Ernst Werner von Siemens

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ernst Werner von Siemens
Ia adalah pendiri perusahaan listrik dan telekomunikasi Siemens
Lahir 13 Desember 1816
Lenthe,
Hannover, Jerman
Meninggal 19 Agustus 1662 (umur 39)
Paris, France
Kediaman Deutschland
Kebangsaan Germany
Era 18th-century philosophy
Aliran Science
Minat utama {{Physics}}
Gagasan penting
Ernst Werner von Siemens (1816-1892), Ia adalah pendiri perusahaan listrik dan telekomunikasi Siemens

Ernst Werner von Siemens (lahir, 13 Desember 1816, Lenthe, Prusia [sekarang di Jerman] - meninggal, 6 Desember 1892, Charlottenburg, Berlin, Jerman) adalah seorang insinyur dari Jerman yang memainkan peran penting dalam pengembangan industri telegraf.[2] Siemens nama keluarga di Jerman yang keempa anggoanya menjadi insinyur, penemu, dan pengusaha industri. Mereka adalah Ernst Werner Von Siemens, Sir William, Siemens, Friedrich Siemens, Carl Friedrich von Siemens. Mereka adalah tokoh-tokoh besar yang mempelopori perkembangan industri listrik dan baja. Dari keempat bersaudara itu yang terkenal adalah Werner dan William.

Ernst Werner von Siemens, seorang insinyur, penemu, pengusaha industri, dan anggota parlemen. Dia menemukan proses electroplating (1842), getah perca untuk mengisolasi kabel (1847), dinamo induksi diri(1866), pengatur diferensial untuk memproduksi benda anastatik untuk memproduksi benda cetak (1844), mesin uap regeneratif, kondensor, dan fotometer selenium. Dia mendirikan perusahaan Siemens dan Halske (1847) di Berlin yang berkembang pesat dan menjadi perusahaan terkemuka di eropa.

Kisah Perjalanan Hidup[sunting | sunting sumber]

Pada 1874 , cabang-cabang perusahaannya di London memasang kabel trans-Atlantik. Tujuh tahun kemudian, dia membangun rel kereta api listrik pertama di dunia di Lichterfelde, pinggir ibukota Jerman, Berlin.

Werner yang lahir di Lenthe, dekat Hannover, Jerman, sesudah tamat sekolah di Lubeck dia masuk ke dinas ketentaraan Prusia sebagai sukarelawan. Ketika itu umurnya yang waktu itu baru menginjak 17 tahun. Di tempat ini dia dididik menjadi insinyur. Namun, ayahnya tidak mampu membiayai sekolahnya. Kemudian, dia masuk akademi militer di Berlin.

Pada 1840, ayah Werner meninggal. Werner terpaksa membiayai dan membesarkan pendidikan 9 orang adiknya. Setahun kemudian, dia mendapat pekerjaan bengkel arteleri di Berlin. Namun, dia dijebloskan ke penjara karena terlibat antara adiknya dengan adik perwira lain. Selama di penjara dia menggunakan waktunya untuk berekperimen kimia. Hasilnya, dia menemukan electroplating (1842), yaitu proses melapis logam dengan arus listrik.

Beberapa bulan kemudian secara kebetula dia melihat model awal telegraf listrik buatan Sir Charles Whearstone (1837). Werner menyadari betapa pentingnya pesawat itu untuk komunikasi internasional. Dia segera bekerja keras untuk memperbaiki pesawat tersebut. Pihak militer segera tahu bahwa Werner sangat ahli di bidang telegraf. Maka, pada 1847 dia ditugaskan memasang kabel bawah tanah. Tetapi, waktu itu belum ada bahan untuk mengisolasi kabel.

Setelah menyelesaikan studi sekolah dasarnya di Lubeck, Siemens bergabung dengan artileri Prusia pada usia 17 tahun untuk mengikuti pelatihan di bidang teknik.[2] Ia melakukan percobaan kimia pertama pada tahun 1842 dan menemukan penemuan pertamanya yaitu proses elektroplating.[2][3] Sekitar tahun 1841 sebelumnya Ia memiliki kesempatan mengikuti lokakarya artileri di Berlin, kemudian Ia melakukan penelitian dan menghasilkan penemuan tersebut.[2]

Ketika Siemens melihat model awal dari sebuah telegraf listrik yang ditemukan oleh Sir Charles Wheatstone pada tahun 1837, Ia menyadari bahwa ada kemungkinan dengan adanya komunikasi internasional akan menciptakan perbaikan dan kemudian karena Ia adalah seorang spesialis pada telegraf listrik, ia meletakkan garis bawah tanah untuk para tentara Prusia pada tahun 1847 dan pada saat yang sama, Ia membujuk mekanik muda bernama Johann Georg Halske untuk memulai membuat sebuah pabrik telegraf di Berlin.[2] Pada tahun 1848, selama permusuhan dengan Denmark di Kiel, Siemens meletakkan garis telegraf pemerintah dari Berlin ke Majelis Nasional Frankfurt, dan diawasi peletakan barisnya ke bagian lain dari Jerman.[2] Pada tahun 1849 ia mengundurkan diri komisi untuk menjadi produsen telegraf.[2]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama MCS
  2. ^ a b c d e f g "Encyclopedia Britannica". Diakses tanggal 19 Juni 2014. 
  3. ^ "Encyolopedia". Diakses tanggal 19 Juni 2014.