Sepatan, Tangerang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sepatan
Locator Kecamatan Sepatan di Kabupaten Tangerang.png
Peta lokasi Kecamatan Sepatan
Negara Indonesia
ProvinsiBanten
KabupatenTangerang
Pemerintahan
 • Camat-
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri36.03.16 Edit the value on Wikidata
Desa/kelurahan7 desa - 1 kelurahan

Sepatan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Indonesia. Kecamatan ini dimekarkan menjadi 2 kecamatan, Sepatan dan Sepatan Timur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dengan luas wilayah 11.030,326 Ha. Terdiri dari Perumahan, Perkampungan, Persawahan, Ladang dan Sungai dengan luas pesawahan 2.305,093 Ha. Ketinggian dari permukaan laut 4 – 5 M dan jarak ke Ibu Kota Kabupaten Tigaraksa yaitu 39 Km. Dan merupakan salah satu tempat peristiwa yang di abadikan di museum 30's PKI yaitu dengan adanya pasukan ubel-ubel yang memporak porandakan instansi pemerintahan di wilayah sepatan.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Sepatan sudah berkembang sangat pesat dengan infrastruktur jalan yang sudah beton dan akses Jembatan baru Kedaung Barat, Pemerintah sudah menargetkan sepatan sebagai daerah Perumahan Kelas menengah dengan Konsep Kota Mandiri. Masyarakat Sepatan berasal dari penduduk asli dan penduduk pendatang dengan keanekaragaman profesi, tinggal di lokasi perumahan dan pedesaan. Namun masyarakat yang ekonominya relatif rendah tinggal di perkampungan dengan sebagian besar mata pencahariannya adalah buruh,petani dan pedagang.

Bupati Tangerang Ismet Iskandar kembali mewawacanakan pembentukkan dua wilayah baru di Kabupaten Tangerang terdiri dari 29 kecamatan dijadiin menjadi 12 kecamatan yaitu Kabupaten Tangerang Utara terdiri dari 12 kecamatan dan Kabupaten Tangerang Tengah terdiri dari 5 kecamatan. Di dalam berkas yang diajukan itu, rencananya Kabupaten Tangerang Utara terdiri dari 12 kecamatan, masing-masing Kresek, Kosambi, Pakuhaji, Sukadiri, Sepatan, Kemiri, Gunung Kaler, Sepatan Timur, Teluknaga, Kronjo, Mekar Baru dan Mauk. Sedangkan di Kabupaten Tangerang Tengah terdiri dari 5 kecamatan, masing-masing Kelapa Dua, Curug, Legok, Cisauk dan Pagedangan. Jadi nantinya setelah dimekarkan kembali, Kabupaten Tangerang (daerah induk) hanya tersisa terdiri dari 12 Kecamatan masing masing Tigaraksa, Jambe, Solear, Jayanti, Balaraja, Cikupa, Panongan, Pasar Kemis, Sidang Jaya, Sukamulya, Rajeg dan Cisoka. Akibat pencanangan Tangerang Utara, Kini di Sepatan banyak terdapat banyak perumahan kelas menengah ke atas dengan konsep cluster dan kota mandiri.

Perumahan[sunting | sunting sumber]

Di kecamatan ini terdapat berbagai macam perumahan menengah, diantaranya:

  1. Golden City
  2. Perumahan Permata Sepatan
  3. Perumahan Grand Permata Sepatan
  4. Duta Asri palem 1
  5. Duta Asri Palem 5
  6. Duta Asri palem 7
  7. Duta Asri Palem 9
  8. Tangerang Residence
  9. Grand CITY The Extention
  10. Gardenia Sepatan
  11. Perumahan Sepatan Viola
  12. Sepatan Residence
  13. Perumahan Nirwana Sepatan
  14. Puri Mahoni
  15. Griya Sepatan
  16. Perumahan Lebak Wangi
  17. Grand Permata
  18. Giya bumi asri teriti
  19. Villa Permata Sarakan
  20. Jaya Imperial Park
  21. Perumahan Puri Tamarin
  22. Paradise Park Residence
  23. Cluster Pondok Jaya
  24. Magnolia Garden
  25. Royal Living
  26. Panorama Sepatan
  27. Cluster Aero Land Sepatan
  28. Cluster Sepatan City

Jalan Tol[sunting | sunting sumber]

Rencana Tol Sepatan Timur lanjutan dari Tol Kunciran-Cengkareng (JORR 2) yang terhubung dengan rencana dari Tol KARTARAJA yang mengitari pantai utara di Tangerang sampai Balaraja. Tol Semanan-Balaraja yang melewati kawasan Sepatan di bangun pada tahun 2016 hingga tahun 2022.

Rumah Sakit/Klinik[sunting | sunting sumber]

  1. KLINIK SEPATAN SARANA MEDIKA
  2. RSUD Paku Haji
  3. RSIA Sepatan Mulia
  4. PUSKESMAS SEPATAN
  5. KLINIK MELITA
  6. KLINIK KEDAUNG
  7. RS Hermina Priuk Kutabumi

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Terdapat sekolah negeri seperti SMP Negeri 1 Sepatan, SMP Negeri 2 Sepatan, SMP Negeri 3 Sepatan, SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang, dan SMK Negeri 2 Kab. Tangerang, SDN Sepatan 1, SDN Sepatan 2, SDN Sepatan 3, SDN Sepatan 4, SDN Sepatan 5, SDN Sarakan 1, SDN Sarakan 2, Sekolah swasta Yayasan Awwabin yang terdiri dari TK, SDIT, MTs, Madrasah Aliyah (MA), dan sekolah swasta lainnya, seperti: SMA MKGR Sepatan, SMK AZ-Zahra Sepatan, SMP PGRI Sepatan, Dll.

Taman Kota[sunting | sunting sumber]

Sepatan memiliki sebuah taman yang diberi nama "TAMAN KOTA SEPATAN" yang berada di tengan kecamatan sepatan, tidak jauh dari kantor kecamatan sepatan, tepatnya di sebelah SDN Sepatan 1. Disekitar TAMAN KOTA SEPATAN juga terdapat angkringan yang menjajakan berbagai jajanan yang murah meriah. TAMAN KOTA SEPATAN juga menjadi tempat berkumpulnya remaja dan masyarakat dari kecamatan lain untuk sekadar bersilaturahmi atau berburu jajanan yang murah meriah disekitar TAMAN KOTA SEPATAN.

Oraganisasi Kepemudaan[sunting | sunting sumber]

Terdapat beberapa Organisasi Kepemudaan yaitu: KNPI, GP Ansor, Karang Taruna, Lentera Sepatan , IPMA Sepatan, FPPMT, IKRAR ( Ikatan Pemuda Kayu Besar)

Mall&PASAR[sunting | sunting sumber]

Sepatan juga memiliki pasar tradisional yang luasnya sekitar 1.000 m2. Berlokasi di sebelah kantor kecamatan Sepatan, pada jalan pertigaan kearah Pakuhaji. Seputar pasar ini telah terdapat kantor cabang bank, antara lain BRI, BJB, Bank BTN, Bank Mandiri.

CITY PLAZA KUTABUMI ADA BIOSKOP CINEPOLIS DAN SUPERINDO. SAHABAT DEPARTEMEN STORE

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas Wilayah Sepatan:

Utara Kecamatan Sukadiri dan Kecamatan Pakuhaji
Timur Kecamatan Sepatan Timur
Selatan Kota Tangerang
Barat Kecamatan Rajeg dan Kecamatan Pasar Kemis

Pemekaran kecamatan[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Sepatan menghasilkan:

  1. Kecamatan Sepatan Timur

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Kelurahan Sepatan
  2. Desa Pisangan Jaya
  3. Desa Kayu Bongkok
  4. Desa Karet
  5. Desa Mekar Jaya
  6. Desa Sarakan
  7. Desa Kayuagung
  8. Desa Pondok Jaya