Sicario (film 2015)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sicario
Sicario poster.jpg
Poster film Sicario
Sutradara Denis Villeneuve
Produser Basil Iwanyk
Thad Luckinbill
Trent Luckinbill
Edward McDonnell
Molly Smith
Skenario Taylor Sheridan
Pemeran Emily Blunt
Benicio del Toro
Josh Brolin
Victor Garber
Musik Jóhann Jóhannsson
Sinematografi Roger Deakins
Penyunting Joe Walker
Perusahaan
produksi
Black Label Media
Thunder Road Pictures
Distributor Lionsgate
Tanggal rilis
  • 19 Mei 2015 (2015-5-19) (Festival Film Cannes)
  • 18 September 2015 (2015-9-18) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 2 Oktober 2015 (2015-10-2) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
121 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Bahasa Inggris
Bahasa Spanyol
Anggaran $30 juta[2]
Pendapatan kotor $84,872,444[3]

Sicario adalah film aksi laga kriminal thriller Amerika Serikat tahun 2015 yang disutradarai oleh Denis Villeneuve dan diproduseri oleh Basil Iwanyk, Thad Luckinbill, Trent Luckinbill, Edward McDonnell dan Molly Smith. Naskah film ini ditulis oleh Taylor Sheridan berdasarkan kisah nyata para anggota FBI yang ditugaskan oleh pemerintahan Amerika Serikat untuk menembak mati pemimpin kartel narkoba yang paling berkuasa dan brutal di Meksiko ketika terjadi perang narkoba Meksiko. Film ini dibintangi oleh Emily Blunt, Benicio del Toro, Josh Brolin dan Victor Garber.

Film Sicario merupakan film kolaborasi kedua Emily Blunt dan Benicio del Toro setelah film The Wolfman. Film ini juga merupakan film kolaborasi kedua Benicio del Toro dan Josh Brolin setelah film Inherent Vice. Film ini ditayangkan secara perdana di Festival Film Cannes pada tanggal 19 Mei 2015[4][5] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 18 September 2015 secara terbatas dan 2 Oktober 2015 secara luas.[6] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Di Chandler, Arizona, agen FBI Kate Macer (Emily Blunt) dan Reggie Wayne (Daniel Kaluuya) memimpin sebuah serangan yang diduga markas kartel-kartel Meksiko, di mana mereka menemukan puluhan mayat yang membusuk dan jebakan yang menewaskan dua petugas. Setelah penggerebekan tersebut, atasan Kate merekomendasikannya menjadi anggota tim khusus gabungan Departemen Kehakiman Amerika Serikat di bawah pengawasan Matt Graver (Josh Brolin), untuk menangkap letnan kartel Sonora Manuel Díaz (Bernardo P. Saracino). Matt mengklaim sebagai penasihat Departemen Kehakiman namun tidak jelas secara sengaja setiap kali Kate meminta rincian tentangnya atau misinya.

Dengan pesawat jet pribadi ke El Paso, Texas, Kate bertemu dengan rekan Matt, Alejandro Gillick (Benicio del Toro) yang misterius. Bergabung dengan agen DEA dan unit Delta Force Angkatan Darat Amerika Serikat, tim tersebut melakukan perjalanan ke Ciudad Juárez, Meksiko, untuk mengekstradisi Guillermo Diaz, salah satu orang kepercayaan Manuel dan saudaranya. Di lintasan perbatasan, tim tersebut mempercepat penyergapan dengan membunuh banyak pria bersenjata di kartel Meksiko. Di pangkalan udara Amerika Serikat, Alejandro menyiksa Guillermo, mempelajari sebuah terowongan yang digunakan Manuel untuk menyelundupkan obat-obatan ke Amerika Serikat, namun Kate mulai mempertanyakan keabsahan metode tim, dan bertanya-tanya untuk siapa Matt dan Alejandro benar-benar bekerja.

Tim tersebut melakukan perjalanan ke stasiun Patroli Perbatasan Arizona untuk mengajukan pertanyaan kepada imigran gelap yang ditahan. Reggie dan Kate penasaran dengan rencana Matt. Matt mengungkapkan bahwa tujuannya adalah untuk mencegah operasi obat-obatan Manuel sampai tingkat tertentu sehingga Manuel akan dipanggil kembali ke Meksiko oleh atasannya, bandar obat-obatan kartel Sonora Fausto Alarcón (Julio Cedillo) dan dengan mengikuti Manuel, mereka akan menemukan Fausto. Tim tersebut menggerebek sebuah bank yang digunakan oleh Manuel untuk melakukan pencucian uang, mengganggu arus kasnya. Matt menyuruh Kate untuk tidak masuk bank namun Kate mengabaikannya dan terlihat oleh kamera keamanan bank.

Di bar, Reggie memperkenalkan Kate kepada Ted (Jon Bernthal), seorang teman dan petugas polisi setempat. Kate dan Ted pergi ke apartemennya dan ketika mereka mulai bergairah, Kate menyadari bahwa Ted juga bekerja untuk kartel tersebut. Mereka berkelahi, Ted mencekik Kate dan Alejandro menyelamatkan Kate. Alejandro dan Matt mengikuti Kate sebagai umpan, mencurigai bahwa kartel tersebut akan mengirim seseorang setelah Kate diketahui dalam serangan bank tersebut. Alejandro dan Matt menyiksa Ted untuk mengungkapkan petugas lain yang bekerja untuk Manuel.

Mereka segera mengetahui bahwa Manuel dipanggil kembali ke Meksiko, namun Kate berpendapat bahwa mereka tidak memiliki wilayah hukum di Meksiko. Matt memberitahu Kate bahwa ia hanya menggunakan Kate, dengan status Kate sebagai petugas hukum Amerika Serikat memberi mereka izin hukum untuk beroperasi di Amerika Serikat. Reggie menyarankan agar ia dan Kate pergi, namun Kate bersikeras bergabung dengan penggerebekan di terowongan untuk menemukan lebih banyak lagi. Tim tersebut membunuh semua orang di terowongan dan Alejandro mencapai ujung terowongan di mana ia menculik salah satu kurir Manuel, seorang perwira polisi Meksiko korup yang bernama Silvio (Maximiliano Hernández). Kate tiba dan mencoba untuk menahan Alejandro, namun Alejandro menembak rompi antipeluru Kate sebelum mengendarai mobilnya dengan Silvio. Kate kembali ke terowongan di Amerika Serikat, memukul Matt sebelum ditundukkan Matt.

Matt menjelaskan bahwa dengan melumpuhkan kartel Sonora, mereka mencoba kembali ketika sebuah kartel tunggal, kartel Medellín, menjalankan perdagangan narkoba. Ada perintah untuk industri dan tanpa kekerasan, dan kecuali orang-orang Amerika berhenti menggunakan kokain, inilah yang terbaik yang bisa mereka harapkan. Alejandro, yang bekerja untuk kartel Medellín, dibawa untuk membunuh Fausto Alarcón. Fausto Alarcón telah memerintahkan untuk membunuh istri dan anak Alejandro, dan ini adalah kesempatan Alejandro untuk balas dendam.

Di Meksiko, Alejandro menemukan Manuel di bawah todongan senjata dan memaksanya untuk bertemu dengan Fausto Alarcón, lalu ia membunuh Silvio. Tiba di rumah Fausto Alarcón, Alejandro membunuh Manuel dan semua penjaga. Alejandro menemukan keluarga Fausto Alarcón di meja makan mereka, menuduh Fausto Alarcón membunuh keluarga besarnya. Alejandro menembak istri dan kedua anak Fausto Alarcón sebelum membunuhnya.

Alejandro muncul di apartemen Kate di mana ia memaksa Kate dengan todongan senjata untuk menandatangani surat pengesahan yang mengabaikan seluruh operasi sebagai tindakan hukum. Ia memberitahu Kate bahwa Kate mengingatkannya pada putrinya dan bahwa Kate harus pindah ke kota kecil di mana peraturan hukum masih ada. Alejandro menjelaskan bahwa Kate bukanlah serigala dan kota-kota telah menjadi tanah serigala. Ketika Alejandro pergi, Kate mengarahkan pistol ke arahnya, namun ia tidak bisa memaksakan dirinya menarik pelatuknya.

Di Ciudad Juárez, istri Silvio menyaksikan pertandingan sepak bola putranya. Pertandingan ini terganggu oleh suara tembakan.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Emily Blunt sebagai Kate Macer
  • Benicio del Toro sebagai Alejandro Gillick
  • Josh Brolin sebagai Matt Graver
  • Victor Garber sebagai Dave Jennings
  • Daniel Kaluuya sebagai Reggie Wayne
  • Maximiliano Hernández sebagai Silvio
  • Jon Bernthal sebagai Ted
  • Jeffrey Donovan sebagai Steve Forsing
  • Raoul Trujillo sebagai Rafael
  • Julio Cedillo sebagai Fausto Alarcón
  • Hank Rogerson sebagai Phil Coopers
  • Bernardo P. Saracino sebagai Manuel Díaz

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Sicario mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 93%, berdasarkan 240 ulasan, dengan rating rata-rata 8/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 82 dari 100, berdasarkan 48 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[8] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[9]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Sicario mendapatkan $46,889,293 di Amerika Utara dan $37,983,151 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $84,872,444, melebihi anggaran produksi film $30 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $401,288, menempati posisi ke-25 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $12,148,041, menempati posisi ke-3 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "SICARIO (15)". British Board of Film Classification. July 27, 2015. Diakses tanggal July 28, 2015. 
  2. ^ "Denis Villeneuve returns to morality's shifting line with 'Sicario". LA Times.com. Diakses tanggal September 11, 2015. 
  3. ^ a b c "Sicario (2015)". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 3, 2016. 
  4. ^ "SICARIO". Festival de Cannes. 
  5. ^ "Screenings Guide". Festival de Cannes. 6 May 2015. Diakses tanggal 8 May 2015. 
  6. ^ "'Sicario' Gets Fall Release Date; Emily Blunt, Benicio Del Toro, Josh Brolin Star". Deadline.com. February 23, 2015. Diakses tanggal February 24, 2015. 
  7. ^ "Sicario (2015)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal October 5, 2016. 
  8. ^ "Sicario reviews". Metacritic. Diakses tanggal October 5, 2016. 
  9. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]