Tentara Penaklukan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tentara Penaklukan
جيش الفتح
Waktu operasi24 Maret 2015[1] – 27 January 2017[butuh rujukan]
Kelompok
MarkasIdlib, Suriah
Wilayah operasiSuriah
IdeologiIslamisme Sunni[9]
Jumlah anggota50,000+[10][butuh sumber yang lebih baik]
Sekutu
Lawan
Pertempuran dan perangPerang Saudara Suriah

Tentara Penaklukan (Arab: جيش الفتح) atau Jaish al-Fatah, disingkat JaF, adalah pusat komando gabungan faksi pemberontak Islam Sunni Suriah yang berpartisipasi dalam Perang Saudara Suriah.

Aliansi ini dibentuk pada Maret 2015 di bawah pengawasan dan koordinasi ulama Saudi Abdullah al-Muhaysini.  Kelompok ini terdiri dari faksi pemberontak Islam yang sebagian besar aktif di Kegubernuran Idlib, dan beberapa faksi aktif di Kegubernuran Hama dan Latakia.[9]  Pada bulan-bulan berikutnya, mereka menguasai sebagian besar Kegubernuran Idlib.[16][17]

Institut Studi Perang menggambarkan Jaish al-Fatah sebagai perantara kekuatan "anti-rezim" dan "anti-Hizbullah" yang beroperasi di Kegubernuran Idlib, Hama, Daraa dan Quneitra.[18]  Jaish al-Fatah digambarkan oleh Tony Blair Institute for Global Change sebagai "koalisi pimpinan al-Qaeda" yang berupaya mencapai tujuan akhir untuk menciptakan "negara Islam".[19]

Partisipan[sunting | sunting sumber]

Pada pendiriannya, Jaish al-Fatah terdiri dari enam anggota, dua di antaranya (al-Nusra dan Jund al-Aqsa) terkait langsung dengan Al-Qaeda.[17][20][21] Dengan Ahrar al-Sham menjadi kelompok terbesar,[22] al-Nusra dan Ahrar al-Sham dilaporkan mewakili 90 persen pasukan.[21] Faksi Islam terkemuka lainnya di ruang operasi adalah Sham Legion (Faylaq Al-Sham).  Tiga anggota pendiri lainnya adalah Jaish al-Sunna;  Liwa al-Haqq, dan Ajnad al-Sham.  Jaish al-Fatah berkolaborasi dengan faksi Tentara Pembebasan Suriah yang lebih moderat seperti Brigade Ksatria Keadilan.[23]

Keberhasilan awal koalisi ini disebabkan oleh koherensinya yang kuat, dengan nama masing-masing faksi dilarang ketika kelompok tersebut melakukan operasi gabungan.[24]

Sejak konflik antar pemberontak di Idlib, yang menyebabkan bentrokan Ahrar al-Sham dengan Jabhat Fateh al-Sham, dan pembelotan serta merger yang dimulai pada 21 Januari 2017, Tentara Penakluk sudah tidak berfungsi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembentukan[sunting | sunting sumber]

Jaish al-Fatah mendeklarasikan pembentukannya pada 24 Maret 2015. Pada hari yang sama, sumber pro-oposisi mengklaim bahwa sekitar lima puluh tentara pemerintah Suriah membelot ke kelompok baru tersebut. Seperti yang dilaporkan kolumnis David Ignatius, Qatar, Turki, dan Arab Saudi adalah sponsor utama koalisi baru yang dipimpin oleh al-Nusra. Sejak awal, ketiga negara tersebut diduga memberikan dukungan material yang besar kepada kelompok tersebut, yang sebagian besar berupa senjata dan peralatan militer. Pada tahun 2016, tak lama setelah al-Nusra mengganti namanya menjadi Jabhat Fatah al-Sham, reporter Financial Times Erica Solomon mengutip pemberontak dan aktivis yang mengklaim bahwa Qatar dan Arab Saudi secara konsisten mengangkut uang tunai dan perbekalan untuk mendukung serangan militer di Aleppo yang diarahkan oleh Jabhat  Fatah al-Sham.

Secara umum, selama beberapa tahun terakhir dukungan Qatar terhadap Front al-Nusra tetap konstan meskipun ada operasi rebranding kelompok tersebut dan beberapa aliansi strategis serta merger. Faktanya, sponsorship Qatar untuk afiliasi al-Qaeda di Suriah sejalan dengan strategi Doha untuk memperluas pengaruh regionalnya dengan berinvestasi pada peningkatan peran aktor-aktor kunci – termasuk entitas ekstremis dan teroris – di sejumlah arena internasional.

Tentara Penakluk merebut Kota [[Idlib]] pada 28 Maret 2015. Pada bulan-bulan berikutnya, mereka mempelopori serangan yang mengusir pasukan pemerintah dari hampir seluruh Kegubernuran Idlib. Menyusul keberhasilan ini, cabang tambahan Tentara Penaklukan didirikan di wilayah lain di Suriah.

Koalisi Tentara Penaklukan sebagian meniru keberhasilan Front Selatan Tentara Pembebasan Suriah, dan pada gilirannya, koalisi yang lebih baru, seperti Pertempuran Kemenangan, meniru model Tentara Penaklukan.

Ulama Saudi Abdullah al-Muhaysini memainkan peran penting dalam sejarah awal Tentara Penaklukan. Bahkan, Muhayisini mengkoordinasikan dan mengawasi pembentukan kelompok tersebut, di mana ia juga menjabat sebagai hakim dan pemimpin agama.  Dia menjadi sasaran Sanksi Departemen Keuangan AS pada 10 November 2016, karena perannya sebagai mediator dan perekrut atas nama Front al-Nusra.  Khususnya, Muhaysini juga mengumpulkan dukungan material dan finansial untuk al-Nusra dari Teluk, khususnya Qatar, dan dikenal karena dukungan publiknya terhadap "Madid Ahl al-Sham" yang berbasis di Qatar, sebuah kampanye penggalangan dana paling efektif yang dilakukan oleh al-Nusra sendiri.  diakui sebagai "salah satu saluran pilihan untuk sumbangan".

Ekspansi Ke Wilayah Lain Di Suriah[sunting | sunting sumber]

Pada awal Mei 2015, Tentara Penaklukan membentuk cabang baru di Qalamoun Barat, yang disebut Tentara Penaklukan – al-Qalamoun. Pada tanggal 1 Oktober 2015, setelah kekalahan oleh pasukan pro-Assad, Tentara Penaklukan di Qalamoun digantikan oleh faksi independen bernama Saraya Ahl al-Sham, yang bertujuan untuk menyatukan semua faksi pemberontak di Qalamoun Barat. Namun Front al-Nusra tidak termasuk dalam Saraya Ahl al-Sham, meskipun kedua kelompok terus bekerja sama.

Bulan berikutnya, Front al-Nusra mengeluarkan pernyataan yang menyerukan kepada oposisi di wilayah Ghouta Timur di Damaskus untuk membentuk koalisi serupa, namun seruan ini ditolak oleh Komando Militer Terpadu Ghouta Timur, pengelompokan yang mencakup faksi paling terkemuka di wilayah tersebut.

Pada bulan Oktober 2015 anggota Tentara Penaklukan Front al-Nusra dan Ahrar ash-Sham (juga anggota Komando Militer Terpadu Ghouta Timur), bersama dengan kelompok lain membentuk Jund al-Malahm, sebuah ruang operasi di kawasan Ghouta Timur di Damaskus, bersaing langsung dengan ruang operasi Komando Militer Terpadu Ghouta Timur.

Pada tanggal 20 Juni, Tentara Penaklukan di wilayah selatan dibentuk dan segera mengambil bagian dalam kampanye di Quneitra. Koalisi tersebut meliputi Ahrar al-Sham, Front al-Nusra, Koalisi Fatah al-Sham, Brigade Ihyaa al-Jihad, Pertemuan Mujahidin Nawa, Brigade Singa Persatuan, Brigade Ansar al-Haq, dan Brigade Islam al-Omarein.  .

Pada bulan Juli 2016, Front al-Nusra mengganti namanya menjadi Jabhat Fatah al-Sham, merestrukturisasi kelompok tersebut lebih lanjut, dan mulai membuat propaganda untuk mendukung serangan mereka di seluruh Kegubernuran Aleppo.

Restrukturisasi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 23 Oktober 2015, Jund al-Aqsa mengumumkan pemisahan dari Jaysh al-Fatah, dilaporkan karena perbedaan pendapat dengan Ahrar al-Sham mengenai penerapan hukum Islam di wilayah yang berada di bawah kendali mereka.  Menyusul perkembangan ini, ada laporan yang belum dikonfirmasi bahwa Front al-Nusra, sebagai bentuk solidaritasnya dengan Jund al-Aqsa, meninggalkan koalisi, atau bahwa Jund al-Aqsa akan bergabung kembali dengan Jaysh al-Fateh. Pada bulan Januari 2016, Legiun Sham mengumumkan keluarnya kelompok tersebut, dengan alasan untuk memindahkan pasukannya ke Aleppo, namun juga karena ketegangan dengan Jund al-Aqsa.

Pada Mei 2016, Tentara Penakluk mengumumkan restrukturisasi, mengakhiri hubungan dengan Jund al-Aqsa sambil menerima kembali Legiun Sham.  Kelompok ini juga bergabung dengan Partai Islam Turkistan, sebuah kelompok jihad yang terdiri dari warga Uighur dari Xinjiang.

Pada tanggal 24 September 2016, Gerakan Nour al-Din al-Zenki bergabung dengan grup tersebut. Beberapa hari kemudian, Brigade Suqour al-Sham juga bergabung dengan kelompok tersebut.

Pada tanggal 9 Oktober, Jund al-Aqsa bergabung kembali dengan Front Al-Nusra, sehingga bergabung kembali dengan Tentara Penaklukan, meskipun pada tanggal 23 Januari 2017 mereka diusir dari Al-Nusra dan selanjutnya menjadi Tentara Penaklukan.

Pada tanggal 23 Januari 2017, Front al-Nusra menyerang pangkalan Jabhat Ahl al-Sham di Atarib dan kota-kota lain di Aleppo barat.  Semua basis mereka direbut dan pada 24 Januari, kelompok tersebut dikalahkan dan bergabung dengan Ahrar al-Sham.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Tanggal Pertarungan Tempat Perlawanan Hasil
24–28 Maret 2015 Pertempuran Idlib Kedua Idlib  Republik Arab Suriah Kemenangan
22 April – 14 Juni 2015 Serangan Barat Laut Suriah (April–Juni 2015) Kegubernuran Idlib dan Hama  Republik Arab Suriah Kemenangan
4 Mei – 21 Juni 2015 Serangan Qalamoun Qalamoun Hizbullah
 Republik Arab Suriah
Kekalahan
28 Juli–28 Agustus 2015 Al-Ghab Menyerang Kegubernuran Idlib  Republik Arab Suriah Kemenangan
28 Maret 2015 – 19 Juli 2018 Pengepungan Al-Fu'ah dan Kafarya Kegubernuran Idlib  Republik Arab Suriah Kemenangan
Maret – 9 September 2015 Pengepungan Pangkalan Udara Abu al-Duhur Kegubernuran Idlib  Republik Arab Suriah Kemenangan
7 Oktober – 10 November 2015 Serangan Suriah Barat Laut (Oktober-November 2015) Kegubernuran Hama  Republik Arab Suriah Kebingungan
1 April – 18 Juni 2016 Kampanye Aleppo Selatan 2016 Kegubernuran Aleppo  Republik Arab Suriah Kemenangan
27 Juni – 12 Agustus 2016 2016 Latakia Menyerang Kegubernuran Latakia  Republik Arab Suriah Kekalahan
31 Juli – 6 Agustus 2016 Serangan Aleppo (Juli–Agustus 2016) Kegubernuran Aleppo  Republik Arab Suriah Kemenangan
11 Agustus – 11 September 2016 Serangan Aleppo (Agustus–September 2016) Kegubernuran Aleppo  Republik Arab Suriah Kekalahan
22 September – 16 Oktober 2016 Serangan Aleppo (September–Oktober 2016) Kegubernuran Aleppo  Republik Arab Suriah
 Russia
 Iran
Kekalahan
28 Oktober – 12 November 2016 Serangan Aleppo (Oktober–November 2016) Kegubernuran Aleppo  Republik Arab Suriah
 Russia
 Iran
Kekalahan
15 November – 22 Desember 2016 Serangan Aleppo (November–Desember 2016) Kegubernuran Aleppo  Republik Arab Suriah
 Russia
 Iran
Kekalahan

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "News Update 3-25-15". Syria Direct. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 March 2015. Diakses tanggal 25 March 2015. 
  2. ^ "Hoping to break into encircled east Aleppo, rebels surprise with attack from southwest". Syria Direct. 1 August 2016. Diakses tanggal 7 August 2016. 
  3. ^ "Jund al Aqsa". Standford Mapping Terrorism. Diakses tanggal 7 May 2018. 
  4. ^ "Mark on Twitter: "Harakat Nour al-Din al-Zenki join Jaish al-Fatah in northern". Twitter.com. 2016-09-24. Diakses tanggal 2017-03-02. 
  5. ^ "Jaysh al Fath coalition launches new offensive in Aleppo province". The Long War Journal. 
  6. ^ "Hassan Hassan حسن on Twitter: "Zinki and Suqour al-Sham (recently defected from Ahrar al-Sham) join Jaish al-Fateh (which includes Ahrar al-Sham)."". Twitter.com. 2016-09-27. Diakses tanggal 2017-03-02. 
  7. ^ "Army of Conquest" returns again and includes the Turkistan Party". Arabi 21. 2 May 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 December 2021. 
  8. ^ Neil Hauer (19 April 2018). "North Caucasian Militants May Be Seeking Syria Exit". Dewan Atlantik. Diakses tanggal 13 August 2018. 
  9. ^ a b "Rebels seek to storm Idlib amid chemical fears". NOW. 25 March 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 April 2015. Diakses tanggal 27 March 2015. 
  10. ^ Hay'at Tahrir al-Sham: Hardliners take over Syria's opposition, The Week, 29 August 2017
  11. ^ "Syrian rebels combat ISIS, Hezbollah in Qalamoun". ARA News. 15 May 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 October 2017. Diakses tanggal 15 May 2015. 
  12. ^ "الغد برس". Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 July 2020. Diakses tanggal 22 August 2018. 
  13. ^ ""عنصر بعصائب اهل الحق يناشد للافراج عنه من جيش الفتح بحلب"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 August 2018. Diakses tanggal 22 August 2018. 
  14. ^ a b "Jihadist coalition captures checkpoints around city of Idlib". Long War Journal. 27 March 2015. 
  15. ^ "Al Qaeda and allies form coalition to battle Syrian regime in Idlib". Long War Journal. 24 March 2015. 
  16. ^ Ryan Rifai (6 June 2015). "Syrian group claims control of Idlib province". Al Jazeera. Diakses tanggal 25 June 2015. 
  17. ^ a b Kim Sengupta (12 May 2015). "Turkey and Saudi Arabia alarm the West by backing Islamist extremists the Americans had bombed in Syria". The Independent. 
  18. ^ Jennifer Cafarella; Genevieve Casagrande (7 October 2015). "Syrian Opposition Guide" (PDF). Backgrounder. Institute for the Study of War: 3. 
  19. ^ "If the Castle Falls: Exploring the ideology and objectives of the Syrian rebellion" (PDF). Tony Blair Institute for Global Change. 2015. Diakses tanggal 2022-03-31. 
  20. ^ "U.S. sanctions jihadist Syrian rebel group Jund al-Aqsa". Reuters. 20 September 2016.
  21. ^ a b "Gulf allies and 'Army of Conquest". Al-Ahram Weekly. 28 May 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 July 2018. Diakses tanggal 3 October 2015. Jabhat Al-Nusra dan Ahrar Al-Sham mewakili 90 persen pasukan. Arab Saudi dan Qatar menyediakan dana untuk 40 persen kebutuhan koalisi 
  22. ^ "Syrian rebels fight Syrian army near Assad heartland". Newsweek. Reuters. 30 April 2015. Diakses tanggal 1 May 2015. Sebagai kelompok terbesar di Angkatan Darat Fatah, Ahrar al-Sham tampaknya memegang kunci untuk mencegah pertikaian. 
  23. ^ "'Army of Conquest' rebel alliance pressures Syria regime". AFP. 28 April 2015. Diakses tanggal 2 May 2015. Koalisi, yang pembentukannya diumumkan pada bulan Maret, terdiri dari berbagai kelompok jihadis dan Islamis, yang paling menonjol adalah afiliasi Al-Qaeda, Front Al-Nusra dan Ahrar al-Sham, sebuah kelompok Islamis yang kuat [...] Anggota penting lainnya adalah Faylaq al-Sham, sebuah koalisi yang terdiri dari batalyon-batalyon yang berhubungan dengan Ikhwanul Muslimin, dan Jund al-Aqsa, sebuah kelompok jihadis kecil. 
  24. ^ "Syrian Insurgent gains expose Assad Weaknesses"[pranala nonaktif permanen] Artikel bersumber dari AP di "The New York Times". "Muayad Zurayk, seorang aktivis di kota Idlib, mengaitkan keberhasilan oposisi di provinsi tersebut dengan ruang operasi gabungan [...] "Semua operasi yang berasal dari pusat komando terkoordinasi dilakukan atas nama Jaish al-Fatah," ujarnya, merujuk pada komando terpadu. "Dilarang menyebut nama faksi mana pun."