Sutopo Juwono

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sutopo Yuwono)
Langsung ke: navigasi, cari
Sutopo Juwono
Letnan Jenderal (Purn) Sutopo Juwono
Kepala Badan Intelejen Negara
Informasi pribadi
Lahir 27 Mei 1927
Agama Islam

Letnan Jenderal (Purn) Sutopo Juwono (lahir di Yogyakarta, 27 Mei 1927; umur 86 tahun) adalah Gubernur Lemhannas periode 1978 - 1983. Ia menikah dengan Sunarni Gondosaputro dan dianugerahi lima anak (satu di antaranya meninggal pada tahun 1980).

Selepas STM jurusan kimia teknik, ia berkesempatan masuk Akademi Militer di Tokyo, Jepang. Bergabung dengan BKR (cikal bakal TNI) pada masa Revolusi Kemerdekaan, anak kedua dari tiga bersaudara pensiunan bupati di Yogyakarta itu bertugas di bagian R (rahasia). Ia tercatat sebagai salah seorang pendiri Badan Rahasia Negara yang dipimpin Kolonel Zulkifli Lubis. Pada tahun 1955, Sutopo masuk Seskoad bersama sejumlah perwira yang kelak berperan dalam masa Orde Baru, seperti Daryatmo, Makmun Murod, Widodo, S. Poniman dan Rais Abin. Kembali dari tugas belajar pada Sekolah Staf dan Komando Tentara AS di Fort Leavenworth, Kansas, Amerika Serikat, ia mengajar mata kuliah Serangan Khusus dan Kerja Sama AD dan AU di Seskoad.

Kepala Staf Kodam V Jaya dalam masa penumpasan G-30-S/PKI ini juga pernah menjadi Duta Besar RI di Belanda periode 1974-1978. Pada masa itulah lahir Kesepakatan Wassenaar antara Indonesia dan Belanda mengenai penyelesaian orang Maluku yang menetap di sana, baik yang terlibat gerakan separatis RMS di Maluku Selatan maupun yang tidak.