Kuala Batee, Aceh Barat Daya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kuala Batee
Negara Indonesia
ProvinsiAceh
KabupatenAceh Barat Daya
Pemerintahan
 • CamatKhairuman
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri11.12.05
Kode BPS1112050
Luas652 km²
Desa/kelurahan19

Kuala Batee adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh, Indonesia. Kuala Batee merupakan kelanjutan dari nama kerajaan yang pernah berkuasa di daerah tersebut, yaitu Kerajaan Kuala Batee.

Serangan Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Penduduk Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya pernah menjadi sasaran serangan kapal perang Amerika Serikat.[1] Potomac, nama kapal perang ini, membawa lebih dari 300 prajurit. Dikirim atas perintah Presiden Andrew Jackson sebagai bentuk hukuman bagi penduduk Kuala Batee yang pernah merampas kargo milik kapal dagang Amerika Serikat bernama Friendship. Penduduk Kuala Batee menyerang kapal tersebut karena merasa muak terhadap para pedagang Amerika Serikat yang suka mencurangi timbangan. Kargo yang dirampas bernilai sekitar mencapai 50.000 dollar Amerika Serikat. Salah satu muatannya adalah lada dan opium. Dalam serangan ini lebih dari 450 penduduk Kuala Batee tewas, sedangkan Amerika Serikat hanya kehilangan dua nyawa prajuitnya dan belasan lainnya terluka.

Daftar gampong[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]


  1. ^ "Ketika Amerika Menginvasi Aceh pada 1832". Historia - Majalah Sejarah Populer Pertama di Indonesia. 2015-06-14. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-12. Diakses tanggal 2021-04-12.