Siemens & Halske

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Siemens & Halske
IndustriTeknik listrik
NasibBergabung dengan Siemens
Didirikan1847
PendiriWerner von Siemens
Johann Georg Halske
Ditutup1966
Kantor
pusat
Berlin, Jerman
Selembar saham Siemens & Halske AG, dirilis bulan Mei 1920[1]

Siemens & Halske AG (atau Siemens-Halske) adalah sebuah perusahaan teknik listrik asal Jerman yang kemudian menjadi bagian dari Siemens.

Perusahaan ini didirikan pada tanggal 12 Oktober 1847 dengan nama Telegraphen-Bauanstalt von Siemens & Halske oleh Werner von Siemens dan Johann Georg Halske di Berlin-Kreuzberg. Awalnya perusahaan ini fokus memproduksi telegraf listrik yang dipatenkan oleh Charles Wheatstone pada tahun 1837. Pada tahun 1848, Siemens & Halske membangun salah satu jalur telegraf pertama di Eropa, yakni dari Berlin ke Frankfurt am Main. Siemens & Halske kemudian menempatkan perwakilan di Britania Raya (Carl Wilhelm Siemens) dan Rusia (Carl Heinrich von Siemens), serta membangun pabrik produksi kabel di Woolwich dan Saint Petersburg. Perkembangan Siemens & Halske juga didukung oleh generator listrik (dinamo) yang dipatenkan oleh Werner von Siemens pada tahun 1867.

Generator listrik Siemens & Halske LH8 dipamerkan di Benteng Klapperkop, Pretoria

Pada tahun 1881, Siemens & Halske membangun jalur trem Gross-Lichterfelde, yang merupakan jalur trem listrik pertama di dunia, di barat daya Lichterfelde, dan kemudian membangun Trem Mödling dan Hinterbrühl, di dekat Wina, yang merupakan trem listrik antar kota pertama di Austria–Hungaria. Pada tahun 1882, Siemens & Halske membuka jalur eksperimental "Elektromote", sebuah konsep bus listrik di Halensee. Meningkatnya popularitas telegraf, trem listrik, serta generator dan motor listrik, pun membuat Siemens & Halske makin berkembang.

Perusahaan ini tidak sendiri dalam industri teknik listrik. Pada tahun 1887, Emil Rathenau mendirikan Allgemeine Elektrizitäts-Gesellschaft (AEG), yang kemudian menjadi kompetitor utama Siemens & Halske.

Werner von Siemens mengundurkan diri pada tahun 1890, sementara Johann Georg Halske telah mengundurkan diri sejak tahun 1867. Saudara Werner von Siemens, Karl Heinrich, bersama dengan anak Werner, Arnold dan Georg Wilhelm pun mengambil alih perusahaan ini, dan mendirikan pabrik baru di tepi barat Sungai Spree, di Charlottenburg, pada tahun 1897. Pabrik baru ini pun terus berkembang, dan mulai tahun 1899, pabrik ini disebut sebagai Siemensstadt.

Pabrik kabel Siemens & Halske di Berlin-Siemensstadt, sekitar tahun 1900

Pada tahun 1903, Siemens & Halske menggabungkan sebagian bisnisnya dengan Schuckert & Co., Nuremberg, untuk membentuk Siemens-Schuckert. Siemens & Halske AG pun mengalihkan fokusnya ke bidang teknik komunikasi. Selama Perang Dunia I, Siemens-Halske juga menjadi merek bagi mesin rotary yang berdesain unik dan canggih, seperti Siemens-Halske Sh.I dan Sh.III. Kemudian, Siemens juga mendirikan beberapa anak usaha, dan Siemens & Halske AG ditunjuk menjadi perusahaan induk dari beberapa anak usaha tersebut.

Selama Perang Dunia II, Siemens & Halske juga mempekerjakan tahanan kamp konsentrasi Nazi.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Suppes 94/95 Historische Wertpapiere. WWA Bernd Suppes. 1994. hlm. 313. ISSN 0936-9406. 
  2. ^ http://www.rosalux.de/publication/14103/siemens-amp-halske-im-frauenkonzentrationslager

Pranala luar[sunting | sunting sumber]