Lompat ke isi

Sekulah bromo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ini tentang Verbena bonariensis yang dijelaskan oleh Linnaeus . Lihat juga di bawah untuk kesalahan penerapan takson ini.
Sekulah bromo
Verbena bonariensis Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
SuperkerajaanEukaryota
KerajaanPlantae
DivisiTracheophyta
OrdoLamiales
FamiliVerbenaceae
GenusVerbena
SpesiesVerbena bonariensis Edit nilai pada Wikidata
Linnaeus, 1753

Verbena bonariensis, sekulah ungu, sekulah Argentina, sekulah tinggi , sekulah cantik, adalah anggota keluarga bunga sekulah yang dibudidayakan sebagai tanaman tahunan berbunga atau tanaman tahunan herba.

Tanaman ini berasal dari daerah tropis Amerika Selatan dan tumbuh di sebagian besar wilayah hangat, dari Kolombia dan Brasil hingga Argentina dan Chili. Tanaman ini juga telah tersebar di beberapa gunung di Indonesian seperti Gunung Bromo dan Gunung Semeru sebagai spesies invasif.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Sekulah bromo merupakan tanaman tahunan bertangkai tinggi dan ramping. Itu bisa tumbuh menjadi 6 kaki (180 cm) tinggi dan dapat menyebar hingga 3 kaki (90 cm) lebar. Saat dewasa, ia akan mengembangkan dasar kayu. Bunga lavender yang harum hingga bunga mawar ungu berada dalam kelompok rapat yang terletak di batang terminal dan ketiak, mekar dari pertengahan musim panas hingga musim gugur yang beku. Batangnya berbentuk persegi dengan ruas yang sangat panjang. Daun berbentuk bulat telur hingga bulat telur-lanset dengan tepi bergerigi dan tumbuh hingga 4 inci (10 cm) panjang.

Spesies invasif[sunting | sunting sumber]

V. bonariensis dapat menghasilkan benih sendiri dengan mudah. Kemampuan ini telah menimbulkan kekhawatiran bahwa tanaman ini dapat menjadi spesies invasif dan gulma berbahaya di habitat yang menguntungkan. [1] Ia telah dinaturalisasi di sejumlah Amerika Serikat bagian selatan.

Saat ini, tanaman ini termasuk dalam daftar pantauan spesies invasif di negara bagian Washington, [2] yang dinaturalisasi di Afrika tropis dan selatan, Asia beriklim sedang, Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat (termasuk Hawaii ), Hindia Barat, Makaronesia, dan Kepulauan Mascarene . Menurut Pacific Island Ecosystems at Risk, tanaman ini dianggap sebagai gulma di Fiji, New Guinea, dan pulau-pulau Pasifik Selatan lainnya. [3]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Verbena bonariensis Risk". California Invasive Plant Council (dalam bahasa Inggris). 2017-10-15. Diakses tanggal 2020-03-16. 
  2. ^ WSNWCB (2007)
  3. ^ Pacific Island Ecosystems at Risk: V. bonariensis