-rata 6,70/10. Konsensus kritis situs tersebut berbunyi, "The Conjuring 2 mau tidak mau kehilangan sedikit rasa dingin pendahulunya melalui keakraban, tetapi apa yang tersisa masih merupakan kisah hantu superior yang diceritakan dengan keterampilan menggelitik tulang belakang."[74] Di Metacritic, the Conjuring 2 film memiliki skor 65 dari 100, berdasarkan 38 kritik, menunjukkan "ulasan yang umumnya menguntungkan". Audiens yang disurvei oleh CinemaScore memberi film ini nilai rata-rata "A-" pada skala A+ hingga F, skor yang sama dengan yang diperoleh pendahulunya.[75]

Dalam ulasannya untuk The Hollywood Reporter, Sheri Linden memuji film tersebut, dengan mengatakan, "Tiga tahun setelah The Conjuring mengguncang multipleks dengan horor jadul, sutradara James Wan menaikkan taruhan dengan sekuel yang luar biasa."[76] Owen Gleiberman dari Variety memberikan film tersebut tinjauan yang beragam, menulis, "Pada satu tingkat, The Conjuring 2 hanyalah film funhouse megaplex yang tidak buruk, tidak lebih dan tidak kurang, tetapi pada tingkat lain ia menawarkan kepada penggemar potensialnya bantuan kepastian untuk mengikuti ketakutan. Jika ada hantu setan di luar sana, maka Tuhan juga pasti ada di luar sana. Penonton, sudah lama terbukti, akan membayar untuk melihat keduanya."[77] Alonso Duralde dari TheWrap memberikan ulasan positif untuk film tersebut, dengan menyatakan, "Menakutkan jarang menyerang dua kali di tempat yang sama, terlepas dari upaya begitu banyak sekuel horor, tetapi bahkan jika The Conjuring 2 tidak memberikan kejutan menyenangkan dari pendahulunya, ia mempertahankan dingin yang konsisten di seluruh, dengan ketakutan yang lambat dan mantap yang merayapi Anda dari waktu ke waktu."[78]

Dalam tinjauan yang beragam, Chris Nashawaty dari Entertainment Weekly memberi film ini nilai B-, dengan menulis, "Ada beberapa ketakutan yang kuat (Wan terlalu berbakat dalam seni gelap manipulasi gotcha untuk tidak membuat Anda melompat beberapa kali), tapi tidak ada apa-apa. setara dengan adegan petak umpet brilian film pertama dengan Lili Taylor."[79] Jacob Wilkins dari The Cavalier Daily memuji film tersebut, menyebut Wan seorang "master horor" dan mengatakan bahwa film itu "segar, orisinal dan meresahkan".[80] Pete Hammond dari Deadline.com menulis bahwa dia "sangat terkejut" dengan sekuel dan apa yang telah dicapai Wan dengan film tersebut, dengan menyatakan, "Wan tahu trik perdagangan ini (efek suara yang lebih tinggi, perabotan bergerak, sudut gelap) tetapi entah bagaimana secara ajaib dia benar-benar memberikan sentuhan baru pada semuanya di sini. Ini hal yang memukau, bahkan jika dalam lingkungan sinematik yang akrab." Dia menambahkan, "Ini adalah film yang luar biasa."[81]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Nominasi Hasil Ref.
2016 Golden Trailer Awards Horor terbaik New Line Cinema Nominasi [82][83]
Tempat TV Horor Terbaik New Line Cinema Menang
IGN Summer Movie Awards Film Horor Terbaik The Conjuring 2 Nominasi [84]
2017 ASCAP Film and Television Awards Film Box Office Teratas Joseph Bishara Nominasi
Empire Awards Horor terbaik New Line Cinema / RatPac Entertainment / Warner Bros. Nominasi [85]
Golden Tomato Awards Film Horor Terbaik 2016 The Conjuring 2 Tempat ke-5 [86]
iHorror Awards Sutradara Horor Terbaik James Wan Menang [87]
Remake/Sekuel Horror Terbaik The Conjuring 2 Menang
People's Choice Awards Film Thriller Favorit The Conjuring 2 Nominasi [88]
Phoenix Critics Circle Film Horor Terbaik The Conjuring 2 Nominasi [89]
Saturn Awards Film Horor Terbaik The Conjuring 2 Nominasi [90]

Masa depan[sunting | sunting sumber]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Wan telah menyatakan pada sekuel potensial lebih lanjut, "Mungkin ada lebih banyak film [Conjuring] karena Warrens memiliki begitu banyak cerita". Penulis skenario Chad dan Carey Hayes juga telah menyatakan minatnya untuk mengerjakan sebuah cerita untuk sekuel lainnya.[91] Namun, Wan menyatakan bahwa ia mungkin tidak dapat mengarahkan film tersebut karena komitmennya pada proyek lain.[92] Dia menyatakan kepada Collider, "Dengan asumsi kita cukup beruntung untuk memiliki bab ketiga, ada pembuat film lain yang ingin saya lanjutkan di dunia Conjuring, jika kita cukup beruntung".[93] Wan has also stated that, if a third film was to be made, it would ideally take place in the 1980s.[94] Wan kemudian menyatakan bahwa sekuelnya dapat mencakup lycanthropy, "Mungkin kita bisa pergi dan melakukannya seperti American Werewolf in London. Itu akan luar biasa! The Warrens berlatar belakang The Hound of Baskerville".[95] Pada Mei 2017, Safran mengatakan bahwa tidak mungkin film ketiga akan menjadi film "rumah berhantu". Pada bulan Juni 2017, diumumkan bahwa angsuran ketiga sedang dalam pengembangan, dengan rekan penulis The Conjuring 2, David Leslie Johnson, disewa untuk menulis skenario.[96] ] Pada Agustus 2017, Wan mengatakan kepada Entertainment Weekly bahwa para pembuat film telah "bekerja keras untuk The Conjuring 3", dan bahwa "kami sedang mengerjakan naskahnya, dan masih menyelesaikannya. Kami ingin memastikannya. bahwa naskahnya berada di tempat yang sangat bagus. Dengan banyaknya orang yang menyukai dua [film Conjuring] pertama, saya tidak ingin terburu-buru masuk ke yang ketiga jika memungkinkan".[97] Pada bulan September tahun berikutnya, produser Peter Safran menyatakan bahwa naskahnya hampir selesai dan produksi akan dimulai sekitar tahun 2019.[98] Pada Oktober 2018, Wan memilih Michael Chaves untuk menyutradarai film tersebut.[99]

Film spin-off[sunting | sunting sumber]

The Nun[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 15 Juni 2016, dilaporkan bahwa film spin-off berjudul The Nun, yang berfokus pada karakter "Demon Nun" Valak, sedang dikembangkan dengan tulisan Johnson naskah. Safran dan Wan sedang memproduksi.[100] Corin Hardy dulunya disewa untuk mengarahkan film, dengan skenario oleh Wan dan Gary Dauberman.[101] Dirilis pada 7 September 2018,[102] dengan Demián Bichir dan Taissa Farmiga berperan sebagai pemeran utama.[103][104] Bonnie Aarons akan mengulangi perannya dalam film,[105] dan Charlotte Hope, Jonas Bloquet, dan Ingrid Bisu akan menjadi lawan mainnya.[106][107][108] Pembuatan film dimulai pada Mei 2017 di Bucharest, Rumania.[109]

The Crooked Man[sunting | sunting sumber]

Pada 31 Mei 2017, Peter Safran mengatakan ada kemungkinan film Crooked Man.[110] Pada tanggal 14 Juni 2017, dilaporkan bahwa film spin-off berjudul "The Crooked Man", menampilkan karakter dengan nama yang sama dari "The Conjuring 2", sedang dalam pengembangan dengan Mike Van Waes menulis skenario dari sebuah cerita oleh James Wan, dengan Safran dan Wan ditetapkan untuk memproduksi proyek.[111]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "THE CONJURING 2 (15)". British Board of Film Classification. Diakses tanggal May 18, 2016. 
  2. ^ a b Lang, Brent (June 7, 2016). "Box Office: Conjuring 2 to Ward Off Warcraft, Now You See Me 2". Variety. 
  3. ^ a b "The Conjuring 2 (2016)". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 18, 2016. 
  4. ^ The Conjuring 2: The Enfield Case review – off-balance horror
  5. ^ The Conjuring 2: The Enfield Case Review
  6. ^ McNary, Dave (July 16, 2013). "Conjuring Sequel in Development at New Line (EXCLUSIVE)". Variety. 
  7. ^ Thurman, Trace (July 20, 2016). "Taking the Blame: An Interview With Screenwriter Eric Heisserer!". Bloody Disgusting. Diakses tanggal June 3, 2021. 
  8. ^ Snieder, Jeff (January 6, 2015). "James Wan's Conjuring 2 Brings on Wrath of the Titans Scribe for Rewrite (Exclusive)". TheWrap. Diakses tanggal June 3, 2021. 
  9. ^ Haynes, Britt (January 6, 2015). "The Conjuring 2 Getting a Rewrite From The Walking Dead and Orphan Scribe". ScreenCrush. Diakses tanggal January 23, 2015. 
  10. ^ Cook, Tommy (March 26, 2016). "The Conjuring 2: James Wan Reveals the Sequel's Amityville Connection at WonderCon". Collider. Diakses tanggal April 15, 2016. 
  11. ^ a b c "[Comic-Con '13] Vera Farmiga and Patrick Wilson Already Signed For The Conjuring Sequel! #SDCC". Bloody Disgusting. July 20, 2013. Diakses tanggal July 22, 2013. 
  12. ^ Chitwood, Adam (March 23, 2015). "FURIOUS 7 Director James Wan Talks THE CONJURING 2 and the Prospect of Helming a DC Superhero Movie". Collider. 
  13. ^ "Patrick Wilson teases the return of Ed & Lorraine Warren in The Conjuring 2!". Rhino's Horror. July 8, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-07-09. Diakses tanggal 2021-06-20. 
  14. ^ Squires, John (July 29, 2015). "James Wan Begins Pre-Production on The Conjuring 2: The Enfield Poltergeist". Dread Central. 
  15. ^ McNary, Dave (August 18, 2015). "California Film Tax Credits Go to Conjuring 2, Chicken Soup for the Soul". Variety. 
  16. ^ Caranicas, Peter (September 13, 2015). "Agencies Book Artisans on Code Black, Sea of Trees, Conjuring 2, Benghazi and other projects". Variety. 
  17. ^ Kit, Borys (September 15, 2015). "Frances O'Connor Joins The Conjuring 2 (Exclusive)". The Hollywood Reporter. 
  18. ^ Kroll, Justin (September 17, 2015). "Harry Potter Actor Simon McBurney Joins Conjuring 2 (EXCLUSIVE)". Variety. 
  19. ^ Lincoln, Ross A. (September 24, 2015). "The Conjuring 2 Summons Newcomer Lauren Esposito For Co-Starring Role". Deadline Hollywood. 
  20. ^ Kit, Borys (September 24, 2015). "True Detective Actress Nabs Lead in Conjuring 2 (Exclusive)". The Hollywood Reporter. 
  21. ^ "James Wan Begins Shooting New Line Cinema's Highly Anticipated "The Conjuring 2"". Business Wire. September 28, 2015. 
  22. ^ Verhoven, Beatrice (November 12, 2015). "The Social Network Star Abhi Sinha Cast in James Wan's Conjuring 2". TheWrap. Diakses tanggal November 13, 2015. 
  23. ^ Petski, Denise (December 1, 2015). "Sterling Jerins Joins HBO's Divorce; Kirby Howell-Baptiste In Downward Dog Pilot". Deadline Hollywood. Diakses tanggal December 9, 2015. 
  24. ^ Williams, Owen (September 22, 2015). "First Pictures From The Conjuring 2's Set". Empire. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-10-19. Diakses tanggal 2021-06-20. 
  25. ^ Lesnick, Silas (September 21, 2015). "The Conjuring 2 Filming Begins!". ComingSoon.net. Diakses tanggal September 22, 2015. 
  26. ^ a b Polowy, Kevin (January 6, 2016). look-the-conjuring-2-cast-on-why-they-180127914.html?soc_src=mail&soc_trk=ma "Tampilan Pertama: The Conjuring 2 Pemeran Mengapa Mereka Membutuhkan Exorcist di Set Kali Ini" Periksa nilai |url= (bantuan). Diakses tanggal January 6, 2016.  [pranala nonaktif permanen]
  27. ^ Northmore, Henry (June 3, 2015). "Casting call for James Wan's The Conjuring 2". The List. 
  28. ^ Wan, James [@creepypuppet] (December 1, 2015). "And that's a wrap on #conjuring2! Thank you so much to the amazing London crew! We shot thru rain, wind & snow!" (Tweet). Diakses tanggal December 1, 2015 – via Twitter. 
  29. ^ Kit, Borys (June 15, 2016). "Conjuring 2 Spinoff The Nun in the Works (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal June 3, 2021. 
  30. ^ Hamman, Cody (October 23, 2020). "The Conjuring 2: James Wan Reveals Demon That Was Replaced by The Nun". JoBlo. Diakses tanggal June 3, 2021. 
  31. ^ "The Conjuring 2 Soundtrack Details". Film Music Reporter. 26 Mei 2016. Diakses tanggal 5 Juni 2016. 
  32. ^ Barkan, Jonathan (3 Juni 2016). -score-now-available/ "Skor "The Conjuring 2" milik Joseph Bishara Sekarang Tersedia" Periksa nilai |url= (bantuan). Bloody Disgusting. Diakses tanggal 5 Juni 2016. 
  33. ^ "Joseph Bisho ara to Return untuk "The Conjuring 2"". Film Music Reporter. Januari 7, 2016. Diakses tanggal Juni 5, 2016. 
  34. ^ {{cite web |url=http:/ /www.what-song.com/Movies/Soundtrack/1973/The-Conjuring-2 |title=The Conjuring 2 (2016): Soundtrack dan Daftar Lagu Lengkap |website=WhatSong |access-date=Juni 11, 2016} }
  35. ^ first-look-movies/2422103_conjuring-2-june-10 "EW Tampilan Pertama: Sneak Peeks Eksklusif Film Terpanas 2016" Periksa nilai |url= (bantuan). Entertainment Weekly. 30 Desember 2015. Diakses tanggal 30 Desember , 2015. 
  36. ^ McNary, Dave (7 Januari 2016). [https:/ /variety.com/2016/film/news/first-trailer-conjuring-2-vera-farmiga-1201674552/ "Tonton: Trailer Pertama untuk Conjuring 2 Vera Farmiga Menjanjikan Banyak Ketakutan"] Periksa nilai |url= (bantuan). Variety. Diakses tanggal 8 Januari 2016. 
  37. ^ Schwartz, Terri (26 Maret 2016). "The Conjuring 2 Trailer Debut di WonderCon 2016". IGN. Diakses tanggal 26 Maret 2016. 
  38. ^ Cranswick, Amie (6 Mei 2016). -the-conjuring-2/ "Tempat TV baru untuk sekuel horor The Conjuring 2" Periksa nilai |url= (bantuan). FlickeringMyth.com. 
  39. ^ Romano, Nick (15 Mei , 2016). /15/penyihir g-2-enfield-family-introduced-new-video "Fitur Conjuring 2 memperkenalkan keluarga sebenarnya di balik kisah horor" Periksa nilai |url= (bantuan). Entertainment Weekly.  [pranala nonaktif permanen]
  40. ^ Fletcher, Rosie (May 24, 2016). "Ambil tur VR 360 derajat dari The Conjuring 2 house". Digital Spy. 
  41. ^ Truong, Peggy (26 Mei 2016). -movie-ghost-recordings-demon-voices/ "Dengarkan Rekaman Setan Yang Menginspirasi "The Conjuring 2" (dan Malam tmares Nanti)" Periksa nilai |url= (bantuan). Cosmopolitan. Diakses tanggal 29 Mei 2016. 
  42. ^ -with-the-conjuring-2-mean-moms-2-others/ "Warner Bros Penjadwalan Berlanjut Dengan The Conjuring 2, Mean Moms, 2 Lainnya" Periksa nilai |url= (bantuan). Batas waktu Hollywood . 25 Februari 2014. Diakses tanggal 26 Februari 2014. 
  43. ^ McNary, Dave (October 20, 2014). "The Conjuring Sekuel Didorong Kembali ke 2016". Variety. Diakses tanggal October 21, 2014. <nowiki>
  44. ^ McNary, Dave (11 November , 2014). - 2-release-date-1201353900/ "The Conjuring 2 Ditetapkan untuk 10 Juni 2016" Periksa nilai |url= (bantuan). Variety. Diakses tanggal November 12, 2014. 
  45. ^ /jonas-cuaron-desierto-la-film-festival-1201767379/ "'Desierto Jonas Cuaron Akan Menutup Festival Film LA" Periksa nilai |url= (bantuan). Berbagai. 5 Mei 2016. Diakses tanggal 5 Mei 2016. 
  46. ^ Stolworthy, Jacob (Juni 18, 2016). .html "The Conjuring 2: Seorang pria meninggal saat menonton film horor baru, tubuhnya hilang" Periksa nilai |url= (bantuan). The Independent. Diakses tanggal 18 Juni 2016. 
  47. ^ Miska, Brad (July 27, 2016). "The Conjuring 2 Blu- ray Menawarkan Fitur Ekstra Keren, Termasuk Adegan yang Dihapus!". Bloody Disgusting. Diakses tanggal July 28, 2016. 
  48. ^ Barton, Steve (27 Juli 2016). "The Conjuring 2 Comes Home in September". Dread Central. Diakses tanggal 28 Juli 2016. 
  49. ^ McClintock, Pamela (September 6, 2016). "Summer Box-Office Revenue Hits $4.48B Against the Odds: "It's Tough Out There"". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal September 7, 2016. 
  50. ^ Mendelson, Scott (September 7, 2016). "Summer Movie Box Office Wrap-Up: Smaller Hits, Bigger Bombs And Disappointment For All". Forbes. Diakses tanggal September 8, 2016. 
  51. ^ D'Alessandro, Anthony (July 20, 2016). "The Conjuring 2 Crosses $300M & Becomes Third-Highest-Grossing Horror Franchise". Deadline Hollywood. Diakses tanggal July 22, 2016. 
  52. ^ McNary, Dave (July 20, 2016). "Conjuring 2 Tops $300 Million at Worldwide Box Office". Variety. Diakses tanggal July 22, 2016. 
  53. ^ a b McClintock, Pamela (September 4, 2016). "Summer Box-Office Winners and Losers: From Finding Dory to Ben-Hur". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal September 4, 2016. 
  54. ^ Mendelson, Scott (July 26, 2016). "Box Office: How The Conjuring 2 Helped Make Lights Out A Horror Hit". Forbes. Diakses tanggal July 26, 2016. 
  55. ^ a b Busch, Anita (July 25, 2016). "Star Trek Beyond $30M Debut; Lights Out $8.5M; Jackie Chan's Skiptrace Nails $64M Bow – Int'l Box Office Final". Deadline Hollywood. Diakses tanggal July 26, 2016. 
  56. ^ Fleming Jr, Mike (March 24, 2017). "No. 14 The Conjuring 2 Box Office Profits – 2016 Most Valuable Movie Blockbuster Tournament". Deadline Hollywood. Diakses tanggal March 25, 2017. 
  57. ^ McNary, Dave (May 26, 2016). "$160 Million-Budgeted Warcraft Faces Tough Battle at Box Office". Variety. Diakses tanggal May 28, 2016. 
  58. ^ Ford, Rebecca (June 10, 2016). "Box Office: The Conjuring Scares Up $3.4 Million; Warcraft Marches to $3.1 Million Thursday". The Hollywood Reporter. 
  59. ^ McNary, Dave (June 11, 2016). "The Conjuring 2 Dominating Box Office with $39 Million". Variety. 
  60. ^ Mendelson, Scott (June 12, 2016). "Weekend Box Office: Conjuring 2 Conjures Scary-Good $40 Million Debut". Forbes. 
  61. ^ D'Alessandro, Anthony (June 12, 2016). "Conjuring 2 Scares Off Sequelitis With $40.4M; Largest Horror Opening Since First Film – Sunday AM B.O. Update". Deadline Hollywood. 
  62. ^ Brevet, Brad (June 19, 2016). "Finding Dory Drowns Animated Box Office Records With $136 Million Opening". Box Office Mojo. Diakses tanggal June 22, 2016. 
  63. ^ Mendelson, Scott (June 26, 2016). "Box Office: Warcraft Crosses $400M Global, Finding Dory Tops Weekend". Forbes. Diakses tanggal June 26, 2016. 
  64. ^ Mendelson, Scott (September 12, 2016). "Box Office: Don't Breathe Cements 2016 As The Year Of The Leggy Horror Movie". Forbes. Diakses tanggal September 12, 2016. 
  65. ^ a b Tartaglione, Nancy (July 5, 2016). "Tarzan Takes $19.3M In First Offshore Swing; Resurgence Rises To $175.8M; China Shells Out For TMNT2 Intl B.O. Final". Deadline Hollywood. Diakses tanggal July 6, 2016. 
  66. ^ McClintock, Pamela (June 12, 2016). "Box Office: Conjuring 2 Soars to $40.4M; Warcraft Bombs in U.S. With $24.4M". The Hollywood Reporter. 
  67. ^ a b c Tartaglione, Nancy (June 12, 2016). "Warcraft At $300M+ WW Through Monday With $156M China Weekend; Conjuring 2 Scares Up $51.5M – Int'l Box Office Final". Deadline Hollywood. Diakses tanggal June 13, 2016. 
  68. ^ a b c Tartaglione, Nancy (June 19, 2016). "Finding Dory Splashes Out With $50.7M Offshore Opening; Warcraft Crosses $200M In China – Intl Box Office Final". Deadline Hollywood. Diakses tanggal June 23, 2016. 
  69. ^ Tartaglione, Nancy (June 11, 2016). "Warcraft At $144.7M In China Through Saturday; Offshore Headed Past $250M; Conjuring 2 Scares Up Strong Start". Deadline Hollywood. 
  70. ^ Tartaglione, Nancy (June 12, 2016). "Warcraft Cumes $261.7M Overseas With $156M China Weekend; Conjuring 2 Scares Up $50M – Intl Box Office Update". Deadline Hollywood. 
  71. ^ a b Tartaglione, Nancy (June 27, 2016). "Independence Day Resurgence Lands With $100M Overseas Start; Dory Nears $400M WW – Intl Box Office Final". Deadline Hollywood. Diakses tanggal June 28, 2016. 
  72. ^ Gant, Charles (June 21, 2016). "The Conjuring 2 puts the frighteners on gods and turtles at the UK box office". The Guardian. Diakses tanggal June 22, 2016. 
  73. ^ a b Tartaglione, Nancy (July 10, 2016). "Ice Age Leads Studio Pics Overseas As Chinese Summer & Salman Khan's Sultan Kick Into Gear – Intl Box Office". Deadline Hollywood. Diakses tanggal July 11, 2016. 
  74. ^ "The Conjuring 2 (2016)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal June 3, 2021. 
  75. ^ D'Alessandro, Anthony (June 10, 2016). "Conjuring 2 Screams Up $37M+, Warcraft Spoils At $26M+, Now You See Me 2 At $22M+". Deadline Hollywood. 
  76. ^ Linden, Sheri (June 2, 2016). "The Conjuring 2: Film Review". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal June 7, 2016. 
  77. ^ Gleiberman, Owen (June 2, 2016). "Film Review: The Conjuring 2". Variety. Diakses tanggal June 7, 2016. 
  78. ^ Duralde, Alonso (June 2, 2016). "The Conjuring 2 Review: Vera Farmiga and Patrick Wilson Scare Up a Chilly British Haunting". TheWrap. Diakses tanggal June 7, 2016. 
  79. ^ Nashawaty, Chris (June 2, 2016). "The Conjuring 2: EW review". Entertainment Weekly. Diakses tanggal June 7, 2016. 
  80. ^ Wilkins, Jacob (June 15, 2016). "The Conjuring 2" provides twice the scares". The Cavalier Daily. Diakses tanggal June 18, 2016. 
  81. ^ Hammond, Pete (June 6, 2016). "The Conjuring 2 Review: Sequel Has Genuine Scares, But Why Doesn't This Family Just Move?". Deadline Hollywood. Diakses tanggal June 8, 2016. 
  82. ^ "Best Horror TV Spot (GTA17/2016) | Nominees Categories | Golden Trailer Awards". gtahistoric.com. Diakses tanggal 2019-08-21. 
  83. ^ "Universal, Fox Top Golden Trailer Awards Nominees". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-08-21. 
  84. ^ Best Horror Movie - Best of 2016 Awards Wiki Guide - IGN (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-08-21 
  85. ^ Pape, Danny (February 7, 2017). "Star Wars: Rogue One Leads Empire Awards 2017 Nominations". FlickReel.com. Diakses tanggal March 3, 2017. 
  86. ^ "Golden Tomato Awards – Best of 2016". Rotten Tomatoes. January 12, 2017. 
  87. ^ Winners 2017 iHorror Awards (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-08-21 
  88. ^ Hipes, Patrick (November 15, 2016). "People's Choice Awards Nominees Set". Deadline Hollywood. 
  89. ^ "2016 Award Winners". Phoenix Critics Circle (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-08-21. 
  90. ^ McNary, Dave (March 2, 2017). "Saturn Awards Nominations 2017: Rogue One, Walking Dead Lead". Variety. Diakses tanggal March 3, 2017. 
  91. ^ McNary, Dave (June 8, 2016). "Conjuring 2 Director James Wan: 'There Could Be Many More Movies'". Variety. Diakses tanggal June 9, 2016. 
  92. ^ Collis, Clark (June 8, 2016). "James Wan may not have the time to direct The Conjuring 3". Entertainment Weekly. Diakses tanggal June 9, 2016. 
  93. ^ Weintraub, Steve (June 11, 2016). "James Wan on The Conjuring 2, Superheroes, and His Guilty Pleasure Movies". Collider. Diakses tanggal June 13, 2016. 
  94. ^ Tilly, Chris (June 15, 2016). "James Wan Already Has an Idea For The Conjuring 3". IGN. Diakses tanggal June 16, 2016. 
  95. ^ Eisenberg, Eric (June 2016). "Could The Conjuring 3 Be About Werewolves? Here's What James Wan Thinks". Cinema Blend. 
  96. ^ Busch, Anita (June 26, 2017). "The Conjuring 3 Is Summoned By New Line; David Leslie Johnson Hired To Script". Deadline Hollywood. Diakses tanggal June 26, 2017. 
  97. ^ Collins, Clark (August 7, 2017). "James Wan gives update on The Conjuring 3". Entertainment Weekly. Diakses tanggal August 8, 2017. 
  98. ^ Eisenberg, Eric (10 September 2018). "Conjuring 3 Is Moving Forward, Has A Script". Cinema Blend. Diakses tanggal 12 September 2018. 
  99. ^ Kit, Borys (October 3, 2018). "The Conjuring 3 Finds Director With Curse of La Llorona Filmmaker (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal October 3, 2018. 
  100. ^ Kit, Borys (Juni 15, 2016). "Conjuring 2 Spinoff The Nun in the Works (Eksklusif)". The Hollywood Reporter. 
  101. ^ Fleming Jr, Mike (2 Februari 2017). -new-line-the-crow-1201901377/ "Corin Hardy Bersumpah Untuk Menjadi Helm The Nun, Spinoff Conjuring New Line" Periksa nilai |url= (bantuan). Deadline Hollywood. Diakses tanggal 2 Februari 2017. 
  102. ^ McNary, Dave (13 Juni , 2018). com/2018/film/news/the-nun-first-trailer-the-conjuring-watch-1202845104/ "Trailer Pertama untuk The Nun Menjanjikan Ketakutan yang Tidak Suci – Ragam" Periksa nilai |url= (bantuan). Variety. Diakses tanggal 14 Juni 2018. 
  103. ^ McNary, Dave (April 5, 2017). /news/demian-bechir-conjuring-2-spinoff-the-nun-1202023533/ "Demian Bichir Akan Membintangi Spinoff Conjuring 2 The Nun" Periksa nilai |url= (bantuan). Variety. Diakses tanggal April 5, 2017. 
  104. ^ Fleming Jr, Mike (April 24, 2017). /2017/04/the-nun-taissa-farmiga-vera-farmiga-new-line-the-conjuring-spinoff-1202076195/ "Taissa Farmiga Ditetapkan Untuk "The Nun" Baris Baru; Spin-off dari Sister Vera's The Conjuring" Periksa nilai |url= (bantuan). Deadline Hollywood. Diakses tanggal April 24, 2017. 
  105. ^ McNary, Dave (26 April 2017). 1202400316/ "Bonnie Aarons Kembali sebagai Suster Iblis di The Nun" Periksa nilai |url= (bantuan). Variety. 
  106. ^ Kit, Borys (Mei 1, 2017). "Game of Thrones Aktor Charlotte Hope Bergabung dengan Line Baru ' 'The Nun (Eksklusif)". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal Mei 7, 2017. 
  107. ^ N'Duka, Amanda (28 April 2017). Deadline Hollywood https://deadline.com/2017/04/jonas-bloque-the-nun-new-line-1202079436/. Diakses tanggal 3 Mei 2017.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  108. ^ McNary, Dave (3 Mei 2017). "' Bintang 'Toni Erdmann Ingrid Bisu Bergabung dengan Horror-Thriller The Nun". Variety. Diakses tanggal 3 Mei 2017. 
  109. ^ Cureton, Sean (Mei 1, 2017). -filming/ "The Conjuring: Nun Spinoff Mulai Syuting Minggu Ini" Periksa nilai |url= (bantuan). Screen Rant. [pranala nonaktif permanen]
  110. ^ Squires, John (31 Mei 2017). -potential-crooked-man-spinoff/ "Conjuring 2 Produser Universe Berbicara Spinoff Potensi Manusia Bengkok" Periksa nilai |url= (bantuan). Bloody Disgusting. 
  111. ^ Ford, Rebecca (14 Juni 2017). -crooked-man-works-1012702 "Conjuring 2 Spinoff The Crooked Man dalam Karya (Eksklusif)" Periksa nilai |url= (bantuan). The Hollywood Reporter. [pranala nonaktif permanen]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]