Temanggung, Temanggung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Temanggung
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kota Temanggung
Pemerintahan
 • Camat N. Bagus Pinuntun
Luas 3.3.39 ha
Jumlah penduduk 476.631 (2015)
Kepadatan 12.295 jiwa/km² (2015)
Desa/kelurahan 19 desa
6 kelurahan

Temanggung adalah sebuah kecamatan di Kota Temanggung, Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan ini merupakan pusat pemerintahan Kota Temanggung.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Kantor Walikota Temanggung terdapat di kecamatan ini yang sering disebut Pendopo Pengayoman. Di depan pendopo terdapat alun-alun yang sering digunakan untuk upacara dan menggelar kesenian. Saat malam hari di sepanjang jalan banyak dijual makanan dan camilan. Makanan khasnya antara lain bakso lombok uleg khas Temanggung dan kupat tahu. Kesenian yang terkenal antara lain kuda lumping dan kubro siswo.

Tempat wisata[sunting | sunting sumber]

Tujuan wisata antara lain Pemandian Pikatan Indah yang mempunyai mata air yang jernih dan Pemandian Kowangan yang di sebelahnya terdapat replika dinosaurus. Di dalam komplek Pemandian Kowangan tersebut juga terdapat stadion, pusat jajanan serba ada dan gedung olahraga. Selain Pemandian Pikatan Indah atau sekarang disebut Pikatan Water park, tempat wisata lainnya adalah Jumprit, wisata Alam Gunung Sumbing dan Gunung Sindara atau masyarakat sekitar menyebutnya Gunung Sindoro, Situs Candi Gondosuli di Parakan dan objek wisata yang belum banyak dikenal tetapi memiliki keindahan alam yang menawan yakni Curug Lawe. Curug ini terletak di bagian utara Kota Temanggung 26 km dari kota dan berbatasan dengan Kabupaten Kendal. Hotel yang terkenal antara lain Hotel Indraloka, Hotel Candra, dan Hotel Kintamani. Ditunjang panorama Gunung Sumbing dan Sindoro, kecamatan ini mempunyai potensi wisata yang belum digali maksimal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Kota Temanggung