Surade, Sukabumi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Surade
Kecamatan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenSukabumi
Pemerintahan
 • CamatDrs. Tri Romadono
Kodepos43179
Luas364,19 km²
Jumlah penduduk73.146 jiwa
Kepadatan200,85 jiwa/km²
Desa/kelurahan12 desa/kelurahan

Surade adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan ini berjarak sekitar 63 km dari ibu kota Kabupaten Sukabumi. Melintasi jalan berkelok di perbukitan menjadikan suasana perjalanan seperti halnya perjalanan wisata, dengan pemandangan bukit teh, pinus dan perkebunan lainnya di sepanjang jalan. Sebagian besar wilayah Kecamatan Surade adalah areal pertanian, persawahan dan perkebunan. Pusat pemerintahannya berada di Kelurahan Surade.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara Kecamatan Jampang Kulon
Selatan Samudera Hindia
Barat Kecamatan Ciracap dan Kecamatan Waluran
Timur Kecamatan Cibitung dan Kecamatan Jampang Kulon

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Untuk hal pendidikan, di Kecamatan Surade terdapat sekolah mulai dari sekolah dasar sampai tingkat perguruan tinggi. Secara keseluruhan, anak anak yang sudah menginjak Sekolah Dasar, biasanya diwajibkan oleh orang tuanya mengikuti pengajian di pesantren, baik untuk belajar alQur'an maupun Hadits. Banyak Kiai dan Ustadz di daerah ini, beberapa diantaranya adalah KH Badri Satibi, M Ade Basuni, dan KH Zaelani. Beberapa sekolah menengah, merupakan sekolah plus pesantren seperti Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah, maupun beberapa Pondok Pesantren. Akan tetapi untuk mereka yang menginginkan pendidikan lebih luas banyak di antara penduduk menyekolahkan anaknya di daerah Kota Sukabumi untuk tingkat SLTA, dan tidak sedikit yang bersekolah di wilayah Jakarta dan Bandung untuk tingkat Perguruan Tinggi.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Mayoritas penduduk bekerja sebagai petani, sebagian lainnya banyak yang bekerja di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Sukabumi, dan lain lain. Agama yang dianut penduduk di Kecamatan Surade 100% adalah Islam. Banyak terdapat pesantren di wilayah ini.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Bedekatan dengan Kecamatan Surade, banyak dijumpai wahana wisata di antaranya Wisata Pantai, Wisata Air Terjun, Dayung dan Sungai, dan lain lain. Salah satu air terjun yang terkenal adalah "Curug Luhur Cigangsa".[1] selain itu terdapat sejumlah pantai berpasir putih seperti Pantai Karangtrisna, Pantai Minajaya, dan pantai lain yang belum dikelola.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]