Cicurug, Sukabumi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cicurug
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenSukabumi
Pemerintahan
 • CamatAgung Gunawan
Populasi
 • Total123.944 jiwa jiwa
Kode Kemendagri32.02.16 Edit the value on Wikidata
Luas4576,10 Ha
Desa/kelurahanBangbayang, Benda, Caringin, Cicurug, Cisaat, Kutajaya, Pasawahan, Mekarsari, Nanggerang, Nyangkowek, Purwasari, Tenjoayu, Tenjolaya
Pemandian Cimelati (1920-1931)
Seorang remaja Belanda di Cicurug tahun 1924

Cicurug adalah wilayah di suatu kecamatan di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan Cicurug didirikan sebagai distrik pada tahun 1776, ketika Bupati Tjiandjoer Wiratanu VI membagi Kepatihan Tjikole (pendahulu Kabupaten Sukabumi) dalam enam distrik. Kecamatan ini dulunya dijadikan Project Sample oleh belanda dalam masalah kekayaan budaya & wisata karena banyaknya pesantren, curug & sumber daya alamnya yang mempesona dunia sampai dinobatkan air di cicurug adalah air dengan kualitas terbaik di Asean sehingga banyak perusahaan air minum dalam kemasan berinvestasi di Cicurug. namun seiring waktu kini Cicurug berubah menjadi kawasan industri yang menyerap banyak karyawan wanita dari berbagai wilayah dijawabarat. Cicurug berasal dari dua akar kata yaitu Ci ( Air ) dan Curug ( Terjun ) dinamai tersebut karena di kawasan ini terdapat banyak sekali air terjun.

Cicurug terkenal dengan wilayah macetnya yang sangat mengerikan walaupun sudah terdapat jalan jalur alternatif dikarenakan beberapa pihak yang masih belum sadar tertib lalu lintas dengan pabrik-pabrik yang tidak mempunyai tempat parkir mandiri, angkot jemputan berhenti disembarang tempat, jalan utama yang rusak dan berlubang sehingga menyebabkan kemacetan setiap pagi saat masuk pabrik dan sore saat pulang pabrik. Masalah ini diharap bisa diselesaikan dengan regulasi pemerintah setempat kepada pihak pihak terkait.

Koordinat: 6°46′34″S 106°47′22″E / 6.77611°S 106.78944°E / -6.77611; 106.78944