Surya Sahetapy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Surya Sahetapy
LahirPanji Surya Putra Sahetapy
23 Desember 1993 (umur 27)
Jakarta, Indonesia
Kebangsaan Indonesia
Nama lainSurya Sahetapy
PendidikanInstitut Teknologi Rochester
PekerjaanAktor
AnakGiscka Putri Agustina Sahetapy (kakak) (1982 - 2010)
Rama Putra Sahetapy(kakak)
Muhammad Raya (Adik)
Orang tua(Ayah) Ray Sahetapy
(Ibu) Dewi Yull
Situs webwww.suryasahetapy.com

Panji Surya Putra Sahetapy, atau yang lebih dikenal dengan Surya Sahetapy (lahir di Jakarta, 23 Desember 1993; umur 27 tahun) adalah seseorang Tuna rungu merupakan putra bungsu dari mantan pasangan suami istri Dewi Yull dan Ray Sahetapy. Meski divonis tuli sejak lahir, hal tersebut tak menjadi hambatan baginya untuk berprestasi dan meraih sukses.

Belum lama ini, Surya diketahui baru saja menyelesaikan pendidikan diploma di Institut Teknologi Rochester, New York dengan gelar Cum Laude.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Selama ini kita lebih acap menggunakan "tunarungu" sebagai sebutan bagi orang yang mengalami gangguan pendengaran. Namun dari obrolan saya dengan Surya, saya baru mengetahui bahwa mereka lebih senang dipanggil Tuli.

Tunarungu adalah kondisi medis gangguan pendengaran temporer dan bisa diperbaiki. Sementara Tuli adalah perspektif sosial budaya, orang yang tidak bisa dengar dan berkomunikasi dengan cara yang berbeda. Tuli adalah minoritas yang menggunakan bahasa isyarat, dan memiliki kebudayaan Tuli.

Bagaimanapun, dalam komunitas tidak mendengar terdapat 2 kelompok yaitu Tuli dan Hard of Hearing. Komunitas Tuli mengupayakan akses bahasa isyarat seperti pengajar fasih bahasa isyarat dan juru bahasa isyarat, sedangkan komunitas Hard of Hearing mengupayakan akses suara seperti alat bantu dengar. Selain itu, kedua kelompok tersebut juga memperjuangkan akses captioning bahasa Indonesia untuk mengakses masyarakat. [1].

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ idntimes.com (2020-09-8). "10 Fakta Keren Surya Sahetapy, Aktivis Tuli Penuh Prestasi - IDN Times". idntimes.com. Diakses tanggal 2020-07-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]