Selogiri, Karanggayam, Kebumen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Selogiri
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Kebumen
Kecamatan Karanggayam
Pemerintahan
 • Kepala desa -
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Selogiri adalah sebuah desa di kecamatan Karanggayam, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Selogiri termasuk dalam salah satu desa tertinggal di Kabupaten Kebumen karena lokasinya yang berada di perbukitan Pegunungan Serayu Selatan dan jauh dengan pusat kabupaten. Kondisi sarana dan prasarana terutama jalan yang buruk membuat desa ini sulit berkembang karena akses menuju akses ekonomi terhambat. Selain itu juga belum mendukungnya jaringan telekomunikasi yang baik. Angkutan desa untuk menjangkau Desa Selogiri adalah Angkutan Desa rute Kota Karanganyar (Kecamatan Karanganyar) - Soma (Desa Gunungsari).

Batas-batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Sebelah Utara: Desa Giritirto dan Kabupaten Banjarnegara
  2. Sebelah Barat: Desa Glontor dan Desa Gunungsari
  3. Sebelah Selatan: Desa Kalibening
  4. Sebelah Timur: Desa Giritirto

Pembagian Wilayah[sunting | sunting sumber]

Desa Selogiri terdiri dari 4 dusun yang masing-masing dusun terbagi lagi menjadi beberapa pedukuhan

1. Dusun Selogiri I
Terdiri dari: Dukuh Situmbu, Sidomas, Sigentol, Srengseng dan Sirnabaya
2. Dusun Selogiri II
Terdiri dari: Dukuh Kedunglaban, Kalikendo, Kaliwarak, Kedungtrenggiling, Larangan, Kedungbiru dan Krajan
3. Dusun Selogiri III
Terdiri dari: Dukuh Sikebo, Karangasem, Penusupan, dan Sigobang
4. Dusun Selogiri IV
Terdiri dari: Dukuh Kepetek, Sipanjang, Semampir, Karangnangka dan Gintung

Geografi[sunting | sunting sumber]

Wilayah Desa Selogiri berada di Pegunungan Serayu Selatan dengan topgrafi berbukit lereng curam hingga sangat curam. Ketinggian wilayah Desa Selogiri antara 100-500 meter di atas permukaan air laut (Mdpl). Desa Selogiri dikelilingi rangkaian bukit dengan beberapa puncak seperti Bukit Kayubima, Bukit Menyan, Bukit Menur, Bukit Sigude, Bukit Sikebo, dan lainnya. Secara geologi wilayah Selogiri berada di Kompleks Luk Ulo sehingga desa ini sebagian besar terutama diutara tersusun oleh berbagai macam bongkah yang tercampur secara tektonik dalam masa dasar serpih hitam seperti Gabro, Rijang, Basalt, Serpentinit dan Grauwake. Selain itu formasi Totogan yang terdiri dari breksi dengan komponen batulempung, batupasir, batugamping dibagian selatan. Ditengah desa mengalir Sungai Selogiri yang merupakan anak sungai terbesar yang dimiliki Sungai Cacaban sebelum bermuara ke Sungai Luk Ulo. Sungai Selogiri merupakan pertemuan antara Sungai Curugdawa dari Dusun Selogiri III dan Sungai Curugdara dari Dusun Selogiri IV. Selain itu terdapat Sungai Sidomas di Dusun Selogiri I.

Potensi Desa[sunting | sunting sumber]

Desa Selogiri memiliki berbagai potensi baik dari alam maupun budaya. Diantaranya berupa air terjun Curug Domas, Curug Lanang, Curug Tatar dan Petilasan Pagerjawa serta Kesenian Wayang Orang Situmbu di Dusun Selogiri I. Kemudian Curug Sawangan dan Gupit di Dusun Selogiri II. Serta Gunung Menyan dan Kesenian Kuda Lumping Krida Budaya yang ada di Dusun Selogiri IV.