Sumbergempol, Tulungagung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sumbergempol
Lokasi Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung.png
Peta lokasi Kecamatan Sumbergempol
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenTulungagung
Pemerintahan
 • Camat-
Luas- km²
Kepadatan- jiwa/km²
Desa/kelurahan17 desa

Sumbergempol adalah salah satu kecamatan yang terletak di Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Sumbergempol terletak di sebelah timur dari pusat kota Kabupaten Tulungagung. Atau lebih tepatnya 7 km ke arah tenggara dari alun-alun kabupaten Tulungagung. Sumbergempol termasuk dalam beberapa jajaran kecamatan di Kabupaten Tulungagung dengan potensi yang cukup besar.

Sumbergempol memiliki ibu kota kecamatan di Sumbergempol yang terletak di Desa Sumberdadi. Sumbergempol memiliki sebuah stasiun yang bernama Stasiun Sumbergempol.

Potensi-potensi yang ada di Sumbergempol diantaranya adalah industri keset (anyaman) dari kain perca, kawul (serabut kelapa) dan dari ijuk. Selain itu, ada juga industri-industri sapu yang terbuat dari tulang daun kelapa, serabut gandum, ijuk, dan sintetis. Kualitasnya-pun sangat membanggakan dibanding dengan lainnya. Di sepanjang jalan Provinsi di Kecamatan Sumbergempol, banyak terdapat kios-kios yang menjual hasil-hasil tersebut.

Peninggalan sejarah yang sekaligus dijadikan tempat wisata, salah satunya adalah Gua Pasir. Gua Pasir merupakan sebuah lubang kecil di gunung yang sedikit menjorok ke arah dalam. Gua ini terletak di Desa Junjung-Podorejo yang berada di perbatasan antara Sumbergempol-Kalidawir. Pada hakikatnya, gunung tempat gua ini berada merupakan sebuah bukit kecil yang berupa batuan-batuan padat.

Desa[sunting | sunting sumber]

  1. Bendiljati Kulon
  2. Bendiljati Wetan
  3. Bendilwungu
  4. Bukur
  5. Doroampel
  6. Jabalsari
  7. Junjung
  8. Mirigambar
  9. Podorejo
  10. Sambidoplang
  11. Sambijajar
  12. Sambirobyong
  13. Sumberdadi
  14. Tambakrejo
  15. Trenceng
  16. Wates
  17. Wonorejo