Prisoners (film 2013)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Prisoners
PrisonersHughJackmanPoster2013.jpg
Poster film Prisoners
SutradaraDenis Villeneuve
ProduserBroderick Johnson
Kira Davis
Andrew A. Kosove
Adam Kolbrenner
SkenarioAaron Guzikowski
PemeranHugh Jackman
Jake Gyllenhaal
Viola Davis
Maria Bello
Terrence Howard
Melissa Leo
Paul Dano
MusikJóhann Jóhannsson
SinematografiRoger Deakins
PenyuntingJoel Cox
Gary D. Roach
Perusahaan
produksi
Alcon Entertainment
8:38 Productions
Madhouse Entertainment
DistributorWarner Bros. Pictures
(Amerika Serikat)
Summit Entertainment
(internasional)
Tanggal rilis
Durasi
153 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$46 juta[2]
Pendapatan kotor$122.126.687[2]

Prisoners adalah film drama kriminal misteri Amerika Serikat tahun 2013 yang disutradarai oleh Denis Villeneuve dan diproduseri oleh Broderick Johnson, Kira Davis, Andrew A. Kosove dan Adam Kolbrenner. Naskah film ini ditulis oleh Aaron Guzikowski. Film ini dibintangi oleh Hugh Jackman, Jake Gyllenhaal, Viola Davis, Maria Bello, Terrence Howard, Melissa Leo dan Paul Dano.

Film Prisoners ditayangkan secara perdana di Festival Film Telluride pada tanggal 30 Agustus 2013[3] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 20 September 2013.[4] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Di tepi kota Pennsylvania, Keller Dover (Hugh Jackman), istrinya, Grace (Maria Bello), serta anak-anak mereka, Ralph (Dylan Minnette) dan Anna (Erin Gerasimovich), datang ke acara makan malam Thanksgiving di rumah teman mereka, Franklin Birch (Terrence Howard) dan istrinya, Nancy (Viola Davis), serta anak-anak mereka, Eliza (Zoë Soul) dan Joy (Kyla-Drew Simmons). Keempat anak mereka keluar rumah untuk jalan-jalan dan mendekati sebuah mobil RV yang parkir di jalan. Ada suara musik yang menunjukkan bahwa ada seseorang di dalam mobil tersebut. Setelah makan malam, Anna dan Joy langsung menghilang.

Detektif Loki (Jake Gyllenhaal) diberitahu atas kasus menghilangnya Anna dan Joy, lalu ia memulai pencarian. Loki melihat mobil RV yang ditemukan parkir di sebuah pompa bensin. Ketika pihak kepolisian mengelilingi mobil RV tersebut, sang pengemudi, Alex Jones (Paul Dano), menyalakan mobil tersebut dan menabrak pohon di dekatnya. Ia kemudian ditangkap dan dibawa ke kantor polisi. Alex memiliki IQ seperti anak berusia 10 tahun dan tampak bingung ketika ditanya di kantor polisi. Mobilnya digeledah oleh pihak forensik, tetapi tidak ditemukan apapun yang berkaitan dengan Anna dan Joy. Mengejar petunjuk lainnya, Loki menemukan mayat pria di ruang bawah tanah seorang pastur bernama Patrick Dunn (Len Cariou). Patrick mengakui bahwa ia membunuh pria tersebut karena pria tersebut mengakui bahwa ia "menyatakan perang melawan Tuhan" dan telah membunuh 16 anak serta menyatakan bahwa ia akan membunuh lebih banyak anak.

Ketika pencarian berlanjut, Keller diberitahu bahwa Alex telah dibebaskan dan menyerangnya di luar kantor polisi. Alex berbisik kepada Keller, "Mereka tidak menangis sampai aku meninggalkan mereka." Karena Loki tidak akan kembali menangkap Alex dan Keller mendengar bahwa Alex menyanyikan lagu pendek yang sama dengan lagu yang dinyanyikan oleh Anna, Keller menculik Alex dan mengurungnya di rumah ayah Keller yang ditinggalkan serta menyiksanya — dengan bantuan Franklin yang merasa keberatan — untuk memaksa Alex berbicara. Awalnya, Keller memukul Alex, tetapi Alex tidak mengatakan apa-apa. Keller mengikat Alex di kamar mandi dan menggunakan kayu lapis untuk menutupi kamar mandi dalam kondisi gelap. Keller menyesuaikan air pancuran panas atau dingin di kamar mandi agar Alex merasa sangat tersiksa.

Ketika nyala lilin malam diadakan untuk mengenang Anna dan Joy, Loki melihat seorang pria berkerudung yang mencurigakan dan melarikan diri ketika Loki mendekatinya. Kemudian, pria itu menerobos masuk ke rumah keluarga Dover dan Birch, tetapi ia pergi tanpa melakukan apapun. Loki mengikuti Keller ke tempat Alex ditahan, tetapi ia tidak menemukan Alex karena Keller mengarang cerita tentang mampir di gedung sehingga Keller bisa minum untuk meringankan penderitaannya tanpa sepengetahuan istrinya. Petugas toko mengenali pria berkerudung tersebut dari gambar sketsa dan melaporkannya ke Loki setelah melihat ia membeli pakaian anak-anak. Sang tersangka, Bob Taylor (David Dastmalchian), kemudian ditangkap di rumahnya di mana dindingnya terdapat gambar-gambar labirin. Loki kemudian menemukan banyak kotak yang berisi buku-buku labirin, ular hidup dan pakaian anak-anak yang berlumuran darah, termasuk barang-barang milik Anna dan Joy yang hilang. Mereka mengetahui bahwa Bob Taylor sendiri telah diculik ketika ia masih kanak-kanak. Di kantor polisi, Bob mengaku penculikan, tetapi ketika terjadi perkelahian fisik dengan Loki dan dua petugas kepolisian lainnya, ia merampas senjata dan membunuh dirinya sendiri tanpa mengungkapkan informasi lebih lanjut. Polisi menyimpulkan bahwa Bob adalah seorang pengkhayal dan tidak terlibat dengan kasus hilangnya Anna dan Joy, karena Bob mencuri pakaian dari rumah keluarga Anna dan Joy dan melapisi pakaian mereka dengan darah babi untuk menciptakan penculikan.

Keller terus menyiksa Alex, yang berbicara gelisah tentang melarikan diri dari labirin. Keller mengunjungi bibi Alex, Holly (Melissa Leo), yang memberitahu Keller bahwa Alex mengalami kecelakaan dengan ular yang disimpan oleh suaminya sebagai hewan peliharaannya ketika Alex masih muda. Holly memberitahu bahwa ia dan suaminya sangat religius hingga putra mereka yang masih muda meninggal karena kanker. Kembali ke kantor polisi, Loki frustrasi karena ia tidak mendapatkan petunjuk kasus tersebut hingga ia mencocokkan labirin yang digambar oleh Taylor saat berada di tahanan dengan kalung labirin yang dipakai oleh pria yang dibunuh oleh Patrick di ruang bawah tanahnya.

Tiba-tiba, Joy Birch ditemukan masih hidup dalam kondisi terbius. Keller mengunjungi Joy di rumah sakit untuk meminta informasi. Joy masih pusing, tetapi ia bergumam kepada Keller, "Kau ada di sana". Ia kemudian menyadari bahwa Joy mungkin mendengar suara Keller di rumah keluarga Jones ketika ia mengunjungi Holly dan melarikan diri dari polisi. Loki mencari Keller di gedung apartemen dan menemukan Alex. Keller kemudian kembali ke rumah keluarga Jones untuk mendapatkan informasi dari Holly, tetapi Holly menodongkan pistol ke arah Keller. Holly menjelaskan bahwa sebelum suaminya meninggalkan Holly, mereka menculik banyak anak sebagai bagian dari "perang terhadap Tuhan" untuk membalas kematian putra mereka. Alex adalah anak pertama yang diculik dan selanjutnya, Bob yang diculik. Alex hanya mengajak Anna dan Joy itu untuk pergi, lalu Holly memutuskan untuk menculik mereka. Holly menembak Keller di kakinya dan memenjarakannya di lubang tersembunyi di halaman rumahnya di mana ia menemukan peluit darurat milik putrinya.

Loki pergi ke rumah keluarga Jones untuk memberitahu Holly bahwa keponakannya telah ditemukan. Loki menemukan foto suami Holly yang memakai kalung labirin yang sama dan ditemukan di ruang bawah tanah Patrick, menjadikan suaminya sebagai orang hilang. Loki menemukan Holly membius Anna dan mereka melakukan baku tembak. Loki terluka dan Holly terbunuh. Loki kemudian membawa Anna ke rumah sakit dan bertemu kembali dengan ibunya. Alex bertemu kembali dengan orang tuanya setelah selamat dari siksaan keluarga Jones. Sehari kemudian, Loki kembali ke rumah keluarga Jones di mana pihak kepolisian melakukan pencarian di rumah itu. Ketika para penyelidik forensik meninggalkan rumah tersebut malam harinya, Loki mendengar suara Keller yang meniup peluit milik putrinya dengan keras dari lubang itu.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Hugh Jackman sebagai Keller Dover
  • Jake Gyllenhaal sebagai Detektif Loki
  • Viola Davis sebagai Nancy Birch
  • Maria Bello sebagai Grace Dover
  • Terrence Howard sebagai Franklin Birch
  • Melissa Leo sebagai Holly Jones
  • Paul Dano sebagai Alex Jones
  • Dennis Christopher sebagai Mr. Jones
  • Dylan Minnette sebagai Ralph Dover
  • Zoë Soul sebagai Eliza Birch
  • Erin Gerasimovich sebagai Anna Dover
  • Kyla-Drew Simmons sebagai Joy Birch
  • Wayne Duvall sebagai Kapten Richard O'Malley
  • Len Cariou sebagai Pastur Patrick Dunn
  • David Dastmalchian sebagai Bob Taylor
  • Jeff Pope sebagai Elliot Milland

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Prisoners mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 82%, berdasarkan 235 ulasan, dengan rating rata-rata 7,3/10.[5] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 74 dari 100, berdasarkan 53 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[6] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Prisoners mendapatkan $61.002.302 di Amerika Utara dan $61.124.385 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $122.126.687, melebihi anggaran produksi film $46 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $20.817.053, menempati posisi teratas di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Prisoners (15)". British Board of Film Classification. September 13, 2013. Diakses tanggal September 13, 2013. 
  2. ^ a b c d "Prisoners (2013)". Box Office Mojo. Diakses tanggal September 2, 2018. 
  3. ^ Hogan, Mike; Rosen, Christopher (September 3, 2013). "Telluride Oscar Buzz Puts '12 Years A Slave,' 'Prisoners' In Awards Race On Labor Day". Huffington Post. Diakses tanggal September 2, 2018. 
  4. ^ McNary, Dave (June 28, 2013). "Hugh Jackman's 'Prisoners' Gets New Trailer". Variety. Diakses tanggal September 2, 2018. 
  5. ^ "Prisoners (2013)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal March 9, 2018. 
  6. ^ "Prisoners reviews". Metacritic. Diakses tanggal March 9, 2018. 
  7. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]