Sumbawa, Sumbawa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sumbawa
Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III, Sumbawa
Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III, Sumbawa
Negara Indonesia
ProvinsiNusa Tenggara Barat
KabupatenSumbawa
Pemerintahan
 • CamatIsmail. S.Sos (Plt)[1]
Populasi
 • Total63.282 jiwa
 • Kepadatan1,280/km2 (3,300/sq mi)
Kode pos
84311 - 84318
Kode Kemendagri52.04.08 Edit the value on Wikidata
Luas49,42 km²
Desa/kelurahan8 Kelurahan

Sumbawa merupakan kecamatan dan sekaligus ibu kota dari Kabupaten Sumbawa, di Pulau Sumbawa provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Kecamatan Sumbawa merupakan salah satu kota kecamatan terpadat di pulau Sumbawa selain Bima dan kecamatan Dompu, Dompu.

Kependudukan[sunting | sunting sumber]

Penduduk asli pulau Sumbawa adalah suku Sumbawa atau Samawa, suku Dompu dan suku Bima, termasuk di kabupaten Sumbawa. Ada juga suku lain dari daerah lain, selain suku Sasak, umumnya dari Nusa Tenggara Timur dan Bali, dan dari daerah lainnya di Indonesia. Sehingga, sebagai ibu kota kabupaten, kecamatan Sumbawa sangat heterogen, baik suku maupun agama yang dianut masyarakat. Tahun 2021, jumlah penduduk kecamatan Sumbawa sebanyak 63.282 jiwa, dengan kepadatan 1.280 jiwa/km².[2]

Berdasarkan data kementerian Dalam Negeri catatan kependudukan 2021, mencatat bahwa mayoritas penduduk kecamatan Sumbawa memeluk agama Islam. Adapun persentasi penduduk kecamatan Sumbawa menurut agama yang dianut adalah pemeluk agama Islam 91,71%, kemudian Kekristenan sebanyak 5,40% dimana Katolik 3,10% dan Protestan 2,30%. Kemudian pemeluk agama Hindu 2,49, Buddha 0,32%, kepercayaan dan Konghucu 0,08%.[2]

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Keberadaan Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin III merupakan pintu masuk melalui udara ke Kota Sumbawa khususnya serta Kabupaten Sumbawa dan Pulau Sumbawa umumnya, selain Bandar Udara Sultan Muhammad Salahudin di Kota Bima.[3] Transportasi darat di Sumbawa meliputi transportasi berupa taksi dan becak. Terdapat juga travel menyediakan jasa untuk di sumbawa.

Wisata[sunting | sunting sumber]

Salah satu wisata pantai yang dikenal dari kawasan ini adalah pantai Sandro Pole, di ujung kelurahan Brang Biji, kecamatan Sumbawa.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kontak Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa, covid19.sumbawakab.go.id, 21 September 2021
  2. ^ a b c "Visualisasi Data Kependudukan - Kementerian Dalam Negeri 2021" (Visual). www.dukcapil.kemendagri.go.id. Diakses tanggal 21 September 2021. 
  3. ^ Donnal Putera, Andri. Erlangga Djumena, ed. "Jokowi Bakal Resmikan Terminal Baru Bandara di Sumbawa". ekonomi.kompas.com. Diakses tanggal 21 September 2021.