Pria payung (pembunuhan JFK)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pria payung
Pasca pembunuhan, dua pria terlihat duduk bersama di trotoar di sisi kanan foto. "Pria payung" adalah orang yang berjaket gelap, paling kanan.
LahirLouie Steven Witt
20 Oktober 1924
Rockwall, Texas, AS
Meninggal17 November 2014
(umur 90)
Dallas, Texas, AS
PekerjaanPerusahaan Asuransi Jiwa Nasional Rio Grande
Dikenal atasSaksi pembunuhan John F. Kennedy

"Pria Payung", yang kemudian diidentifikasi sebagai Louie Steven Witt, adalah sosok yang muncul di beberapa film dan foto pembunuhan Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy. Dia adalah salah satu orang yang dekat posisinya dengan presiden ketika dia pertama kali terkena peluru, di dekat tanda Stemmons Freeway di Dealey Plaza. Tingkah laku sosok tersebut menimbulkan kecurigaan di kalangan penyelidik karena ia memakai payung saat Kennedy melewatinya, meski langit cerah.

Louie Steven Witt datang ke Komite Pembunuhan DPR Amerika Serikat pada tahun 1978, mengidentifikasi dirinya sebagai "pria payung" dalam rekaman tersebut. Witt mengatakan dia membawa payung hari itu untuk mencela Kennedy, sebagai referensi tidak langsung atas dukungan Joseph P. Kennedy Sr. terhadap Neville Chamberlain.

Spekulasi[sunting | sunting sumber]

Seseorang yang populer dijuluki "pria payung" telah menjadi objek banyak spekulasi, karena dialah satu-satunya orang yang terlihat membawa dan membuka payung di hari yang cerah itu. Dia juga salah satu orang yang paling dekat dengan Presiden John F. Kennedy ketika Kennedy pertama kali terkena peluru. Saat limusin Kennedy mendekat, pria tersebut membuka dan mengangkat payung tinggi-tinggi di atas kepalanya, lalu memutar atau menggeser payung tersebut dari timur ke barat (searah jarum jam) saat presiden melewatinya. Setelah pembunuhan tersebut, "pria payung" itu duduk di trotoar di samping pria lain sebelum bangkit dan berjalan menuju Texas School Book Depository. Fakta bahwa kedua pria tersebut duduk di sana dengan tenang setelah penembakan telah menimbulkan kecurigaan.

Spekulasi awal datang dari peneliti pembunuhan Josiah Thompson dan Richard E. Sprague yang memperhatikan payung terbuka dalam serangkaian foto. Thompson dan Sprague berpendapat bahwa "pria payung" itu mungkin bertindak sebagai semacam pemberi isyarat, membuka payungnya untuk memberi isyarat "lanjutkan" dan kemudian mengangkatnya untuk menyampaikan "tembak peluru kedua" kepada pria bersenjata lainnya.[1][2] "Pria payung" digambarkan melakukan peran seperti itu dalam film JFK[3] karya Oliver Stone dan episode The X-Files "Musings of a Cigarette Smoking Man".[4]

Teori lain yang dikemukakan oleh ahli teori konspirasi Robert B. Cutler dan didukung oleh Kolonel L. Fletcher Prouty adalah bahwa payung tersebut mungkin digunakan untuk menembakkan anak panah yang mengandung zat pelumpuh ke arah Kennedy untuk melumpuhkan otot-ototnya dan menjadikannya "bebek duduk" untuk dibunuh.[2]

Jurnalis Penn Jones Jr didekati seseorang yang menyebut nama Louie Steven Witt. Ketika dia dilacak, dia hampir tidak ingin berinteraksi dengan jurnalis tetapi menawarkan diri untuk bersaksi di depan HSCA.[5] Pernyataannya yang hanya mengangkat payung tidak mencerminkan apa yang sebenarnya dilakukannya saat itu saat sedang menggerakkan payung saat momen pengambilan gambar.

Sebuah gagasan yang dispekulasikan oleh HSCA adalah bahwa payung tersebut mungkin diadakan sebagai simbol protes terhadap kegagalan pemerintah AS untuk memberikan "payung" dukungan udara selama Invasi Teluk Babi.

Identifikasi[sunting | sunting sumber]

Setelah seruan publik oleh Komite Pembunuhan DPR Amerika Serikat (HSCA), Louie Steven Witt muncul pada tahun 1978 dan mengaku sebagai "pria payung".[6] Ia mengaku masih memegang payung tersebut dan tidak mengetahui dirinya sempat menjadi bahan kontroversi. Dia mengatakan bahwa dia membawa payung itu hanya untuk mencela Kennedy, yang ayahnya, Joseph, adalah pendukung Perdana Menteri Inggris Neville Chamberlain yang mendukung Nazi. Dengan melambaikan payung hitam, aksesori fesyen khas Chamberlain, Witt mengatakan dia memprotes keluarga Kennedy yang memenuhi tuntutan Adolf Hitler sebelum Perang Dunia II. Payung telah digunakan dalam kartun pada tahun 1930-an untuk melambangkan ketenangan tersebut, dan Chamberlain sering membawa payung.[6][7][8] Kennedy, yang menulis tesis tentang peredaan saat berada di Harvard, Why England Slept, mungkin telah mengenali simbolisme payung. Payung hitam telah digunakan sehubungan dengan protes terhadap Presiden sebelumnya; pada saat pembangunan Tembok Berlin, sekelompok anak sekolah dari Bonn mengirimi Gedung Putih sebuah payung berlabel Chamberlain.[9]

Bersaksi di hadapan HSCA, Witt berkata, "Saya pikir jika Guinness Book of World Records mempunyai kategori untuk orang-orang yang berada di tempat yang salah pada waktu yang salah, melakukan hal yang salah, saya akan menjadi No. 1 di posisi itu, bahkan tanpa runner-up yang dekat".[6][10]

Witt meninggal pada 17 November 2014.[11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Richard E. Sprague and Robert Cutler (June 1978). "The Umbrella System: Prelude to an Assassination". Gallery Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-15. Diakses tanggal 2013-12-04. 
  2. ^ a b "The Umbrella Man Shooting Darts in Dealey Plaza". Mcadams.posc.mu.edu. 1960-07-29. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-11-25. Diakses tanggal 2011-11-29. 
  3. ^ Jonsson, Patrik (November 22, 2013). "JFK assassination: Why suspicions still linger about 'Umbrella Man'". The Christian Science Monitor. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 20, 2014. Diakses tanggal September 19, 2014. 
  4. ^ Glen Morgan (director and writer). "Musings of a Cigarette Smoking Man". The X-Files. Musim ke-4. Episode ke-7. Fox Home Entertainment. 
  5. ^ https://history-matters.com/archive/jfk/hsca/reportvols/vol4/pdf/HSCA_Vol4_0925_7_Witt.pdf [mentahan URL PDF]
  6. ^ a b c "House select committee on assassinations testimony, September 25, 1978". History-matters.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-24. Diakses tanggal 2013-12-04. 
  7. ^ "Example of umbrella used in a 1930s appeasement cartoon". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-11-03. Diakses tanggal 2011-11-29. 
  8. ^ "The Umbrella Man'". New York Times. November 21, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-11-29. Diakses tanggal 2011-11-29. 
  9. ^ Tusa, Ann (1997). The Last Division: A History of Berlin, 1945-1989. Addison Wesley. hlm. 297. 
  10. ^ Gentry, Margaret (1978-09-26). "'Umbrella Man' Theory Destroyed". The Times-News. Hendersonville, N.C. Associated Press. hlm. 11. Diakses tanggal 2016-03-16. 
  11. ^ "Obituary". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-04-08. Diakses tanggal 2015-04-03. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]