Sidang RuSHA

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sidang RuSHA
Hari pertama dari Persidangan RuSHA, 20 Oktober 1947
Dakwaan7 Juli 1947, Nuremberg
Diputuskan10 Maret 1948

Sidang RuSHA (secara resmi, Amerika Serikat vs. Ulrich Greifelt, dkk.) adalah persidangan terhadap 14 pejabat SS yang dituduh melaksanakan kebijakan rasial Nazi.

Ini merupakan persidangan kedelapan dari dua belas persidangan yang diselenggarakan di Nuremberg oleh otoritas Amerika Serikat untuk kejahatan perang Nazi setelah berakhirnya Perang Dunia II. Keduabelas persidangan ini semuanya diselenggarakan di depan pengadilan militer Amerika Serikat di zona pendudukan mereka di Jerman, bukan di depan Pengadilan Militer Internasional, meskipun berlangsung di ruangan yang sama, di Istana Kehakiman. Keduabelas persidangan Amerika Serikat ini secara kolektif dikenal sebagai "Sidang Nürnberg lanjutan" atau, secara lebih resmi, sebagai "Persidangan Tahanan Perang di Hadapan Pengadilan Militer Nuremberg" (NMT).[1]

Hanya empat dari empat belas terdakwa adalah anggota RuSHA (Rasse- und Siedlungshauptamt, "Kantor Utama Ras dan Pemukiman").[2] Yang lainnya berasal dari kantor Komisioner Reich untuk Konsolidasi Kebangsaan Jerman (Reichskommissar für die Festigung des deutschen Volkstums, RKFDV; yang dipegang oleh Heinrich Himmler); Kantor Repatriasi Orang Jerman Etnis (Volksdeutsche Mittelstelle, VoMi); dan masyarakat Lebensborn. Dakwaan-dakwaan tersebut berpusat pada kegiatan pembersihan rasial dan pemukiman mereka.

Para hakim dalam kasus ini, yang didengarkan di depan Mahkamah Militer I, adalah Lee B. Wyatt (hakim ketua), Hakim asosiasi Mahkamah Agung Georgia; Daniel T. O'Connell dari Mahkamah Agung Yudisial Massachusetts, dan Johnson T. Crawford dari Oklahoma. Kepala Penasihat Jaksa Penuntut adalah Telford Taylor. Dakwaan disampaikan pada tanggal 7 Juli 1947; persidangan berlangsung dari tanggal 20 Oktober 1947 hingga 10 Maret 1948.[1]

Dakwaan[sunting | sunting sumber]

  1. Kejahatan terhadap kemanusiaan dalam rangka program-program "kemurnian ras" dengan menculik anak-anak, mendorong atau memaksa perempuan hamil "non-Arya" untuk melakukan aborsi, memberikan layanan aborsi, dan menghapus kasus-kasus aborsi dari yurisdiksi pengadilan Polandia; penjarahan, deportasi penduduk dari tanah asal mereka di negara-negara yang diduduki dan pemukiman kembali "orang Jerman etnis" (Volksdeutsche) di tanah-tanah tersebut, mengirim orang-orang yang telah menjalani hubungan seksual "antarrasial" ke kamp konsentrasi, serta berpartisipasi secara umum dalam penindasan Yahudi.
  2. Kejahatan perang atas alasan yang sama.
  3. Anggota dalam sebuah organisasi kriminal, SS.

Semua terdakwa didakwa pada dakwaan 1 dan 2. Inge Viermetz dikecualikan dari dakwaan 3. Semua terdakwa menyatakan "tidak bersalah".[1]

Terdakwa[sunting | sunting sumber]

Foto wajah Nama Jabatan Dakwaan Hukuman
Ulrich Greifelt Kepala Staf RKFDV Dinyatakan bersalah atas ketiga dakwaan. Penjara seumur hidup; meninggal di penjara pada tahun 1949.
Rudolf Creutz Wakil dari Greifelt Dinyatakan bersalah atas ketiga dakwaan. 15 tahun; dikurangi menjadi 10 tahun; dibebaskan pada tahun 1951; meninggal pada tahun 1980.
Konrad Meyer-Hetling Kepala Kantor di RKFDV Dinyatakan bersalah atas dakwaan 3 Waktu yang sudah dijalani (sejak 27 Mei 1945); dibebaskan setelah putusan; meninggal pada tahun 1973.
Otto Schwarzenberger [de] Kepala Kantor di RKFDV Dinyatakan bersalah atas dakwaan 3 Waktu yang sudah dijalani (sejak 2 Mei 1945);
dibebaskan setelah putusan; meninggal pada tahun 1978.
Herbert Hübner (SS officer) [de] Kepala Kantor Poznań di RKFDV dan perwakilan RuSHA di barat Polandia Dinyatakan bersalah atas ketiga dakwaan. 15 tahun; dikurangi menjadi 10 tahun; dibebaskan pada tahun 1951.
Werner Lorenz Kepala VoMi Dinyatakan bersalah atas ketiga dakwaan. 20 tahun; dikurangi menjadi 15 tahun; dibebaskan pada tahun 1954; meninggal pada tahun 1974.
Heinz Brückner [de] Kepala Kantor di VoMi Dinyatakan bersalah atas ketiga dakwaan. 15 tahun; dikurangi menjadi 10 tahun; dibebaskan pada tahun 1951; meninggal pada tahun 1968.
Otto Hofmann Kepala RuSHA hingga 20 April 1943, kemudian kepala SS di Jerman barat daya Dinyatakan bersalah atas ketiga dakwaan. 25 tahun; dikurangi menjadi 15 tahun; dibebaskan pada tahun 1954; meninggal pada tahun 1982.
Richard Hildebrandt Kepala RuSHA, pengganti Hofmann Dinyatakan bersalah atas ketiga dakwaan. 25 tahun; diserahkan kepada otoritas Polandia dan dieksekusi pada tahun 1951.
Fritz Schwalm [de] Kepala Staf RuSHA dan kepala "Kantor Imigrasi" (Einwandererzentrale, EWZ) di Łódź Dinyatakan bersalah atas ketiga dakwaan. 10 tahun; dibebaskan pada tahun 1951; meninggal pada tahun 1985.
Max Sollmann [de] Kepala masyarakat Lebensborn Dinyatakan bersalah atas dakwaan 3. Waktu yang sudah dijalani (sejak 6 Juli 1945);
dibebaskan setelah putusan; meninggal pada tahun 1978.
Gregor Ebner Kepala Departemen Kesehatan Lebensborn Dinyatakan bersalah atas dakwaan 3. Waktu yang sudah dijalani (sejak 5 Juli 1945);
dibebaskan setelah putusan; meninggal pada tahun 1974.
Günther Tesch [de] Kepala Departemen Hukum Lebensborn Dinyatakan bersalah atas dakwaan 3. Waktu yang sudah dijalani (sejak 13 Mei 1945);
dibebaskan setelah putusan; meninggal pada tahun 1989.
Inge Viermetz Wakil dari Sollmann Dibebaskan dari dakwaan 1 dan 2. Dibebaskan; meninggal pada tahun 1997.

Keempat anggota Lebensborn tidak dinyatakan bersalah atas dakwaan 1 dan 2 dalam surat dakwaan. Tribunal menganggap masyarakat Lebensborn tidak bertanggung jawab atas penculikan anak-anak, yang dilakukan oleh pihak lain.[1]

Greifelt meninggal di Penjara Landsberg pada tanggal 6 Februari 1949. Hildebrandt diserahkan kepada otoritas Polandia. Dia diadili atas kejahatan berbeda di Polandia dan dihukum mati. Dia digantung pada tanggal 10 Maret 1951. Hübner, Brückner, dan Schwalm dibebaskan pada tahun 1951. Juga pada tahun itu, hukuman Hofmann dan Lorenz dikurangi menjadi 15 tahun, dan hukuman Creutz menjadi 10 tahun. Hofmann dibebaskan pada tahun 1954.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "The Mazal Library". Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 September 2002. Diakses tanggal 5 Januari 2005. 
  2. ^ Priemel, Kim Christian (2016). The Betrayal: The Nuremberg Trials and German Divergence. Oxford University Press. hlm. 256. ISBN 978-0-19-256374-3. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]