Sidomulyo, Limpung, Batang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sidomulyo
Desa
[[Berkas:Peta Sidomulyo.JPG
Peta lokasi Desa Sidomulyo|250px|Lokasi Sidomulyo]]
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenBatang
KecamatanLimpung
Kodepos51271
Luas230,26 ha
Jumlah penduduk2.985 jiwa (2018)
Kepadatan1.297 jiwa/km2


Desa Sidomulyo adalah salah satu Desa yang berada di Kecamatan Limpung. Desa Sidomulyo tepatnya berada di sebelah barat daya dari wilayah Kecamatan Limpung. Di sebelah utara berbatasan dengan Desa Kalisalak, sebelah timur berbatasan dengan Desa Donorejo, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Wonokerso, dan sebelah barat berbatasan dengan wilayah Kecamatan Pecalungan tepatnya Desa Gumawang.

Desa Sidomulyo terdiri dari 8 dusun/dukuh, 7 RW dengan total ada 16 RT. Dusun tersebut yaitu Sidomulyo, Belimbing, Maron, Wonoboyo, Tinembang, Klinggan, Banaran, dan Manggisan. Adapun kantor desa berada di dusun Sidomulyo.

Mata pencaharian utama penduduk di desa ini ada bertani. Selain itu juga ada yang pedagang, pegawai, wiraswasta dll. Hasil pertanian utamanya adalah padi. Selain itu juga ada jagung, ketela pohon, ketela rambat dll. Pohon sengon juga banyak dihasilkan di desa ini terutama untuk bahan kayu lapis.

Untuk pendidikan, sebagian besar penduduk masih lulusan SD terutama pada penduduk usia tua. Sedangkan untuk usia muda sudah banyak yang mengenyam SMA/SMK bahkan banyak juga yang kuliah. Untuk fasilitas pendidikan formal di desa ini ada 3 Sekolah Dasar (SD) dan 2 Taman Kanak-kanak (TK). Sedangkan untuk mendidikan keagamaan ada Madrasah Diniyah yang fokus pada pendidikan agama Islam.