Takdir Rahmadi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Prof. Dr. H.
Takdir Rahmadi
S.H., LL.M
Takdir Rahmadi.jpg
Takdir Rahmadi
Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung RI
Mulai menjabat
23 Desember 2014[1]
PendahuluWidayatno Sastro Hardjono
Hakim Agung Republik Indonesia
Mulai menjabat
30 Desember 2008
Informasi pribadi
LahirTakdir Rahmadi
30 Mei 1954 (umur 65)
Bendera Indonesia Tebing Tinggi, Sumatra Utara, Negara Republik Indonesia
PekerjaanHakim Agung

Prof. Dr. H. Takdir Rahmadi., S.H.. LL.M. adalah seorang ahli dan tokoh hukum Indonesia. Takdir Rahmadi menjabat sebagai Hakim Agung Republik Indonesia sejak 30 Desember 2008[2], setelah terpilih dengan mengantongi 42 suara. Ia terpilih bersamaan dengan 5 orang Hakim Agung lainnya. Dalam posisi sebagai Hakim Agung, Takdir juga bertugas sebagai Wakil Koordinator Tim Reformasi Kehakiman sejak 2010. Sejak 23 Desember 2014 Ia kemudian dilantik menjadi Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung RI.[1]

Selain tugas-tugas tersebut, Takdir Rahmadi juga aktif di berbagai program reformasi Mahkamah Agung di antaranya penyusunan Peraturan Mahkamah Agung tentang Pengadilan-Dianeksasi Mediasi dan penyusunan Keputusan Ketua tentang Transparansi Informasi di pengadilan serta penyusunan Keputusan Hakim Agung tentang Tata Cara Penanganan Sengketa Informasi Publik dan lainnya.

Sebelumnya, Takdir adalah seorang Guru Besar atau Profesor dalam Hukum Lingkungan di Fakultas Hukum Universitas Andalas, Padang, Sumatra Barat dari tahun 2002 hingga 2006, dan juga merangkap sebagai peneliti senior di Pusat Hukum Lingkungan Indonesia(ICEL).

Takdir Rahmadi mendapatkan gelar Sarjana Hukum-nya dari Universitas Andalas, sebelum melanjutkan kuliahnya di Universitas Dalhousie, Kanada, untuk mengambil gelar Master Hukum. Selanjutnya ia meneruskan pendidikannya ke Universitas Airlangga, Surabaya untuk mendapatkan gelar Doktor Hukum Lingkungan.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  • Tahun 1979 - Sarjana Hukum, Fakultas Hukum Universitas Andalas, Padang
  • Tahun 1987 - LL.M., Universitas Dalhousie, Kanada
  • Tahun 1997 - Doktor Hukum Lingkungan Universitas Airlangga, Surabaya

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Hendra. "PELANTIKAN KETUA KAMAR AGAMA DAN KAMAR PEMBINAAN MAHKAMAH AGUNG RI". bawas.mahkamahagung.go.id. Diakses tanggal 2018-06-29. 
  2. ^ Media, Kompas Cyber (2008-12-30). "Wakil Ketua MA Terjatuh saat Lantik Hakim Agung - Kompas.com". KOMPAS.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-06-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]