Stasiun Rejoso

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Stasiun Rejoso
Logo PT KAI (Persero) (New version 2016).svg
PapanNamaStasiun RO.png
  • Singkatan: RO
  • Nomor: 5162
Stasiun Rejoso.jpg
Stasiun Rejoso.
Lokasi
ProvinsiJawa Timur
KabupatenPasuruan
KecamatanRejoso
DesaArjosari
AlamatNasional 1 Jalan Raya Rejoso / Pasuruan-Probolinggo
Kode pos67181
Informasi lain
OperatorDaerah Operasi IX Jember
Kelas stasiun[1]III/kecil
Ketinggian+6 m
Letak[2]km 71+867 lintas Surabaya Kota-Probolinggo-Kalisat-Panarukan
LayananHanya untuk persilangan dan persusulan antarkereta api.
Konstruksi dan fasilitas
Jumlah jalur2 (jalur 1: sepur lurus)
Jumlah peron2 (satu peron sisi dan satu peron pulau yang sama-sama rendah)

Stasiun Rejoso (RO) adalah stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Arjosari, Rejoso, Pasuruan. Stasiun yang terletak pada ketinggian +6 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi IX Jember. Letaknya agak masuk dari jalan raya Pasuruan-Probolinggo, tepat di seberang pabrik PT Cheil Jedang Indonesia (CJI). Stasiun ini hanya memiliki dua jalur kereta api dengan jalur 1 sebagai sepur lurus.

Dahulu stasiun ini memiliki jalur cabang yang terhubung dengan Pabrik Gula Kedawung, bahkan hingga tahun 2014 terdapat persilangan dengan jalur lori tebu di sebelah timur stasiun. Persilangan ini merupakan persilangan terakhir yang beroperasi, di mana jalur lori tebu bersilang dengan jalur utama yang aktif.

Stasiun ini dulunya merupakan stasiun untuk pengangkutan barang, terbukti dengan keberadaan gudang di sebelah barat yang digunakan sebagai tempat penyimpanan barang sementara sebelum diangkut dengan kereta api. Saat ini kondisi stasiun sangat sepi karena angkutan barangnya sudah ditiadakan dan tidak ada kegiatan naik turun penumpang. Stasiun ini juga memiliki loket penjualan tiket, tetapi saat ini tidak pernah difungsikan karena tidak ada kereta api yang berhenti normal untuk melayani penumpang di stasiun ini.

Satu-satunya kereta api yang berhenti di stasiun ini adalah KA Tawang Alun tujuan Bangil bersambung Malang (KA 206/207) untuk bersilang dengan KA Mutiara Timur Siang tujuan Banyuwangi (KA 87) yang melintas langsung.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Buku Informasi Direktorat Jenderal Perkeretaapian 2014 (PDF). Jakarta: Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan Indonesia. 
  2. ^ Subdit Jalan Rel dan Jembatan (2004). Buku Jarak Antarstasiun dan Perhentian. Bandung: PT Kereta Api (Persero). 
Stasiun sebelumnya   Logo PT KAI (Persero) (New version 2016).svg Lintas Kereta Api Indonesia Logo of the Ministry of Transportation of the Republic of Indonesia.svg   Stasiun berikutnya
menuju Bangil
Bangil–Kalisat
menuju Kalisat

Koordinat: 7°41′29″S 112°58′04″E / 7.691386°S 112.967914°E / -7.691386; 112.967914