Politeknik Ahli Usaha Perikanan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sekolah Tinggi Perikanan)
Politeknik Ahli Usaha Perikanan
Jakarta Technical University of Fisheries
Nama sebelumnya
Sekolah Tinggi Perikanan
JenisPerguruan tinggi kedinasan
Didirikan7 September 1962
RektorDra. Ani Leilani, M.Si.
Alamat,
Jakarta
Situs webpoliteknikaup.ac.id

Politeknik Ahli Usaha Perikanan adalah perguruan tinggi kedinasan yang mendidik tenaga profesional di bidang Perikanan darat dan laut serta unggul dalam terapan Sains Perikanan. Sekolah ini di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Terletak di Jalan Raya Pasar Minggu, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Sistem pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pelaksanaan perkuliahan menggunakan sistem SKS yang berjumlah kurang lebih 155 SKS. Secara garis besar, jumlah SKS dibagi kedalam dua unsur yaitu unsur teori dan unsur praktik yang secara keseluruhan diselenggarakan selama 8 semester dengan rasio atau perbandingan masing-masing 40% teori dan 60% praktik.

Pelaksanaan kegiatan praktik dilakukan melalui tiga cara, yaitu praktik laboratorium, praktik lapang dan praktik magang kerja. Sistem evaluasi pendidikan terdiri atas ujian tengah semester, ujian akhir semester dan ujian Karya Ilmiah Praktik Akhir.

Sistem penilaian terhadap taruna dilakukan secara periodik setiap semester. Seorang Taruna harus mencapai IP minimal 2,5 untuk dapat dinyatakan lulus ujian dan berhak mengikuti semester selanjutnya. Sebaliknya bila tidak memenuhi jumlah IP minimal tersebut, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.

Penulisan Karya Ilmiah Praktik Akhir merupakan suatu persyaratan mutlak untuk memperoleh sebutan Sarjana Sains Terapan Perikanan. Selanjutnya, sistem pendidikan di STP juga dilengkapi dengan pembinaan fisik dan mental melalui sistem semi-militer. Hal ini dimaksudkan untuk membekali para taruna dengan disiplin yang tinggi serta karakter yang kuat. Sistem ini juga sangat bermanfaat dalam rangka mengembangkan sikap kepemimpinan maupun kapabilitas ilmu pengetahuan.

Jurusan dan Program studi[sunting | sunting sumber]

  1. Jurusan Teknologi Penangkapan Ikan meliputi Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan (TPI), dan Program Studi Permesinan Perikanan (MP);
  2. Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan meliputi Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH);
  3. Jurusan Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan meliputi Program Studi Teknologi Akuakultur (TAK) dan Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan (TPS);
  4. Jurusan Penyuluhan Perikanan meliputi Program Studi Penyuluhan Perikanan (PP).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]