Bernadette Soubirous

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Santa Bernadette
Bernadette dari Lourdes
Lahir 7 Januari 1844, Lourdes, France
Wafat 16 April 1879, Nevers, France
Dihormati di Gereja Katolik Roma
Dikanonisasikan 8 Desember 1933, Roma oleh Paus Pius XI
Tempat ziarah utama Lourdes
Hari peringatan 18 Februari (di Prancis)
16 April (di tempat lain)
Pelindung orang sakit, kemiskinan, keluarga, Lourdes, gembala

Santa Bernadette, lahir sebagai Marie-Bernarde Soubirous (lahir 7 Januari 1844 – meninggal 16 April 1879 pada umur 35 tahun) adalah anak perempuan dari kota Lourdes di Perancis selatan. Nama Occitan sebenarnya adalah Maria Bernada Soubirous, atau Bernadeta (Bernada kecil). Setelah kematiannya, jenazah Bernadette tidak membusuk, dan tempat penampakan Bunda Maria kepada Bernadette di Lourdes menjadi pusat peziarahan, menarik perhatian jutaan umat Katolik setiap tahun.

Marie-Bernarde "Bernadette" Soubirous (Occitan: Bernadeta Sobirós; 7 Januari 1844 - 16 April 1879) adalah putri sulung dari miller dari Lourdes, Perancis, dan dihormati sebagai seorang santa dalam Gereja Katolik Roma, dan di kanonisasikan pada tanggal 08 Desember 1933.
Soubirous terkenal karena penampakan Marian dari "wanita muda kecil" yang meminta sebuah kapel yang akan dibangun di tempat pembuangan sampah terdekat dari gua-gua di Massabielle mana penampakan dikatakan telah terjadi antara 11 Februari dan 16 Juli 1858. dia kemudian akan menerima pengakuan ketika wanita yang muncul padanya mengidentifikasi dirinya sebagai Immaculate Conception.
Meskipun awalnya skeptis dari Gereja Katolik, klaim Soubirous ini akhirnya dinyatakan "layak keyakinan" setelah penyelidikan kanonik, dan penampakan Maria yang sekarang dikenal sebagai Our Lady of Lourdes. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]