Super Donal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Super Donal
Paperinik.jpg
Donal Bebek sebagai Super Donal. Gambar oleh Marco Rota.
Penampilan perdana "Paperinik il diabolico vendicatore," Topolino #706-707 tahun 1969
Pencipta Perusahaan Walt Disney
Informasi terkait
Nama alias
Saudara
Binatang peliharaan
Rekan
Musuh Gerombolan Siberat, Untung Angsa, Mimi Hitam

Super Donal adalah karakter fiksi Disney. Identitas Super Donal dirahasiakan untuk membalas dendam kepada Gober Bebek dan Untung Angsa secara diam-diam, tetapi dia juga bertarung melawan penjahat yang lain.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Versi asli Super Donal[sunting | sunting sumber]

Tahun 1969, beberapa anak-anak protes kepada penerbit Donal Bebek versi Italia kalau Donal selalu menjadi pecundang di cerita-cerita. Penulis Guido Martina dan artis Giovan Battista Carpi merespon dengan mejadikan Donal Pahlawan Super alias Super Donal. Di Denmark, petualangannya telah dipublikasi dalam buku kecil yang berjudul "Jumbobøger" atau "Buku-buku Jumbo" .

Pencipta memperkenalkan Super Donal dalam 2 bagian, cerita 60 halaman "Paperinik il diabolico vendicatore" dipublikasi pada tanggal 8 Juni dan 15 Juni 1969.

Debut cerita dimulai saat Donal menemukan catatan harian Fantomius, penjahat terkenal. Lalu dia menemukan peralatannya dan menggunakannya untuk membalas dendam pada Gober dengan mencuri kasurnya, lalu membuat Gober menyalahkan Untung. Namun Donal sadar kalau itu bisa digunakan untuk membasmi kejahatan, akhirnya munculah Super Donal.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]