Teori satu peluru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
CE 399, peluru yang dijelaskan oleh teori ini

Teori satu peluru, juga disebut teori peluru ajaib,[1] dikemukakan oleh Komisi Warren dalam penyelidikannya atas pembunuhan Presiden AS, John F. Kennedy, untuk menjelaskan apa yang terjadi dengan peluru yang mengenai Kennedy di punggung dan tembus ke tenggorokannya. Mengingat tidak adanya kerusakan yang ditemukan pada limosin kepresidenan akibat dihantam peluru berkecepatan tinggi, dan fakta bahwa Gubernur Texas John Connally hanya mengalami luka padahal ia duduk di kursi sejauh 0,5 meter di depan dan di kiri presiden, Komisi menyimpulkan bahwa mereka berdua kemungkinan besar ditembak oleh peluru yang sama.

Teori ini dicetuskan oleh staf Komisi Warren, Arlen Spectre (yang kemudian menjadi Senator Amerika Serikat dari Pennsylvania). Teori ini menyatakan bahwa satu peluru, yang dikenal sebagai "Warren Commission Exhibit 399" atau "CE 399", telah melukai gubernur Connally dan menimbulkan luka tidak fatal pada presiden, yang kesemuanya berjumlah tujuh luka.[2]

Teori ini menjelaskan bahwa peluru inti timah berbalut tembaga sepanjang tiga sentimeter (1,2") dari senapan 6.5×52mm Mannlicher–Carcano yang ditembakkan dari lantai enam gedung Texas School Book Depository tembus ke leher Presiden Kennedy dan mengenai dada Gubernur Connally, menembus pergelangan tangan kanannya, dan menancap di paha kiri Connally. Peluru tersebut menembus punggung, 15 lapis pakaian, tujuh lapis kulit, dan sekitar 15 inci (38 cm) jaringan otot, dan menghancurkan 4 inci (10 cm) tulang rusuk Connally, kemudian meremukkan tulang jari-jarinya. Peluru tersebut ditemukan di brankar di koridor Rumah Sakit Parkland Memorial setelah pembunuhan Kennedy. Komisi Warren menemukan bahwa brankar inilah yang mengangkut Gubernur Connally.[3]

Dalam kesimpulan akhirnya, Komisi Warren menemukan "bukti persuasif dari para ahli" bahwa satu peluru menyebabkan luka di tenggorokan Presiden Kennedy, dan semua luka yang didapat oleh Gubernur Connally.[4] Komisi mengakui bahwa ada "perbedaan pendapat" di kalangan anggota Komisi mengenai keabsahan teori ini, tetapi menyatakan bahwa kesimpulan teori tersebut tidaklah penting karena sebagian besar anggota meyakini bahwa seluruh tembakan dilepaskan dari jendela lantai enam gedung Depository.

Kebanyakan kritikus meyakini bahwa teori satu peluru melandasi temuan Komisi Warren bahwa Lee Harvey Oswald bertindak sendirian.[5] Permasalahannya adalah waktunya: jika seperti yang dikemukakan oleh Komisi Warren, Presiden Kennedy ditembak pada rentang bingkai 210 dan 225 sesuai dengan film Zapruder, dan Gubernur Connally ditembak di punggung/dada setidaknya pada bingkai 240. Tidak akan ada cukup waktu antara kedua kejadian tersebut bagi Oswald untuk melepaskan dua tembakan dari senapan miliknya. Penembak jitu FBI, yang menguji coba senapan tersebut untuk Komisi Warren, menyimpulkan bahwa "waktu minimum untuk melepaskan dua tembakan agar tepat sasaran berturut-turut adalah sekitar 2 seperempat detik", atau 41 sampai 42 pada bingkai Zapruder.[6][7]

United States House Select Committee on Assassinations menerbitkan laporan akhir pada tahun 1979 yang menyatakan bahwa "kesimpulan panel patologi forensik selaras dengan teori satu peluru yang dikemukakan oleh Komisi Warren".[8]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Marc Lallanilla (2013-11-20). "What Is the Single-Bullet Theory?". livescience.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-08-02. 
  2. ^ "Conspiracy: Cases For and Against". Frontline. PBS; pbs.org. Diakses tanggal September 3, 2012. 
  3. ^ "Chapter 3". Warren Commission Report. National Archives. August 15, 2016. hlm. 79–81. Diakses tanggal August 2, 2018. 
  4. ^ "Chapter 1: Summary and Conclusions". Report of the President's Commission on the Assassination of President John F. Kennedy. Washington, D.C.: United States Government Printing Office. 1964. hlm. 19. 
  5. ^ Bugliosi, p. 456.
  6. ^ Testimony of L. Shaneyfelt, 5 H 153-154
  7. ^ Warren Commission Report, pp. 97, 106.
  8. ^ "I.A.". Report of the Select Committee on Assassinations of the U.S. House of Representatives. Washington, D.C.: United States Government Printing Office. 1979. hlm. 44. 

(114) Paul Landis, The Final Witness.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]