Susoh, Aceh Barat Daya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Susoh adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh, Indonesia.

Susoh terletak di pesisir pantai barat Aceh dan tidak memiliki wilayah pegunungan sehingga menjadi rujukan wisata bahari di kabupaten Aceh Barat Daya

Susoh
Negara Indonesia
ProvinsiAceh
KabupatenAceh Barat Daya
Pemerintahan
 • CamatZulfan
Populasi
 • Total23,429 jiwa
Kode Kemendagri11.12.04 Edit the value on Wikidata
Luas32 km²
Desa/kelurahan29/5

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Negeri Susoh didirikan oleh Datuk Baginda dan Datuk Tuha yang awal kedatangannya dimulai sejak tahun 1665 M dari Pariaman Sumatera Barat, hingga sampai ke daratan ini ditahun 1666 M.[1] Para pendiri Susoh adalah meraka yang berdarah Aceh menetap di Minangkabau sebagai wakil Sultan Aceh yang berkuasa selama 40 tahun di Pariaman, kemudian terusir akibat adanya Traktat Painan dan serangan dari VOC beserta Masyarakat Minang.[2] Menurut Aris Faisal Djamin nama Susoh berasal dari kata Susuah yang berarti taji ayam. Adapun menurut Haji Keuchik Nyak Abbas bin Keuchik Sabat (Mantan Keuchik Kedai Siblah), Nama Susoh berasal dari kata Su (Aceh: Suara) dan Soh (Aceh: Kosong). Dikarenakan Kerajaan Kuala Batee menakut-menakuti diaspora Aneuk Jamee dengan meriam tanpa peluru atau suara kosong (Aceh: Su Soh). Susoh merupakan pusat perdagangan dengan beberapa negeri sekitarnya, seperti Kuala Batu, Blangpidie, Lhok Pawoh Utara (Tangan-Tangan) dan Manggeng, serta dengan negeri Gayo Lues (Patiambang). Kenegerian Susoh mulai berkembang pada abad ke-17 (1601-1700 M). Kedatangan sejumlah koloni Aceh dari Minang  terbagi dalam dua fase, yaitu fase pertama atau yang awal adalah kedatangan para datuk yang secara nasab masih bersukukan Aceh. mereka datang dari Sumatera Barat bermigrasi ke daerah barat Aceh (Susoh) yang diperkirakan terjadi pada bagian kedua abad ke-17, karena semenjak Belanda menduduki Sumatera Barat melalui Traktat Painan tahun 1663 M. Fase kedua yaitu kedatangan rombongan Teuku Nanta Teuleubeh yang bergelar Datuk Makhdum Sati pada abad ke-18 dimasa pemerintahan Sultan Jamalul Alam Badrul Munir (1711-1733 M), Datuk Makhdum Sati sendiri adalah anak dari  Laksamana Muda Nanta yang ditugaskan oleh Sultan Iskandar Muda sebagai panglima angkatan perang Aceh di Andalas Barat tahun 1630, anak dari Laksamana Muda Nanta yaitu Teuku Nanta Teuleubeh yang digelari Datuk Makdum Sati datang ke Meulaboh dan mendarat di Rantau Dua Belah, kelak kemudian beliau membuka Negeri Woyla. Teluk Susoh pada abad 18 dan awal abad ke 19 merupakan salah satu pusat perdagangan di pantai barat Aceh dengan pelabuhannya di Kadai Susoh. Penduduk-penduduk yang ada di Susoh kemudian menyebar ke berbagai daerah di pantai barat tersebut.

Jembatan di atas sungai Aceh dekat Pante Perak (sekitar tahun 1880)

Daftar Desa/Kelurahan per Mukim[sunting | sunting sumber]

  1. Mukim Durian Rampak
    1. Desa Barat
    2. Desa Durian Jangek
    3. Desa Durian Rampak
    4. Desa Palak Hilir
    5. Desa Palak Hulu
    6. Desa Pante Perak
    7. Desa Rumah Dua Lapis
  2. Mukim Palak Kerambil
    1. Desa Kedai Palak Kerambil
    2. Desa Kedai Susoh
    3. Desa Ladang
    4. Desa Panjang Baru
  3. Mukim Pinang
    1. Desa Padang Baru
    2. Desa Pawoh
    3. Desa Pinang
    4. Desa Baharu
    5. Desa Pulau Kayu
    6. Desa Rumah Panjang
    7. Desa Ujung Padang
    8. Desa Geulima Jaya
  4. Mukim Rawa
    1. Desa Gadang
    2. Desa Kepala Bandar
    3. Desa Padang Hilir
    4. Desa Tengah
  5. Mukim Sangkalan
    1. Desa Cot Mancang
    2. Desa Lampoh Drien
    3. Desa Meunasah
    4. Desa Padang Panjang
    5. Desa Rubek Meupayong
    6. Desa Blang Dalam

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • (Indonesia) Profil Kabupaten Aceh Barat Daya) › abdya_2013 Diarsipkan 2021-10-11 di www1-media.acehprov.go.id › abdya_2013 Galat: URL arsip tidak dikenal
  1. ^ Faisal Djamin, Aris (2021). Susoh Cahaya Kemilau Peradaban. Banda Aceh: Badan Penelitian dan Pengembangan Aceh Culture and Education. 
  2. ^ Redaksi. "355 Tahun Negeri Susoh, Dari Darul Qarar ke Darussalam | Rakyat Aceh" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-11-09.