Tempat Ziarah Bunda Maria dari Lourdes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemandangan Tempat Ziarah Bunda dari Lourdes dari kastil kota
Basilika Maria Dikandung Tanpa Noda dan gua Maria Massabielle.
Tempat Ziarah Bunda dari Lourdes dari tepi Gave de Pau.

Tempat Ziarah Bunda Maria dari Lourdes (Prancis: Sanctuaire de Notre-Dame de Lourdes; bahasa Ositan: Santuari de Nòstra Senhora de Lorda) adalah Gua Maria Katolik dan tempat ziarah internasional yang didedikasikan untuk Bunda dari Lourdes di kota Lourdes, Hautes-Pyrénées, Prancis. Tempat kudus ini mencakup beberapa bangunan keagamaan dan monumen di sekitar gua Massabielle, tempat peristiwa penampakan Lourdes terjadi pada tahun 1858, di antaranya tiga basilika, Basilika Bunda Maria Dikandung Tanpa Noda, Basilika Rosario dan Basilika Santo Pius X, masing-masing dikenal sebagai basilika atas, bawah, dan bawah tanah.

Gua Maria ini menjadi tujuan bagi para peziarah yang sakit dan cacat, karena air Lourdes, yang telah mengalir dari gua sejak penampakan, terkenal akan penyembuhan ajaib. Area tersebut dimiliki dan dikelola oleh Keuskupan Tarbes-et-Lourdes, dan memiliki beberapa fungsi, termasuk kegiatan misa, kantor, dan akomodasi bagi para peziarah yang sakit dan cacat serta para pembantu mereka. Selain grotto dan tiga basilika, area tempat suci tersebut mencakup air mancur yang menyediakan air Lourdes, pemandian untuk berendam di dalam air, esplanade untuk prosesi, kalvari, kantor Biro Medis Lourdes, dan beberapa tempat ibadah Katolik di lahan seluas 52 hektar.

Tempat kudus Lourdes adalah salah satu tempat suci Katolik yang paling banyak dikunjungi di dunia, dengan sekitar empat juta peziarah datang setiap tahun. Gua Massabielle, yang merupakan situs paling terkenal di cagar alam, memiliki ratusan replika di dunia, yang dikenal sebagai "gua Lourdes".

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tempat kudus Bunda Maria dari Lourdes dimulai dengan penampakan Maria kepada Bernadette Soubirous pada tahun 1858 di kota Lourdes. Pada tanggal 11 Februari 1858, seorang gadis petani berusia 14 tahun, bernama Bernadette Soubirous, berkata bahwa dia melihat seorang "wanita" saat bermain di dekat gua Massabielle (dari "masse vieille": "massa tua") dengan saudara perempuannya dan seorang teman, di tepi kiri sungai Gave de Pau.[1] "Wanita" itu berdiri di atas semak mawar di niche di atas rongga utama gua Massabielle.

Pada saat penampakan, gua terletak jauh di luar kota, di tanah umum yang digunakan oleh penduduk desa dengan berbagai cara untuk menggembalakan hewan, mengumpulkan kayu bakar, dan sebagai tempat pembuangan sampah, dan memiliki reputasi sebagai tempat yang tidak menyenangkan.[2]

Bernadette memberi tahu saudara perempuannya untuk tidak memberi tahu orang tua mereka tentang penampakan itu, tetapi dia tetap memberi tahu mereka dan orang tua mereka melarang mereka pergi ke gua lagi. Bernadette mengabaikan perintah mereka dan terus pergi ke gua. Dari 11 Februari 1858 hingga 16 Juli 1858, Bernadette melihat penglihatan yang sama sebanyak 18 kali. "Wanita" itu akhirnya memperkenalkan dirinya kepada Bernadette sebagai Perawan Maria yang Dikandung Tanpa Noda, yang telah dinyatakan sebagai dogma untuk Perawan Maria oleh Paus Pius IX pada tahun 1854. Pastor lokal yang meyakinkan ini Dominique Peyramale bahwa Bernadette melihat penampakan asli Perawan Maria.

Selama penampakan, Bernadette diberi instruksi oleh "wanita", yang terbukti penting dalam pengembangan tempat suci dan upacaranya. Bernadette disuruh pergi dan minum air dari mata air yang akan muncul di dalam gua dan membasuh dirinya dengan itu. Dia juga disuruh pergi dan memberi tahu para pastor untuk membangun kapel di lokasi gua tempat orang-orang akan datang dalam prosesi.

Selama bulan-bulan setelah penampakan, minat publik terhadap penampakan tumbuh, dan pengunjung yang ingin tahu mulai digantikan oleh peziarah dari tempat yang semakin jauh, tertarik oleh kisah-kisah menarik tentang penampakan dan keajaiban.

Pastor Dominique Peyramale lokal dan uskup lokal Bertrand-Sévère Laurence membeli gua dan tanah di sekitarnya dari kota Lourdes pada tahun 1861, tiga tahun setelah penampakan. Segera mereka mulai memodifikasi area tersebut agar lebih mudah diakses oleh para peziarah, dan mulai bekerja untuk membangun gereja pertama, yang sekarang dikenal sebagai "ruang bawah tanah".

Pada tahun 1864, pematung Prancis Joseph-Hugues Fabisch ditugaskan untuk membuat patung Bunda dari Lourdes berdasarkan deskripsi Bernadette. Meskipun telah menjadi simbol ikon Bunda dari Lourdes, itu menggambarkan sosok yang tidak hanya lebih tua dan lebih tinggi dari deskripsi Bernadette, tetapi juga lebih sesuai dengan representasi ortodoks dan tradisional Perawan Maria. Patung itu terletak di ceruk tempat Perawan menampakkan diri kepada Bernadette. Semak mawar liar yang asli dihancurkan tak lama setelah penampakan oleh peziarah yang mencari relik, tetapi yang lebih baru telah ditanam di dekatnya.[3]

Karena pergolakan politik Prancis yang mengakibatkan pemisahan paksa antara Gereja dan Negara, properti dan pekarangan tempat suci disita dari Gereja dan dikembalikan ke kepemilikan kota pada tahun 1910. Uskup saat itu, François-Xavier Schoepfer , menentang penyitaan ini dan diizinkan untuk menyewa area suaka dari kota sampai pecahnya Perang Dunia I pada tahun 1914.[4]

Tempat Ziarah Bunda dari Lourdes

Belakangan, kunjungan ke Lourdes oleh Marshal Pétain pada tahun 1941 memberikan pengakuan resmi atas suaka tersebut. Pejabat gereja berhasil mengajukan petisi kepada Pétain untuk mengizinkan Gereja mengklaim kembali kepemilikan tempat suci .[4]

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Uskup Tarbes dan Lourdes bertanggung jawab atas tata kelola spiritual tempat kudus. Dia menunjuk perwakilan lokal, yang disebut rektor. Tempat kudus dijalankan secara independen dari paroki Lourdes, yang bertanggung jawab atas kebutuhan spiritual Lourdais sendiri.

Tiga puluh kapelan penuh waktu dipekerjakan di suaka, dari keuskupan dan komunitas religius di seluruh dunia. Mulai 2010, terdapat 292 karyawan awam penuh waktu dan 120 karyawan musiman lainnya yang bekerja di 63 divisi berbeda, dengan anggaran berjalan tahunan sebesar €18 juta, 90% dari donasi.[5]

Tempat kudus buka sepanjang tahun. Di musim dingin jumlah pengunjung jauh lebih sedikit, jadwal Misa dan kegiatan peribadatan berkurang, dan tidak ada prosesi. Musim dingin berlangsung dari 1 November (hari raya orang-orang suci) hingga Paskah.[6] Pada tanggal 11 Februari, Pesta Bunda Maria dari Lourdes, biasanya diadakan program kegiatan yang lengkap.

Tempat kudus ini sepenuhnya aktif antara Paskah dan Hari Raya Semua Orang Kudus setiap tahun, dan memiliki program kegiatan devosi termasuk Misa, prosesi, Adorasi Sakramen Yang Terberkati], dan sakramen rekonsiliasi. Banyak kegiatan dilakukan dalam beberapa bahasa; dalam beberapa ibadah liturgi diulangi dalam berbagai bahasa.

Lahan buka setiap hari dari jam 5 pagi sampai tengah malam;[7] di luar waktu ini gua dapat diakses melalui Gerbang Lacet di belakang Basilika Atas.

Diperkirakan 200 juta orang telah mengunjungi tempat ziarah Lourdes sejak tahun 1860. Gereja Katolik Roma telah secara resmi mengakui 70 penyembuhan ajaib, yang ke-70 adalah penyembuhan Suster Bernadette Moriau, yang diakui pada 11 Februari 2018.[8]

Sebuah wadah berisi air Lourdes.

Air Lourdes[sunting | sunting sumber]

Air Lourdes mengalir dari mata air di tempat yang sama di mana ia ditemukan oleh Bernadette, di gua Massabielle. Mata air asli dapat dilihat di dalam gua, diterangi dari bawah dan dilindungi oleh layar kaca. Peziarah minum air Lourdes karena kekuatan penyembuhannya yang terkenal. Air diakses dari keran individu yang terletak di antara gua dan pemandian. Air dari Lourdes dianalisis secara menyeluruh oleh ahli kimia independen pada tahun 1858 dan 1859, dan tampaknya tidak memiliki kekuatan laten untuk menyembuhkan dan tidak memiliki sifat khusus ilmiah atau obat. Meskipun demikian, air itu sendiri merupakan simbol pengabdian yang kuat bagi para peziarah Lourdes, dan banyak yang membeli patung dan rosario yang berisi botol-botol kecil, dan membawa pulang wadah plastik besar berisi air itu.

Prosesi[sunting | sunting sumber]

Prosesi diadakan di tempat kudus, dengan trosesi obor mungkin yang paling terkenal dan paling mengesankan secara visual.

Prosesi Sakramen Mahakudus[sunting | sunting sumber]

Prosesi Sakramen Mahakudus diadakan setiap hari pada pukul 17.00. Prosesi dimulai di altar terbuka di padang rumput di seberang sungai dari gua dan dipimpin oleh peziarah yang sakit diikuti oleh seorang imam, uskup atau kardinal yang membawa monstran berisi Sakramen Mahakudus. Biasanya pembawa Sakramen Mahakudus terlindung dari unsur-unsur oleh kanopi bergerak, yang disebut baldachin, dibawa oleh empat asisten. Sakramen Mahakudus didampingi oleh pembawa yang membawa lilin, pembakar dupa atau simbol devosi lainnya. Pembawa ini adalah pembantu awam yang dipilih dari para peziarah. Menyusul langsung di belakang Sakramen Mahakudus, baik selama prosesi maupun pemberkatan orang sakit, akan ada sekelompok dokter perwakilan dari berbagai ziarah. Terakhir, ada kelompok peziarah, ada yang mengikuti panji paroki atau keuskupannya. Prosesi berjalan melintasi sungai, melewati Patung Mahkota, di sepanjang lapangan terbuka dan turun ke basilika bawah tanah Santo Paus Pius X di mana para peziarah yang sakit ditempatkan di depan altar. Selama prosesi ada meditasi, doa, himne dan nyanyian, dalam beberapa bahasa. Setelah semua peserta berkumpul, ada periode Adorasi Ekaristi, dilanjutkan dengan Pemberkatan Orang Sakit.[9]

Selama kondisi cuaca ekstrem, prosesi akan berlangsung di dalam basilika.

Basilika Rosario saat malam hari melihat ke seberang Rosario Square selama Prosesi Obor

Prosesi obor[sunting | sunting sumber]

Prosesi obor Maria berlangsung setiap hari pada pukul 21:00. Prosesi dimulai di dekat gua dan berlanjut di gang-gang esplanade yang berakhir di alun-alun Rosario. Dalam cuaca ekstrem, upacara dalam ruangan dapat diadakan di Basilika Bawah Tanah sebagai gantinya. Prosesi dipimpin oleh umat yang sakit diikuti oleh relawan yang membawa replika patung Perawan Maria Cabuchet. Sebagian besar peserta membawa lilin.

Fokus dari prosesi ini adalah rosario. Semua lima dekade dibacakan, biasanya dalam berbagai bahasa. Himne Lourdes juga dinyanyikan, dengan bait-bait dalam berbagai bahasa. Doa umat dapat didoakan diikuti dengan "Laudate Mariam". Ada pemberkatan terakhir dalam bahasa Latin, dan kemudian undangan untuk bertukar tanda perdamaian dengan sesama peziarah.[10]

Basilika[sunting | sunting sumber]

Basilika Bunda Maria Dikandung Tanpa Noda, biasanya disebut sebagai Basilika Atas, Lourdes.

Basilika Atas[sunting | sunting sumber]

Basilika Maria Dikandung Tanpa Noda, umumnya dikenal sebagai "Basilika Atas", ditahbiskan pada tahun 1876. Merupakan bangunan yang mengesankan dan rumit dalam gaya Gotik, dirancang oleh arsitek Hyppolyte Durand, dan di satu sisi tampak muncul langsung dari batu Massabielle (tempat suci berada tepat di atas gua). Dindingnya dilapisi dengan plakat "ex voto", dan spanduk dari Ziarah Nasional resmi di masa lalu. Ini memiliki serangkaian jendela kaca patri yang menggambarkan berbagai peristiwa dalam kisah Lourdes; jendela clerestory menggambarkan Maria sebagai Hawa Kedua.

Eksteriornya didominasi oleh menara setinggi 70 m, dan dua menara yang lebih kecil diselesaikan kemudian pada tahun 1908. Di atas pintu masuk terdapat mosaik yang menggambarkan Paus Pius IX, yang mendefinisikan dogma Dikandung Tanpa Noda pada tahun 1854.[11]

Basilika memiliki ruang bawah tanah, yang merupakan gereja pertama yang diselesaikan di tempat kudus, pada tahun 1866. Konstruksi dimulai oleh Abbé Peyramale dan uskup Laurence. Ayah Bernadette mengerjakan konstruksinya dan hadir pada pembukaan resminya, pada Pentakosta Minggu, 1866. Nave kecil dan fitur penting seperti pilar besar yang menopang berat Basilika Atas, yang dibangun di atasnya.

Ruang bawah tanah dimasuki melalui koridor, yang pintu masuknya didominasi oleh patung perunggu besar St. Peter, memegang Kunci Kerajaan Surga. Di seberangnya berdiri patung Pius X. Dinding koridor dan nave dilapisi dengan plakat marmer kecil, yang dikenal sebagai plakat "ex voto", yang disumbangkan sebagai ucapan terima kasih atas bantuan spiritual yang diterima.[12]

Basilika Bawah[sunting | sunting sumber]

Basilika Rosario, yang dikenal sebagai "Basilika Bawah", selesai pada tahun 1899, dan dirancang oleh arsitek Leopold Hardy. Itu ditahbiskan pada tahun 1901 dan memiliki kapasitas 1.500 umat. Gayanya dipengaruhi oleh arsitektur Bizantium. Nave terbuka dan melingkar, diatapi kubah. Bagian luar kubah ditutup dengan mahkota dan salib berlapis emas yang dramatis, yang merupakan hadiah dari rakyat Irlandia pada tahun 1924.

Fasad eksterior basilika telah dimodifikasi pada tahun 2007 untuk menyertakan penggambaran misteri bercahaya, yang bukan merupakan bagian dari lima belas misteri tradisional, tetapi versi yang diperluas oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 2002.

Basiika bawah tanah[sunting | sunting sumber]

Basilika Santo Pius X, yang dikenal sebagai "Basilika Bawah Tanah", merupakan gereja tempat kudus terbesar dan paling kontroversial. Gereja ini dirancang oleh arsitek Pierre Vago dan selesai pada tahun 1958 untuk mengantisipasi kerumunan besar yang diharapkan di Lourdes untuk peringatan seratus tahun penampakan. Bangunan beton modern, hampir seluruhnya di bawah tanah (sebagian bangunan terletak di bawah Boulevard Père Rémi Sempé di atas). Saat penuh bisa menampung 25.000 umat.

Area Gua Maria[sunting | sunting sumber]

Tempat di mana Bernadette Soubirous dikatakan telah melihat Penampakan Lourdes disebut "gua Massabielle", yang merupakan tempat paling terkenal di Lourdes. Air Lourdes mengalir dari mata air yang terletak di dalam gua. Dari tahun 2014 hingga 2018, lingkungan gua dimodifikasi untuk memudahkan peziarah melewati berbagai fasilitas di sekitar gua.[13] A lapangan terbuka baru dibangun di tepi sungai, keran yang menyediakan air dari mata air dipindahkan dari gua sementara air mancur baru untuk peziarah dibuat, pemandian direnovasi dan jembatan baru dibangun. Kapel lampu dibangun di tepi kanan untuk para peziarah menyalakan lilin.

Gua Maria Massabielle[sunting | sunting sumber]

Gua Maria Massabielle

Berbeda dengan kemegahan Lapangan Rosario dan tiga basilika, gua di Massabielle tempat berlangsungnya penglihatan St Bernadette sangat sederhana dan gamblang. Ceruk gua itu sendiri tidak didekorasi, meskipun altar dan mimbar batu polos telah ditempatkan di sana agar Misa dapat dirayakan. Di atas ceruk utama adalah ceruk tempat "wanita" yang dilihat oleh Bernadette Soubirous berdiri selama penampakan dan patung Bunda dari Lourdes Fabisch sekarang berdiri. Sebuah candelabra besar dengan 96 lilin di sebelah altar terus menyala sepanjang tahun. Selama musim ziarah, dua misa ziarah biasanya dirayakan setiap pagi di gua.

Mata air yang konon ditemukan Bernadette dapat dilihat di bagian belakang gua, terlindung oleh penutup kaca. Saat misa tidak dirayakan, peziarah dapat berproses melalui gua yang merupakan tradisi menyentuh bebatuan langsung di bawah patung; begitu banyak orang telah melakukan ini sehingga batu-batu itu menjadi halus. Juga di bagian belakang gua adalah kotak logam tempat doa atau petisi tertulis dapat disimpan; mereka dikumpulkan setiap hari dan dibakar.

Deretan bangku memungkinkan pengunjung untuk duduk dan berdoa atau merenung. Jemaah diminta untuk tetap diam saat berada di sekitarnya untuk menciptakan suasana khusyuk. Salah satu tempat Bernadette berdoa kepada Perawan ditandai dengan lempengan paving khusus.

Beberapa dinding batu di sekitar gua menunjukkan tanda-tanda perubahan yang disengaja, mungkin untuk meningkatkan akses bagi para peziarah. Oleh karena itu, tidak jelas lagi apa konfigurasi asli gua itu.

Setidaknya satu akun kontemporer menggambarkan serangkaian ruangan di belakang relung patung, yang hanya dapat dicapai dengan memanjat "seperti kadal" melalui celah di bebatuan.[14]

Keran air dan air mancur[sunting | sunting sumber]

Air Lourdes dulu tersedia bagi peziarah di keran air yang terletak di dekat gua di sepanjang batu Massabielle. Namun, orang-orang yang bertanggung jawab atas suaka berpikir akan lebih baik untuk memiliki dua tempat terpisah untuk distribusi air Lourdes, dengan satu tempat tersedia untuk air minum dan mengisi botol dan wadah dengan air dan tempat lain yang diperuntukkan bagi para peziarah untuk mengambil air sebagai isyarat keagamaan. , dengan cara yang sama Bernadette Soubirous lakukan selama penampakan ketika dia disuruh oleh "wanita" untuk minum air dari mata air dan membasuh dirinya dengan itu. Inilah mengapa air mancur baru dibuat untuk "gerakan air" di sisi barat gua di sepanjang batu Massabielle, dibentuk sedemikian rupa sehingga sulit untuk mengisi botol dan wadah, dengan aliran air yang rendah. Keran air baru dibangun di tepi sungai, dimaksudkan untuk mengisi botol dan wadah dengan air Lourdes, jauh dari gua.

Tempat pemandian[sunting | sunting sumber]

Selain mencuci muka di air mancur, peziarah dapat berendam di pemandian berisi air Lourdes (disebut 'piscines' dalam bahasa Prancis, yang berarti "kolam"). Ini juga dimaksudkan untuk mengulangi gerakan yang dibuat oleh Bernadette Soubirous selama penampakan saat dia membasuh dirinya dengan air setelah dia disuruh melakukannya oleh "wanita". Pemandian asli dibangun pada tahun 1862 dan pemandian saat ini pada tahun 1955. Mereka terletak di sisi barat gua di sepanjang batu Massabielle. Peziarah dibantu oleh sukarelawan untuk membenamkan diri sepenuhnya ke dalam bak mandi. Setiap tahun sekitar 350.000 umat mandi.[15] Tidak diperbolehkan mengambil gambar atau video.

Kapel Cahaya[sunting | sunting sumber]

Bagian dalam Kapel-kapel Cahaya.

Menyalakan lilin nazar adalah gerakan keagamaan lain yang Bernadette Soubirous lakukan selama penampakan dan yang sekarang menjadi bagian dari ziarah Lourdes. Peziarah biasa menyalakan lilin di dekat gua, di sepanjang batu Massabielle. Sekarang mereka harus menyeberangi sungai Gave de Pau dengan jembatan baru untuk mencapai "kapel cahaya", tempat semua lilin seharusnya dinyalakan. Sekitar 800 ton lilin dibakar setiap tahun dalam lilin renungan.[3] Peziarah dapat menempatkan lilin dengan berbagai ukuran, beberapa di antaranya membawa lilin besar dari paroki masing-masing. Pembakar lilin dirawat oleh staf feutiers, petugas yang tugasnya memastikan lilin terbakar dengan aman dan merata dan mengeluarkan nampan lilin leleh yang terkumpul di bawah setiap pembakar. Pada bulan Juli 2022, empat kapel lilin rusak akibat kebakaran yang disebabkan oleh lilin dan saat ini ditutup.[16]

Akomodasi[sunting | sunting sumber]

The Accueil Notre Dame

Di seberang sungai dari gua dan gereja terdapat Accueil Notre Dame, sebuah fasilitas modern yang dibangun pada tahun 1996 untuk menampung para peziarah yang sakit selama mereka berada di Lourdes.

Accueil Notre Dame dibangun untuk menggantikan dua residensi lama bagi para peziarah. Accueil Notre Dame tua berdiri di seberang Basilika Bawah Tanah, dan telah direnovasi secara ekstensif, dibagi menjadi dua bangunan dengan membuang satu bagian. Satu gedung sekarang berisi Kapel Rekonsiliasi, yang dulunya adalah ruang makan, dan juga menjadi tempat biara Sisters of Charity of Nevers. Bagian lainnya sekarang dikenal sebagai Accueil John Paul II, dan berisi beberapa kapel, Pos dan Apotek Pertolongan Pertama, dan kantor Rumah Sakit. Yang lainnya adalah Accueil St. Bernadette, yang berdiri di seberang sungai dari Accueil Notre Dame lama, dan dihancurkan untuk membuka jalan bagi yang baru.

Sejak Paskah 1997 peziarah yang sakit dari seluruh dunia telah ditempatkan di Accueil Notre Dame, sebuah bangunan modern yang lapang. Accueil diatur menjadi dua sayap, masing-masing terdiri dari enam lantai, dengan area Penerimaan di lantai dasar dan Transit Lounge di lantai lima. Setiap lantai dari satu sampai empat diberi nama menurut orang suci tertentu, dengan orang suci wanita dihormati di satu sisi dan orang suci pria di sisi lain. Setiap lantai memiliki area pusat ruang makan tempat para peziarah berkumpul untuk makan.

Kamar-kamar, masing-masing dengan kamar mandi dan shower, dapat menampung dari satu hingga enam orang. Setiap kamar memiliki jendela, dengan beberapa yang beruntung memiliki pemandangan gua, dan lemari penyimpanan serta meja dan kursi. Setiap kamar terbuka ke area komunal.

Menghubungkan kedua sisi adalah Area Administrasi, dengan dua lift panoramik membawa pengunjung ke setiap lantai. Kantor administrasi berada di lantai enam dan tujuh, dan terdapat dapur di setiap sisi.

Biasanya, peziarah tiba di Accueil Notre Dame dengan bus yang disesuaikan secara khusus, baik dari bandara Lourdes atau stasiun kereta api, dan akan disambut di ruang transit dari mana mereka dibawa ke kamar mereka.

Tempat tinggal lainnya, Accueil Marie St. Frai, terletak tidak jauh dari tempat kudus; desain dan suasananya mirip dengan Accueil Notre Dame.

Kritik[sunting | sunting sumber]

Lourdes modern berisi banyak toko suvenir. Beberapa pengunjung mungkin tidak menyukai komersialisme di beberapa bagian Lourdes, dengan toko-toko berhias neon yang dipenuhi dengan apa yang Malcolm Muggeridge, seorang pendukung tempat suci, disebut "peninggalan norak, pernak-pernik kesalehan ".[17] Lourdes disebut sebagai "Disneyland of the Catholic Church". Kritikus berpendapat bahwa fenomena Lourdes tidak lebih dari pemintal uang yang signifikan untuk kota dan wilayah tersebut, yang oleh karena itu memiliki kepentingan pribadi yang kuat untuk menjaga agar para peziarah tetap datang.[18] Gereja, bagaimanapun, menjauhkan diri dari komersialisasi. Banyak kios trinket dimiliki secara pribadi, dan penjaja dilarang keras berjualan dalam tempat kudus.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ruth Harris, Lourdes: Body and Spirit in the Secular Age, Penguin Books, 1999, p. 52.
  2. ^ Ruth Harris, Lourdes: Body and Spirit in the Secular Age, Penguin Books, 1999, p. 53.
  3. ^ a b Oliver Todd, The Lourdes Pilgrim, Matthew James Publishing, 2003, p. 41.
  4. ^ a b Ruth Harris, Lourdes: Body and Spirit in the Secular Age, Penguin Books, 1999, p. 365.
  5. ^ "Lourdes". 
  6. ^ Oliver Todd, The Lourdes Pilgrim, Matthew James Publishing, 2003, hlm. 52– 53.
  7. ^ Oliver Todd, The Lourdes Pilgrim, Matthew James Publishing, 2003, hlm. 77.
  8. ^ Herald, Catholic. "70th official miraculous healing at Lourdes". catholicherald.com. Diakses tanggal 2020-02-04. 
  9. ^ Oliver Todd, The Lourdes Pilgrim, Matthew James Publishing, 2003, hlm. 151.
  10. ^ Oliver Todd, The Lourdes Pilgrim, Matthew James Publishing, 2003, hlm. 155.
  11. ^ Oliver Todd, The Lourdes Pilgrim, Matthew James Publishing, 2003, hal. 43.
  12. ^ Oliver Todd, The Lourdes Pilgrim, Matthew James Publishing, 2003, hal. 42-3.
  13. ^ "Inauguration du Projet Grotte, Coeur de Lourdes – [ Site d'informations en ligne, sur Lourdes et le Pays de Lourdes]" (dalam bahasa Prancis). 4 April 2018. 
  14. ^ Ruth Harris, Lourdes: Body and Spirit in the Secular Age , Penguin Books, 1999.
  15. ^ "Lourdes". 
  16. ^ of-light-in-lourdes/ "Api menghanguskan Kapel Cahaya di Lourdes" Periksa nilai |url= (bantuan). 13 Juli 2022. 
  17. ^ Muggeridge mengontraskan "peninggalan norak, pernak-pernik kesalehan" dengan fenomena spiritual yang ia gambarkan alami di Lourdes. (Jesus Rediscovered, A Visit To Lourdes, Fontana 1969.[1]
  18. ^ "Mengkonsumsi Visi—Budaya Massa dan Kuil Lourdes, Suzanne Kaufman", Buku diulas oleh Lawrence S. Cunningham Universitas Notre Dame, Persemakmuran 23 September 2005.[2]