Skywarp

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Skywarp
Decepticon
Sub-grupVoyagers
Seekers
FungsiWarrior
RekanThundercracker
Semboyan"Strike when the enemy isn't looking."
"Strike when their backs are turned!"
Model alternatifF-15 Eagle
Sukhoi Su-47 Berkut
Cybertronian jet
Dassault Rafale Fighter Jet
P-51 Mustang
COBRA Rattler
19th century flying machine
SeriTransformers: Animated
Transformers: Generation 1
Machine Wars
Transformers: Robot Masters
Transformers: Universe
Transformers Classics
Smallest Transformers

Skywarp adalah nama untuk salah satu karakter robot fiksi dari serial The Transformers. Ia merupakan salah satu anggota Decepticons sub grup Seekers. Mode alternatifnya adalah pesawat tempur F-15 Eagle, atau Su-47 Berkut, dengan warna hitam-ungu.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Skywarp, sesuai namanya, bisa melakukan sebuah aksi telepati kapanpun ia mau.

Dari biodatanya, Skywarp bisa melancarkan aksi telepati (baik kepada Autobots atau Decepticons) dan mengacaukan pikiran mereka yang terkena aksi metafisik tersebut. Namun untuk urusan kecerdasan, Skywarp masih berada dibawah dua teman setianya, yaitu Starscream dan Thundercracker.

Satu hal yang membuat ia disukai oleh Megatron adalah, ia sangat loyal dan patuh, berbeda dengan Starscream yang bermuka dua, atau Thundercracker yang ceroboh.

Pengisi suara Skywarp adalah Frank Welker dalam versi Inggris, dan Masashi Ebara dalam versi Jepang.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Skywarp adalah robot Transformers pertama yang dibangunkan kembali di Bumi pada 1984, kemudian ia membantu Megatron dan Decepticons yang lain untuk kembali berfungsi. Ia (oleh super komputer Teletraan I) dibangkitkan menjadi sebuah pesawat F-15 Eagle, sama seperti Starscream dan Thundercracker. Aksi pertamanya di Bumi adalah saat menyerang Ironhide dan Bluestreak dengan kekuatan metafisiknya.

Meskipun termasuk salah satu karakter terfavorit dalam Transformers, Skywarp hanya mendapat beberapa peran kecil dalam serial tersebut. Ia memang terkenal sebagai punggawa yang loyal pada Megatron selain Soundwave, tetapi ia masih kalah tangguh ketimbang panglimanya, Starscream

Beberapa episode yang melibatkan Skywarp antara lain, kehilangan energinya saat diambil oleh Megatron ("Roll for it"); Menjadi ajudan Megatron saat menolong beberapa Decepticons di Pegunungan Andes, dimana Starscream disuruh Megatron menjadi penjaga ("Fire in the Sky"); diserang oleh Starscream saat Starscream akan pergi lewat Jembatan Luar Angkasa menuju Cybertron untuk mencuri komponen kepribadian untuk membangun Combaticons ("Starscream's Brigade").

Dalam episode "The Immobilizer", Skywarp menyerang Autobots dengan "Bouncer Bomb," namun serangan itu malah salah sasaran, dan akhirnya dihancurkan oleh Megatron dalam mode pistol. Ini merupakan satu-satunya penampilan dimana Skywarp menggunakan kekuatan supernya dalam serial G1.

Pada 2005, Skywarp merupakan satu di antara sekian banyak Decepticons yang terluka saat perang di Autobot City. Bersama Megatron dan beberapa Decepticons lain, Skywarp menghadap Unicron. Unicron kemudian menggunakan Skywarp untuk membangun ulang tubuhnya menjadi Cyclonus, tetapi ini menjadi kontroversi sampai sekarang, karena tidak ada rilis yang jelas tentang siapa sebenarnya Cyclonus tersebut.

Transformers: Unicron Trilogy[sunting | sunting sumber]

Armada[sunting | sunting sumber]

Skywarp dalam versi ini tidak tampil dalam serial TV, tetapi dalam komik diceritakan ia merupakan teman baik dari Scavenger. Dalam buku terakhir versi Armada, Skywarp menjadi saksi dari kekalahan Unicron, dan ia bersama seluruh Decepticons dan Autobots, turut merayakan kekalahan Unicron.

Cybertron[sunting | sunting sumber]

Kembali dalam versi ini Skywarp tidak tampil dalam serial TV. Dalam promo, mainan ia tampil dalam bentuk pesawat Sukhoi Su-37 Terminator.

Skywarp tidak tampil dalam serial TV dikarenakan ia masuk dalam list versi Amerika Serikat. Sementara serial TV Transformers: Unicron Trilogy merupakan serial yang dibuat di Jepang, dan tidak memasukan nama Skywarp dalam list karakternya.

Transformers film[sunting | sunting sumber]

Merujuk pada keterangan produser Tom DeSanto, daftar Decepticons yang tadinya akan ditampilkan dalam Transformers versi 2007 adalah Megatron, Starscream, Soundwave, Ravage, Laserbeak, Rumble, Skywarp and Shockwave.

Transformers: Animated[sunting | sunting sumber]

Dalam serial ini, Skywarp merupakan hasil kloning dari Starscream, dengan warna yang sama dengan yang di G1, dan dijalankan dengan kendali dari otak Starscream. Ia kali ini bisa berubah menjadi pesawat Sukhoi Su-47 Berkut. Lucunya, di dua episode terakhir pasukan Starscream ini malah berbalik memihak Megatron. Dan kemudian semua kloning Starscream, termasuk Skywarp berhasil dikalahkan oleh Omega Supreme hanya dengan satu sepakan kaki saja.

Pengisi suara dalam Transformers: Animated adalah aktor Tom Kenny.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Seekers – Sub tim Decepticons pimpinan Starscream.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]