Blade Runner 2049

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Blade Runner 2049
Blade Runner 2049 Poster.jpg
Poster film Blade Runner 2049
SutradaraDenis Villeneuve
ProduserAndrew A. Kosove
Broderick Johnson
Bud Yorkin
Cynthia Yorkin
SkenarioHampton Fancher
Michael Green
CeritaHampton Fancher
BerdasarkanKarakter Do Androids Dream of Electric Sheep?
oleh Philip K. Dick
PemeranRyan Gosling
Harrison Ford
Ana de Armas
Sylvia Hoeks
Robin Wright
Mackenzie Davis
Carla Juri
Lennie James
Dave Bautista
Jared Leto
MusikHans Zimmer
Benjamin Wallfisch
SinematografiRoger Deakins
PenyuntingJoe Walker
Perusahaan
produksi
Columbia Pictures
Alcon Entertainment
Scott Free Productions
Torridon Films[1]
16:14 Entertainment[1]
Thunderbird Entertainment
DistributorWarner Bros. Pictures
Tanggal rilis
  • 3 Oktober 2017 (2017-10-3) (Dolby Theatre)
  • 6 Oktober 2017 (2017-10-6) (Amerika Serikat)
Durasi
163 menit[2]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$150–185 juta[3][4][5]
Pendapatan kotor$259.239.658[6]

Blade Runner 2049 adalah film fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2017 yang disutradarai oleh Denis Villeneuve dan diproduseri oleh Andrew A. Kosove, Broderick Johnson, Bud Yorkin dan Cynthia Yorkin. Naskah film ini ditulis oleh Hampton Fancher dan Michael Green, sementara ceritanya ditulis oleh Hampton Fancher berdasarkan karakter dalam buku Do Androids Dream of Electric Sheep? karya Philip K. Dick. Film ini dibintangi oleh Ryan Gosling, Harrison Ford, Ana de Armas, Sylvia Hoeks, Robin Wright, Mackenzie Davis, Carla Juri, Lennie James, Dave Bautista dan Jared Leto.

Film Blade Runner 2049 merupakan sekuel dari film Blade Runner tahun 1982 yang disutradarai oleh Ridley Scott. Film ini ditayangkan secara perdana di Dolby Theatre pada tanggal 3 Oktober 2017[7] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 6 Oktober 2017.[8] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2049, manusia bioteknologi yang disebut replika telah berganbung dengan masyarakat sebagai pelayan dan budak. K (Ryan Gosling), model replika baru yang dibuat untuk dipatuhi, bekerja sebagai utusan yang diandalkan (blade runner) untuk Departemen Kepolisian Los Angeles, memburu dan "mematikan" replika bandel yang bermodel lebih tua. Ia menghabiskan hari-harinya dengan pacar holografiknya, Joi (Ana de Armas), sebuah produk kecerdasan buatan dari Wallace Corporation.

Penyelidikan K terhadap gerakan kebebasan replika yang berkembang membawanya ke sebuah peternakan, di mana ia mematikan replika bandel Sapper Morton (Dave Bautista) dan menemukan sebuah kotak yang terpendam. Analisis forensik menunjukkan bahwa kotak tersebut berisi sisa-sisa replika perempuan yang meninggal akibat komplikasi dari operasi caesar darurat. K merasa resah karena pada awalnya, kehamilan memang tidak mungkin dilakukan.

K diperintahkan untuk memusnahkan semua bukti yang berkaitan dengan kasus ini dan mengundurkan diri dari atasannya, Letnan Joshi (Robin Wright), yang yakin bahwa replika yang mampu bereproduksi menjadi berbahaya dan dapat menyebabkan perang. K, ragu dengan perintahnya untuk membunuh anak dari sisa-sisa replika perempuan tersebut, mengunjungi markas besar pendiri Wallace Corporation, Niander Wallace (Jared Leto), yang mengidentifikasi tubuh tersebut sebagai Rachael (Sean Young), sebuah replika eksperimental. Dalam prosesnya, K mengetahui tentang hubungan romantisnya dengan mantan veteran blade runner Rick Deckard (Harrison Ford). Percaya bahwa reproduksi pada replika dapat memperluas operasinya di seluruh dunia, namun karena kekurangan teknologi, Niander mengirim agen replika khusus Luv (Sylvia Hoeks) untuk mencuri mayat Rachael dari markas Departemen Kepolisian Los Angeles dan mengikuti K untuk menemukan anak Rachael.

Kembali ke peternakan Sapper, K menemukan tanggal tersembunyi yang sesuai dengan ingatan masa kecil tentang menyembunyikan kuda mainan. Joi menegaskan bahwa penemuan K tersebut merupakan bukti bahwa K adalah manusia sesungguhnya. Saat mencari catatan kelahiran untuk tahun itu, ia menemukan bahwa anak kembar lahir pada hari itu juga dengan DNA identik kecuali kromosom seks; hanya anak laki-laki yang terdaftar sebagai makhluk hidup. Melacak anak tersebut ke panti asuhan di San Diego yang hancur, K menemukan catatan tersebut dari tahun yang bersangkutan yang telah dicuri. K juga mengenali panti asuhan dari ingatannya, dan menemukan kuda mainan tersembunyi itu, menunjukkan bahwa kenangan ini, yang menurutnya hanyalah implan, adalah nyata.

K mencari Dr. Ana Stelline (Carla Juri), perancang memori yang memberitahukan kepadanya bahwa hal itu ilegal untuk memprogram replika dengan kenangan nyata manusia, yang menyebabkan K percaya bahwa ia adalah anak Rachael. Setelah gagal dalam ujian perilaku replikanya, K dihentikan oleh Joshi, namun K menjelaskan bahwa ia gagal ujian karena ia telah menyelesaikan misinya untuk membunuh anak tersebut. Joshi memberinya waktu 48 jam untuk menghilang. K memindahkan Joi ke pemancar ponsel meskipun ia mengetahui bahwa jika rusak, Joi akan mati total. Tidak terpengaruh, K memiliki kuda mainan yang dianalisis dan menemukan jejak radiasi yang membawanya ke reruntuhan Las Vegas, di mana ia bertemu Rick. Rick mengungkapkan bahwa ia mengumpulkan catatan kelahiran untuk menutupi jejaknya dan terpaksa meninggalkan Rachael yang sedang hamil dengan gerakan kebebasan replika untuk melindunginya.

Luv dan anak buahnya membunuh Joshi, melacak lokasi K dan tiba untuk menculik Rick. Mereka meninggalkan K yang terluka parah dan menghancurkan pemancar Joi. K kemudian diselamatkan oleh gerakan kebebasan replika yang juga melacaknya. Ia diberitahu oleh pemimpin mereka, Freysa (Hiam Abbass), bahwa ia salah berpikir bahwa ia memiliki peran unik dalam memimpin gerakan tersebut dan bahwa anak Rachael sebenarnya adalah seorang gadis. K menyimpulkan bahwa Dr. Ana adalah putri Rick, karena hanya Dr. Ana yang mampu menciptakan ingatan dan menanamkannya ke dalam dirinya. Freysa mendesak K untuk mencegah Niander mengungkapkan rahasia reproduksi replika dengan cara apapun, termasuk membunuh Rick.

Di Los Angeles, Rick dibawa ke hadapan Niander, yang mengusulkan bahwa perasaan Rachael kepadanya direkayasa oleh Dr. Eldon Tyrell untuk menguji kemungkinan terjadinya replika yang sedang hamil. Ketika Rick menolak bekerja sama, Niander menyuruh Luv mengantarnya ke pos depan yang tertutup untuk disiksa demi informasi. K menghalangi mereka, melawan dan membunuh Luv dan menunda kematian Rick untuk melindunginya dari Niander dan para replikanya. K membawa Rick ke kantor Dr. Ana dan meratapi bahwa kenangan terbaik Rick adalah milik Dr. Ana. Dengan hati-hati, Rick masuk ke kantor dan mendekati Dr. Ana, sementara K terkapar karena lukanya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Blade Runner 2049 mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 87%, berdasarkan 365 ulasan, dengan rating rata-rata 8,2/10.[9] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 81 dari 100, berdasarkan 54 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[10] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[11]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Blade Runner 2049 mendapatkan $92.054.159 di Amerika Utara dan $167.185.499 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $259.239.658, melebihi anggaran produksi film $150 juta.[6]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $31.525.000, menempati posisi teratas di box office.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]