The Nun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Nun
TheNunPoster.jpg
Poster
SutradaraCorin Hardy
Produser
SkenarioGary Dauberman
Cerita
  • James Wan
  • Gary Dauberman
Pemeran
MusikAbel Korzeniowski
SinematografiMaxime Alexandre
Penyunting
  • Michel Aller
  • Ken Blackwell
Perusahaan
produksi
DistributorWarner Bros. Pictures
Tanggal rilis
  • 4 September 2018 (2018-9-4) (TCL Chinese Theatre)
  • 5 September 2018 (2018-9-5) (Indonesia)
  • 7 September 2018 (2018-9-7) (Amerika Serikat)
Durasi
96 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$22 juta[1]
Pendapatan kotor$309,2 juta[1]

The Nun adalah sebuah film horor supernatural gotik Amerika yang disutradarai oleh Corin Hardy[2] dan ditulis oleh Gary Dauberman, dari sebuah cerita oleh Dauberman and James Wan.[3] Sempalan dari The Conjuring 2 tahun 2016, dan seri kelima dalam The Conjuring Universe, film ini dibintangi oleh Demián Bichir, Taissa Farmiga, dan Jonas Bloquet. Alur cerita mengisahkan seorang pastor dan novisiat Katolik ketika mereka menemukan rahasia yang tidak suci di Rumania tahun 1952.

The Nun dirilis di Indonesia pada 5 September 2018 dan Amerika Serikat pada 7 September 2018, oleh Warner Bros. Pictures. Film ini telah meraup $309,2 juta di seluruh dunia dan menerima tinjauan beragam dari para kritikus, dengan pujian untuk performansi dan atmosfernya namun kritik atas narasinya dan ketergantungan pada ketakutan mendadak.

Alur[sunting | sunting sumber]

Rumania tahun 1952, 2 biarawati yang hidup di Cârța Monastery diserang sebuah kekuatan tak terlihat ketika mereka memasuki sebuah terowongan untuk mengambil kembali sebuah pusaka peninggalan kekristenan. Biarawati yang selamat, Suster Victoria lari dari setan yang berwujud biarawati, dan menggantung dirinya sendiri. Tubuhnya ditemukan oleh Frenchie, seorang warga desa yang mengangkut persediaan untuk para biarawati.

Vatikan mempelajari peristiwa tersebut dan memanggil Pastor Burke ke Roma, di mana mereka memintanya untuk melakukan perjalanan ke Rumania bersama suster Irene, salah seorang suster di novisiat untuk menginvestigasi situasinya. Ketika suster Irene sedang mengajar anak - anak mengenai hubungan antara agama dan ilmu pengetahun di sekolah, biarawati seniornya menyelanya dan mengatakan bahwa Pastor Burke telah tiba untuk memintanya menemani perjalanannya ke Rumania.

Mereka pun bertolak ke rumania, dan menemui Frenchie, yang akan menuntun mereka ke sebuah Biara. Mereka menemukan tubuh Suster Victoria dan menyingkirkan sebuah kunci dari mayatnya. Di dalam Biara, mereka menemui seorang Abdis, yang memberitahu mereka bahwa para suster sedang menjalani momen keheningan selama semalam dan menawarkan mereka penginapan dekat Biara jika ingin kembali hari esok harinya. Malamnya, Frenchie diserang oleh setan ketika akan kembali ke desa, namun berhasil selamat. Pastor Burke memberitahu Suster Irene bahwa, Daniel, seorang bocah yang ia selamatkan dari setan, terluka parah selama pengusiran setan itu, dan dia meresa sedih sejak kematian anak itu. Suster Irene menyadari bahwa ketika kecil, dia pernah menerima penglihatan - penglihatan seorang biarawati, membuat Gereja tertarik padanya. Pastor Burke diselematkan oleh Suster Irene setelah dikubur hidup - hidup di pemakaman oleh entitas jahat itu.

Esok harinya, Pastor Burke dan Suster Irene kembali ke Biara, namun hanya SUster Irene yang dapat masuk, dikarenakan Tarekat religius tertutup. Dia bertemu beberpa biarawati lain, dan mempelajari bahwa mereka terus berdoa, bertukar posisi, untuk menjaga agar entitas itu tetap tidak tersentuh. Suster Oana mengungkapkan sejarah Biara itu : Biara it awalnya dibuat sebagai kastil oleh seorang bangsawan yang terobsesi dengan ilmu gaib. sang bangsawan itu memanggil entitas jahat tersebut melalui celah katakombe, namun dibunuh oleh seorang Ksatria Kristen, yang mentup celah tersebut dengan sebah artefak yang berisi Darah Yesus Kristus. Pengeboman selama perang dunia kedua membuat celah kembali terbuka, membebaskan entitas tersebut. Pastor Burke mengidentifikasi entitas tersbut sebagai Valak dari sebuah buku. Dia menemukan bahwa sang Abdis telah lama meninggal.

Frenchie kembali ke Biara untuk membantu Suster Irene dan Pastor Burke. Suster Irene diserang oleh Valak, dan bergabung dengan biarawati lain dalam doa penuh putus asa untk menangkis setan itu. Ketika grup bergabung kembali, dia menyadari bahwa tidak seorang pun biarawati yang dia lihat dan ajak bicara adalah nyata dan selama ini dia berdoa sendiri. Sster Irene menyadari bahwa SUster Victoria menjadi biara terakhir di Biara itu dan telah mengorbankan dirinya untuk menghentikan setan merasuki dirinya dan melepaskan kejahatan.

Berteori bahwa Valak hanya bisa dihentikan jika mereka menutup celah dengan darah Kristus yang terkandung dalam sebuah relik, mereka bertiga mengambil botol dengan kunci yang dimiliki Suster Victoria. Suster Irene kemudian memberi tahu Pastor Burke bahwa Tuhan telah memanggilnya untuk menjadikan sumpahnya sebagai seorang biarawati dan meminta Pastor Burke untuk mengangkatnya ke status seorang biarawati yang diakui, yang dia lakukan di kapel biara.

Setelah mereka bertiga membuka pintu terowongan, Suster Irene ditandai dengan pentagram dan dirasuki oleh Valak. Frenchie mengoleskan sebagian Darah Kristus ke wajahnya untuk mengusir setan. Pastor Burke dilukai oleh hantu Daniel ketika Valak mulai menenggelamkan Irene di ruang yang banjir. Suster Irene menyipratkan Darah Kristus di wajah iblis, dan menutup celah itu. Setelah Frenchie menyadarkan Suster Irene, ia mengungkapkan nama aslinya adalah Maurice. Tanpa diketahui yang lain, sebagian tubuh Marice telah dimiliki oleh Valak, sebagaimana dibuktikan oleh salib terbalik di lehernya.

Dua puluh tahun kemudian di sebuah seminar universitas, Carolyn Perron melihat Ed dan Lorraine Warren menyajikan cuplikan dari upaya mereka untuk mengusir Maurice yang dirasuki. Maurice meraih Lorraine, memberikan penglihatan tentang Ed sekarat, yang memulai penyelidikan Warrens tentang rumah tangga Perron yang menghantui, serta pertemuan mereka dengan Valak sendiri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "The Nun (2018)". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal September 9, 2018. 
  2. ^ Collis, Clark (August 7, 2017). "James Wan gives update on The Conjuring 3". Entertainment Weekly. Diakses tanggal August 9, 2017. 
  3. ^ Fleming Jr, Mike (February 2, 2017). "Corin Hardy Takes Vow To Helm 'The Nun,' New Line's 'Conjuring' Spinoff". Deadline Hollywood. Diakses tanggal May 3, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]