Scott Pilgrim Takes Off

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Scott Pilgrim Takes Off
Genre
BerdasarkanScott Pilgrim
oleh Bryan Lee O'Malley
Pengembang
Ditulis oleh
  • Bryan Lee O'Malley
  • BenDavid Grabinski
SutradaraAbel Góngora
Pengisi suara
Lagu pembuka"Bloom"
oleh Necry Talkie
Musik
Negara asalAmerika Serikat
Jepang
Bahasa asliInggris
Jmlh. musim1
Jmlh. episode8
Produksi
Produser eksekutif
ProduserEunyoung Choi
Rumah produksi
Rilis asli
JaringanNetflix

Scott Pilgrim Takes Off adalah serial animasi mendatang yang dikembangkan oleh kartunis Kanada Bryan Lee O'Malley dan BenDavid Grabinski untuk Netflix. Serial ini didasarkan pada novel grafis Scott Pilgrim yang ditulis dan digambar oleh O'Malley, dengan pemeran adaptasi film tahun 2010 mengulangi peran mereka. Serial tersebut telah rilis pada 17 November 2023.

Premis[sunting | sunting sumber]

Serial ini, yang berlatar di Toronto, Kanada, berfungsi sebagai penceritaan ulang alternatif dari serial dan film novel grafis asli Scott Pilgrim. Seperti di serial aslinya, Scott Pilgrim, seorang bassis di sebuah band indie, jatuh cinta dengan Ramona Flowers, seorang gadis pengantar barang misterius, menarik perhatian tujuh mantan mantan jahat Ramona. Segalanya berubah secara tak terduga ketika Scott kalah dalam pertarungan melawan mantan jahat Ramona yang pertama, Matthew Patel, dan tampaknya terbunuh. Akibatnya, lintasan kehidupan setiap orang, termasuk mantan jahat Ramona, berubah drastis, Ramona mengetahui bahwa Scott mungkin masih hidup dan menyelidiki kepergiannya.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Inggris[sunting | sunting sumber]

Indonesia[sunting | sunting sumber]

Jepang[sunting | sunting sumber]

Episode[sunting | sunting sumber]

No.JudulSutradaraDisusun olehTanggal rilis asli
1"Kehidupan Scott Pilgrim yang Sederhana, tapi Berharga (Scott Pilgrim's Precious Little Life)"Abel GóngoraAbel Góngora17 November 2023 (2023-11-17)
Scott Pilgrim adalah bassis pengangguran dari band Toronto "Sex Bob-omb" dan berkencan dengan Knives Chau, seorang siswa sekolah menengah berusia 17 tahun. Di sebuah pesta, Scott bertemu Ramona Flowers, seorang gadis yang berulang kali muncul dalam mimpinya. Dia memesan DVD dari Netflix ketika dia mengetahui Ramona bekerja di sana sebagai kurir, dan dia mengajaknya kencan ketika dia tiba. Mereka rukun, tidak menyadari bahwa mereka diam-diam diawasi oleh Gideon Graves, pemimpin sekelompok mantan mitra Ramona yang disebut League of Evil Exes, yang harus dikalahkan Scott untuk bisa berkencan dengannya. Gideon mengirimkan anggota Liga dengan peringkat terendah Matthew Patel untuk membunuh Scott di acara Sex Bob-omb. Matthew menyela mereka di awal pertunjukan dan tampaknya melenyapkan Scott di awal pertempuran mereka.
2"Beda Level (A League of Their Own)"Tomohisa ShimoyamaTomohisa Shimoyama17 November 2023 (2023-11-17)
Ramona menolak Matthew meskipun dia menang atas Scott, menyalahkan dirinya sendiri atas kematiannya. Menyadari hal ini bertentangan dengan aturan Liga yang menjanjikan hak pemenang untuk berkencan dengan Ramona, Matthew memanggil enam anggota Liga lainnya ke pertemuan di Kota New York, di mana Gideon mengungkapkan tujuan sebenarnya Liga agar dia memonopoli kasih sayang Ramona. Matthew menantang Gideon untuk memimpin Liga atas penipuannya, yang dimenangkan Matthew setelah pertarungan yang panjang, memaksa Gideon melepaskan kendali atas konglomerat media besarnya. Sementara itu, setelah pemakaman Scott yang diganggu oleh mantan pacarnya, bintang pop Envy Adams, Ramona mendengar suara Scott dalam mimpinya dan menyadari bahwa dia mungkin masih hidup.
3"Ramona Menyewa Video (Ramona Rents a Video)"Moko-chanMoko-chan17 November 2023 (2023-11-17)
Neil Nordegraf yang "muda", teman sekamar vokalis Sex Bob-omb, Stephen Stills, dibujuk oleh kematian Scott untuk menulis skenario untuk sebuah film layar lebar. Dia terbangun di malam hari dan melihat sosok misterius menulis sisanya, dan dia menemukan itu selesai keesokan paginya. Ramona meninjau rekaman keamanan malam Scott terbunuh, menemukan bahwa dia ditarik ke portal tepat sebelum Matthew menyerangnya. Mantan pacar Stephen, Julie Powers, mengarahkannya ke drummer Sex Bob-omb dan mantan pacar Scott, Kim Pine, yang disingkirkan Ramona sebagai tersangka ketika Kim mengungkapkan rasa hormat atas pengejarannya terhadap Scott. Ramona tiba-tiba diserang oleh Roxie Richter, salah satu Mantan Jahat. Selama pertarungan mereka, Ramona meminta maaf atas sikap tidak berperasaan yang dia putuskan dengannya, dan keduanya berdamai. Gideon yang putus asa mendekati Julie, mengungkapkan identitasnya sebagai teman sekelas lamanya, Gordon Goose, dan dia dengan hangat menyambutnya.
4"Apa Sajalah (Whatever)"Akitoshi YokoyamaAkitoshi Yokoyama17 November 2023 (2023-11-17)
Ramona mengunjungi Mantan Penjahat dan aktor terkenal Lucas Lee untuk menanyakan apakah dia ada hubungannya dengan portal tersebut. Lucas telah berperan dalam peran tituler dalam film Neil, Kehidupan Kecil Berharga Scott Pilgrim, yang berteori apa yang bisa terjadi jika Scott mengalahkan Matthew; Teman sekamar Scott, Wallace Wells, berperan sebagai dirinya sendiri. Lucas dan Ramona diserang oleh paparazzi ketika dia diketahui berkencan dengan aktris yang memerankan Knives. Setelah pertarungan panjang yang melelahkan Lucas, dia dan Ramona berbaikan, dan dia menyelinap keluar dari studio. Saat dia diturunkan oleh agennya, dia menegaskan kepada Ramona bahwa dia tidak ada hubungannya dengan portal tersebut. Mantan Jahat Todd Ingram, teman band dan pacar Envy serta vegan berkekuatan super, tiba melalui portal untuk mengikuti audisi Scott, membuat Ramona curiga.
5"Lampu. Kamera. Menyala?! (Lights. Camera. Sparks?!)"Rushio MoriyamaRushio Moriyama17 November 2023 (2023-11-17)
Saat Ramona berperan sebagai pemeran pengganti Envy (berperan Ramona), Wallace merayu Todd. Iri hati membuat Ramona melawan pemeran pengganti Wallace sementara dia memberi tahu Todd bahwa perselingkuhan mereka hanyalah hubungan asmara dan dia tidak peduli padanya, menyebabkan dia dengan lesu melanggar "kode vegan" dan kehilangan kekuatannya. Saat Envy dan Ramona mencoba berbicara dengan dia, Ramona menunjukkan rekamannya kepada mereka, dan Envy menyimpulkan bahwa portal itu bukan milik Todd. Matthew, pemilik baru studio, menghentikan produksi dan mengungkapkan kepada Ramona bahwa Gordon berkencan dengan Julie.
6"SIPELAKU (Whodidit)"Takakazu NagatomoMari Motohashi17 November 2023 (2023-11-17)
Gordon berteman dengan Lucas yang menganggur. Ramona menghadapkan Julie, yang menjelaskan bahwa Gordon terlalu tertekan untuk merencanakan apa pun terhadap Scott, dan saat mereka kembali ke rumah Julie, robot yang mengikuti Ramona habis. Stephen dan Knives memberi Matthew ide untuk mengubah Scott Pilgrim's Precious Little Life menjadi sebuah drama dengan dirinya sendiri yang berperan sebagai Scott. Ramona menyadari bahwa Mantan Jahat si kembar Katayanagi menciptakan robot untuk menjadi vegan dan menyuruhnya membuat portal. Sex Bob-omb memberitahunya bahwa Neil tidak menulis skenario dan informasi file mengungkapkan bahwa itu ditulis empat belas tahun ke depan. Scott muncul di depan pintu Ramona, memvalidasi teorinya tetapi mengaku telah mengatur semuanya sendiri.
7"2 Scott 2 Pilgrim"Kenji MaebaKenji Maeba17 November 2023 (2023-11-17)
Selama pertarungan dengan Matthew, Scott dibawa ke masa depan oleh dirinya di masa depan, yang menjelaskan hal itu, setelah mengalahkan Liga,[a] dia dan Ramona menikah tetapi kemudian bercerai. Dia memulai sebuah band dengan si kembar, yang robotnya menarik Scott ke masa depan. Bertujuan untuk menghapus rasa sakit masa lalunya, Scott Tua menolak untuk menerimanya kembali sampai dia menyerah pada Ramona, dan Scott menyaksikan perjalanan Ramona dalam mencoba menyelamatkannya melalui robot. Dia mendekati Ramona tua, yang mengungkapkan bahwa dia mengambil memoar Neil lama yang dia tulis tentang mereka, mengadaptasinya menjadi skenario, melakukan perjalanan kembali ke masa lalu, dan menanamnya di komputernya. Saat keduanya tergerak oleh upaya Ramona, Ramona tua membawa Scott kembali ke masa lalu. Setelah menjelaskan hal ini, Scott meminta maaf kepada Knives dan mencoba mencium Ramona, tetapi mereka menemukan ada medan gaya di antara bibir mereka. Mencurigai Liga, mereka menuju ke adaptasi musikal Matthew dari Scott Pilgrim's Precious Little Life.
8"Dunia vs Scott Pilgrim (The World Vs Scott Pilgrim)"Takuya Fujikura & Takakazu NagatomoAbel Góngora & Mari Motohashi17 November 2023 (2023-11-17)
Scott dan Ramona memastikan bahwa tidak ada satupun Mantan Jahat yang berada di belakang lapangan. Selama permainan, Scott yang lebih tua dan gila memindahkan Scott, teman-temannya, Ramona, dan Liga, mengungkapkan dirinya sebagai orang yang menciptakan lapangan. Karena Scott menolak menyerah pada Ramona, dia berniat membunuh mereka semua. Kelompok tersebut melawannya, tetapi semua orang dikirim kembali kecuali Scott dan Ramona. Pertarungan tersebut diinterupsi oleh Ramona yang lebih tua, yang mengungkapkan bahwa dia masih mencintainya ketika mereka berpisah tetapi muak dengan keadaannya saat ini. Ramona memutuskan dia sudah selesai lari dari apa yang dia cintai dan merangkul dirinya yang lebih tua, bergabung dan menjadi "Super Ramona", yang mengirim Scott yang lebih tua kembali ke masa depan dan berhasil mencium Scott. Mereka kembali ke drama, di mana Gordon dan Julie tertangkap sedang mencoba mengebom panggung, tapi Matthew malah mengembalikan propertinya, bosan dengan stres yang ditimbulkannya. Matthew terus bekerja sebagai aktor panggung; Lucas bekerja sebagai barista bersama saudara perempuan Scott; Roxie membantu Todd berlatih untuk mempertahankan kekuatan vegannya; si kembar Katayanagi terus bekerja di bidang robotika; Wallace menemukan pacar di Paris setelah berlibur dengan uang filmnya; Knives bergabung dengan Sex Bob-omb sebagai pemain keyboard, dengan Envy sesekali berkolaborasi dengan mereka; dan Ramona terus bekerja sebagai pemeran pengganti. Dalam adegan mid-credit, Gordon dan Julie tampaknya berkomplot melawan Scott dan Ramona.


Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Bryan Lee O'Malley membuat seri novel grafis dan berperan sebagai co-showrunner.

Pada Januari 2022, dilaporkan bahwa Netflix dan Universal Content Productions sedang mengembangkan serial anime berdasarkan novel grafis Scott Pilgrim karya Bryan Lee O'Malley;[1] pada saat itu, Netflix telah memesan beberapa proyek anime dan animasi lainnya berdasarkan properti populer.[2] O'Malley diumumkan sebagai showrunner, penulis, dan produser eksekutif bersama BenDavid Grabinski, dengan sutradara animator Abel Góngora. Edgar Wright dan Michael Bacall, yang menyutradarai dan menulis adaptasi film live-action tahun 2010, Scott Pilgrim vs. the World, juga terlibat dalam anime dan berperan sebagai produser eksekutif. Produksi animasinya disediakan oleh Science Saru[1] Pada bulan Maret 2023, diumumkan bahwa serial tersebut secara resmi telah mendapat lampu hijau,[3] dengan Wright mencatat bahwa hal itu memperluas alam semesta Scott Pilgrim.[4] Teaser pertama dirilis pada 16 Agustus 2023.

Casting[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 30 Maret 2023, Netflix merilis video pengumuman pemeran, yang mengonfirmasi bahwa pemeran film tahun 2010 akan mengulangi peran mereka.[3] Wright telah mengumpulkan para aktor untuk film tersebut dan membantu meyakinkan mereka semua untuk kembali dalam anime.[5] Dia menyatakan bahwa casting dan pengerjaan film tersebut adalah "salah satu pencapaian paling kasar dan paling menyenangkan dalam karir[nya]".[5] Mereka sebelumnya telah bersatu kembali untuk acara peringatan 10 tahun, dan tim dilaporkan bersemangat untuk membuat proyek lain di alam semesta Scott Pilgrim.[6] Shota dan Keita Saito, aktor yang memerankan si kembar Katayanagi dalam peran non-berbicara dalam film tersebut, tidak disebutkan dalam pengumuman pemeran; kemudian diumumkan bahwa Julian Cihi akan menyuarakan kedua saudara kembar tersebut.[7] Pihak produksi mengonfirmasi bahwa pemeran selanjutnya akan diumumkan kemudian.[8]

Penulisan[sunting | sunting sumber]

Ketika O'Malley dan Grabinski mulai menulis serial tersebut, mereka ingin menangkap semangat komik dan filmnya, namun tetap memperbarui banyak hal dalam waktu hampir dua dekade sejak komik tersebut diterbitkan pertama kali. Beberapa perubahan ini termasuk mengubah pekerjaan Ramona dari gadis pengantar barang untuk Amazon menjadi pengantar DVD untuk Netflix dan juga memperluas cerita latar belakang para mantan jahat.[butuh rujukan]

Musik[sunting | sunting sumber]

Musik serial ini disusun oleh Joseph Trapanese dan Anamanaguchi, yang sebelumnya pernah dibuat untuk adaptasi video game film tersebut.[5] Lagu pembuka acara, "Bloom" dibawakan oleh band rock Jepang Necry Talkie.[9] "What's a Girl to Do?" oleh Cristina, "Breathless" oleh X, "A-Punk" oleh Vampire Weekend, "You Wouldn't Like Me" oleh Tegan & Sara, "United States of Whatever" oleh Liam Lynch, "Ring of Fire" oleh Johnny Cash, "If You Could Read My Mind" oleh Stars on 54, "Kidnapped by Neptune" oleh Scout Niblett, "Scott Pilgrim" oleh Plumtree, "Police Truck" oleh Dead Kennedys, "Konya Wa Hurricane" oleh Kinuko Oomori, dan ''Techno Syndrome" oleh The Immortals juga ada di acara itu.

Rilis[sunting | sunting sumber]

Wright memposting di media sosial bahwa perilisannya "segera" pada 30 Maret 2023, sambil mendiskusikan para pemerannya.[4] Netflix mengumumkan pada bulan Agustus tahun yang sama bahwa serial tersebut akan dirilis pada 17 November dan akan terdiri dari delapan episode.[10][11]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, 98% dari 46 ulasan kritikus adalah positif, dengan nilai rata-rata 8,2/10. Konsensus situs web tersebut berbunyi: "Mempertahankan hati dan kecerdasan film aslinya sekaligus mengukir jalur baru untuk dirinya sendiri, Scott Pilgrim lepas landas dalam media animasi dan melambung tinggi."[12] Di Metacritic, serial ini mendapat skor 82 dari 100, berdasarkan 20 ulasan, yang menunjukkan "pengakuan universal".[13]

Rendy Jones dari RogerEbert.com memuji acara tersebut dengan mengatakan bahwa acara tersebut "menghancurkan ekspektasi" dan "dengan cerdik memeriksa ulang keseluruhan ceritanya dengan perubahan yang mendalam tanpa mengorbankan sedikit pun identitasnya."[14] Alison Herman dari majalah Variety mengatakan "berhasil menggabungkan gaya inovatif dan pesona komik pendahulunya dengan putaran baru yang mengoreksi kiasan yang sekarang dapat kita lihat dengan melihat ke belakang" dan mencatat bahwa pertunjukan tersebut bukan untuk anak-anak tetapi "ditujukan untuk mantan anak-anak meninjau kembali favorit lama melalui sudut pandang yang lebih dewasa."[15]

Maya Phillips dari New York Times mengungkapkan ketidakpuasannya terhadap karya tersebut, secara khusus menargetkan narasi dan humornya. Phillips menggambarkan alur cerita sebagai "hambar" dan leluconnya "tidak menarik".[16]

Masa depan[sunting | sunting sumber]

Dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone, O'Malley mengatakan tentang masa depan serial ini bahwa saat ini tidak ada rencana untuk musim kedua, dengan menyatakan "Saya tidak pernah mengatakan tidak akan pernah, tapi saat ini, sepertinya dibutuhkan sekitar 50 keajaiban berbeda secara bersamaan untuk musim lain akan terjadi. Jadi kita lihat saja nanti.”[17][18]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seperti yang digambarkan dalam Scott Pilgrim's Finest Hour dan Scott Pilgrim vs. the World (2010).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Kit, Borys (January 7, 2022). "Scott Pilgrim Anime Series in the Works From UCP, Netflix (Exclusive)". The Hollywood Reporter. PMRC. 
  2. ^ Otterson, Joe (2022-01-07). "'Scott Pilgrim' Anime Series in Development at Netflix". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-04-01. 
  3. ^ a b Rice, Lynette (2023-03-30). "Netflix Orders New Anime Series Based On 'Scott Pilgrim'; Original Cast From 2010 Movie To Voice". Deadline.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-03-30. 
  4. ^ a b Travis, Ben (2023-03-30). "Scott Pilgrim Anime Series Is 'Imminent' With Entire Cast Returning, Confirms Edgar Wright". Empire. Diakses tanggal 2023-04-01. 
  5. ^ a b c Otterson, Joe (2023-03-30). "'Scott Pilgrim' Netflix Anime Series Reunites Film's Cast, From Michael Cera to Chris Evans" [Serial Anime Netflix 'Scott Pilgrim' Menyatukan Kembali Pemeran Film, Dari Michael Cera hingga Chris Evans]. Variety (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-18. Diakses tanggal 2023-03-30. 
  6. ^ Parkel, Inga (2023-03-31). "Edgar Wright announces original Scott Pilgrim cast to reunite in anime adaptation". The Independent. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-07. Diakses tanggal 2023-04-01. 
  7. ^ Tinoco, Armando (October 14, 2023). "'Scott Pilgrim Takes Off': Netflix Drops Full Trailer Of Anime Series". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-10-20. Diakses tanggal 2023-10-15. 
  8. ^ Monroe, Jazz (2023-03-30). "Scott Pilgrim Anime Series Coming to Netflix, Voiced by Original Film Cast". Pitchfork. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-18. Diakses tanggal 2023-04-01. 
  9. ^ Scorziello, Sophia (2023-08-16). "We're in Lesbians With the Scott Pilgrim Takes Off Theme Song". Vulture (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-10-31. Diakses tanggal 2023-08-16. 
  10. ^ Eddy, Cheryl (2023-08-16). "Scott Pilgrim Takes Off in First Look at Netflix's New Anime Series". Gizmodo (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-11-21. Diakses tanggal 2023-08-16. 
  11. ^ Scorziello, Sophia (2023-08-16). "'Scott Pilgrim Takes Off' Teaser: Michael Cera, Mary Elizabeth Winstead and More Original Cast Return for Anime Series". Variety (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-11-21. Diakses tanggal 2023-08-16. 
  12. ^ "Scott Pilgrim Takes Off: Season 1". Rotten Tomatoes. Fandango Media. Diakses tanggal November 18, 2023. 
  13. ^ "Scott Pilgrim Takes Off Reviews". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-11-17. Diakses tanggal 2023-11-17. 
  14. ^ Jones, Rendy (November 17, 2023). "Netflix's Scott Pilgrim Takes Off is a Phenomenal Stand-Alone Anime Addition". RogerEbert.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-11-26. Diakses tanggal 2023-11-25. 
  15. ^ Herman, Alison (17 November 2023). "Netflix's 'Scott Pilgrim' Anime Series Puts a Fresh, Self-Aware Spin on the Cult Classic: TV Review". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-11-25. 
  16. ^ Phillips, Maya (2023-11-19). "'Scott Pilgrim Takes Off,' Almost". New York Times. ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2023-11-25. 
  17. ^ Colbert, Isaiah (2023-11-20). "'Scott Pilgrim Takes Off': Inside an Animated Spinoff for the Ages" ['Scott Pilgrim Takes Off': Di Dalam Sempalan Animasi untuk Segala Zaman]. Rolling Stone. Diakses tanggal 2023-11-20.  (perlu berlangganan)
  18. ^ Tinoco, Armando (2023-11-25). "'Scott Pilgrim Takes Off' Creators On Season 2: "We're Not Working On It. We Have No Official Ideas"" [Kreator 'Scott Pilgrim Takes Off' Pada Musim 2: “Kami Tidak Sedang Mengerjakannya. Kami Tidak Memiliki Ide Resmi”]. Deadline. Diakses tanggal 2023-11-25.