Vampire Weekend

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Vampire Weekend
Vampire Weekend performing at Red Rocks Amphitheatre in 2013
Vampire Weekend performing at Red Rocks Amphitheatre in 2013
Informasi latar belakang
AsalNew York City, U.S.
Genre
Tahun aktif2006–sekarang
Label
Artis terkait
Situs webvampireweekend.com
Anggota
Mantan anggota
Vampire Weekend 2013

Vampire Weekend adalah sebuah grup musik indie rock Amerika Serikat dari New York City yang dibentuk pada tahun 2006 dan saat ini bergabung dengan Columbia. Formasi awal grup musik ini terdiri dari: Ezra Koenig (vokal utama, gitar), Rostam Batmanglij (gitar, kibor, vokal latar), Chris Tomson (drum) dan Chris Baio (bass, vokal latar). Pada awal tahun 2016, Batmanglij memutuskan untuk keluar.[7]

Album pertama Vampire Weekend (2008)—yang termasuk singel "Mansard Roof", "A-Punk", "Oxford Comma", "Cape Cod Kwassa Kwassa", dan "The Kids Don't Stand a Chance"— mendapat pujian dari para kritikus karena pengaruh Musik dunianya. Album berikutnya mereka, Contra (2010), juga mendapat pujian yang sama dan meraih kesuksesan komersial yang kuat. Album studio ketiga mereka, Modern Vampires of the City (2013), memenangkan Penghargaan Grammy untuk Album Musik Alternatif Terbaik. Album keempat, Father of the Bride, dirilis pada 2019, dan memberi mereka kemenangan Grammy kedua untuk Album Musik Alternatif Terbaik. Album ini juga dinominasikan untuk Grammy Award untuk Album of the Year.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembentukan dan awal mula (2006-2007)[sunting | sunting sumber]

Anggota grup ini bertemu saat di Columbia University, yang diawali dengan kolaborasi rap antara Koenig dan Tomson. Mereka atas cinta bersama musik punk dan Afrika, dan bahkan Koenig telah tur dengan The Dirty Projectors selama periode eksperimen dengan musik Afrika, inspirasi grup untuk memasukkan suara ke dalam pekerjaan mereka di dunia awal. Mereka memilih nama Vampire Weekend dari judul sebuah proyek film pendek oleh Koenig. Koenig percaya bahwa citra vampir dari nama band mereka membantu menyebarkan karya mereka di internet, menarik orang-orang yang dinyatakan mungkin tidak pernah mendengarkan musik mereka. Grup ini mulai bermain di sekitar Columbia, dimulai dengan pertempuran antar grup musik di Aula Lerner. Setelah lulus dari perguruan tinggi, grup ini memproduksi album debut mereka sekaligus bekerja pekerjaan paruh waktu, Tomson sebagai petugas pengarsipan musik dan Koenig sebagai seorang guru sekolah menengah.

Vampire Weekend (2007-2008)[sunting | sunting sumber]

Album debut band Vampire Weekend dirilis pada tanggal 29 Januari 2008. Sukses di AS dan Inggris, memuncak di nomor 15 di UK Albums Chart dan nomor 17 di Billboard 200. Album ini masuk dalam peringkat 430 di Rolling Stone's 500 Greatest Albums of All Time. Empat single yang dirilis dari album, "A-Punk", memuncak di posisi 25 di chart Billboard Modern Rock Tracks dan di posisi 55 di UK Singles Chart, "Oxford Comma" berada di posisi 38 di Inggris. "A-Punk" berada di urutan 4 di Daftar lagu Terbaik pada tahun 2008 dari Rolling Stone, dan ditampilkan dalam acara televisi Inggris The Inbetweeners dan video game Guitar Hero 5, Just Dance (seri TV) 2 dan Lego Rock Band.

Contra (2009-2011)[sunting | sunting sumber]

Album kedua band, Contra, dirilis pada 11 Januari 2010 di Inggris dan hari berikutnya di AS, setelah diundur dari tanggal rilis asli untuk musim gugur 2009. Single pertama album, "Horchata", dirilis pada 5 Oktober 2009. Single kedua album, "Cousins", dirilis sebagai single pada 17 November 2009.

Ini adalah album pertama mereka yang mencapai nomor satu di Billboard 200, dan album ke-12 yang didistribusikan secara independen dalam sejarah yang mencapai posisi nomor satu di Billboard 200 sejak Nielsen SoundScan mulai merekam data pada tahun 1991, dan juga menjadi artis independen pertama yang mencapai nomor satu di Billboard 200 tanpa pernah menandatangani kontrak dengan label besar, setelah band rock Radiohead dan Pearl Jam dan sebelum The Suburbs dari Arcade Fire. Album ini terjual 124.000 eksemplar dalam minggu pertama dan dianugerahi Gold oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika Serikat pada 21 November 2011 yang berarti telah terjual lebih dari 500.000 unit di AS saja. Pada tahun 2010, itu dianugerahi sertifikasi diamond dari Asosiasi Perusahaan Musik Independen yang menunjukkan penjualan setidaknya 250.000 eksemplar di seluruh Eropa.

Pada tanggal 9 Januari 2010, band ini melakukan pertunjukan akustik untuk MTV Unplugged. Bulan berikutnya, band ini melakukan tur Eropa dan Kanada dengan duo elektro Kanada Fan Death sebagai pendukung tur mereka. Video untuk single berikutnya "Giving Up the Gun" juga dirilis pada 18 Februari 2010 yang menyertakan akting cemerlang dari Joe Jonas, Lil Jon, RZA, dan Jake Gyllenhaal.

Mereka juga memainkan festival musik di seluruh AS seperti Coachella Valley Music and Arts Festival, Bonnaroo, Austin City Limits Music Festival, All Points West, dan festival Groovin' The Moo di Australia. Single ketiga mereka, "Holiday", dirilis pada 7 Juni 2010.

Pada tanggal 25 Juni 2010, band ini bermain di Panggung Piramida di Festival Glastonbury, di Pilton, Somerset, Inggris. Band ini juga tampil di panggung utama di T in the Park2010 di Balado Kinross, Skotlandia, pada 8 Juni, dan bermain di Festival Oxegen di Irlandia pada 9 Juli. Mereka juga tampil di Festival Latitude di Suffolk, Inggris pada 18 Juli. 16 Juli, band ini tampil di Panggung Utama di Festival Internacional de Benicàssim. Pada musim panas 2010 band ini bermain di panggung Utopia di Peace and Love, Festival terbesar di Swedia. Pada tanggal 30 Juli 2010, band ini bermain di Jisan Valley Rock Festival di Korea Selatan.

Pada tahun 2010, Vampire Weekend memulai tur Amerika Utara dengan Beach House dan Dum Dum Girls. Tur dimulai pada 27 Agustus 2010, di Vancouver, British Columbia di Malkin Bowl. Koenig mengatakan kepada penonton bahwa sebelum konser ini, band ini memiliki "masa liburan" terlama yang mereka miliki dalam beberapa saat.

Contra dinominasikan untuk kategori Best Alternative Music Album di Grammy, namun kalah dari album Brothers oleh duo rock asal AS, The Black Keys.

Modern Vampires of the City (2011-sekarang)[sunting | sunting sumber]

Pada 11 November 2011, terungkap bahwa Vampire Weekend telah berada di studio, menulis dan merekam materi untuk album ketiga mereka. Pada tanggal 26 April 2012, Rolling Stone melaporkan bahwa album baru mereka dapat dirilis pada akhir tahun 2012. Koenig berkata, "Kami memiliki banyak hal. Akan keren jika [dirilis] tahun ini... Kami tidak pernah ingin berada di posisi [di mana] ketika kami mengeluarkan sesuatu, kami merasa bisa diuntungkan dari lebih banyak waktu." Sampai dirilis, band ini berhati-hati tentang rincian album berikutnya, menyatakan bahwa sebuah band "dapat memberikan banyak wawancara ketika mereka sedang mengerjakan sesuatu" tetapi mereka "tidak menginginkan sesuatu yang [mereka] katakan enam bulan lalu untuk memengaruhi cara orang mendengarnya setelah selesai."Akhir Pekan Vampir di 2013.

Modern Vampires of the City dirilis pada Mei 2013, dan ditulis serta direkam di berbagai lokasi termasuk SlowDeath Studios di New York, Echo Park "Back House" di Los Angeles, Vox Recording Studios di Hollywood, apartemen Rostam Batmanglij di New York dan sebuah wisma tamu. di Kebun Anggur Martha. Album ini diproduksi bersama oleh Batmanglij dan Ariel Rechtshaid. Setelah Batmanglij memproduseri dua album pertama sendiri, ini menandai pertama kalinya band bekerja dengan produser luar di salah satu rekaman mereka.

Dirilis pada 14 Mei 2013, album ini memulai debutnya pada No.1 di tangga lagu Billboard 200 Amerika, menandai kedua kalinya Vampire Weekend mencapai prestasi tersebut: album kedua mereka Contra juga sebelumnya memulai debutnya di No. 1 pada 2010, menjadikan mereka band rock independen pertama yang menempati tangga album di No. 1 di AS dengan dua album berturut-turut. Modern Vampires of the City juga memecahkan rekor sebelumnya untuk penjualan vinyl minggu pertama, bergerak hampir 10.000 unit di vinyl saja dan memulai debutnya di No 1 di Soundscan Vinyl Charts. Selain itu, album ini menempati peringkat ke-1 di Indie, Alternatif, Digital dan Bilboard 200. Pada tahun 2014, Modern Vampires of the City memenangkan penghargaan Grammy untuk Album Musik Alternatif Terbaik.

Untuk mempromosikan album, XL Recordings merilis "Diane Young" dan "Step" sebagai single A- ganda pada 19 Maret 2013. Modern Vampires of the City dirilis oleh XL pada 14 Mei. dan Vampire Weekend memainkan beberapa konser dan festival musik tak lama setelah itu, akhirnya memulai tur mereka sendiri yang lebih besar sepanjang akhir 2013, dimulai dengan pertunjukan di Mann Center for the Performing Arts di Philadelphia pada 19 September. John Gentile dari Rolling Stone melaporkan bahwa band ini memainkan konser di "beberapa venue terbesar yang pernah mereka lakukan hingga saat ini" dalam tur.

Pada minggu pertama perilisan album, album ini debut pada posisi #1 di Billboard 200 dan terjual 134.000 eksemplar di Amerika Serikat. Itu adalah kedua kalinya album mereka secara berturut-turut menempati di tangga album, serta album kesembilan belas yang didistribusikan secara independen yang berhasil menempati puncak tangga album Billboard 200 di eraMRC Data (1991–sekarang). Album ini memasuki tangga album Inggris di nomor tiga dengan penjualan minggu pertama 27.805 eksemplar, menjadi album ketiga mereka secara berturut-turut yang masuk Top 20 tangga album di Inggris. Pada Desember 2014, album ini telah disertifikasi Gold oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika Serikat dan terjual 505.000 kopi di AS. Pada tahun 2014, ia dianugerahi sertifikasi diamond dari Asosiasi Perusahaan Musik Independen, yang menunjukkan penjualan setidaknya 200.000 eksemplar di seluruh Eropa.

Pada September 2020, Modern Vampires of the City dimasukkan oleh Rolling Stone ke dalam daftar Rolling Stone's 500 Greatest Albums of All Time, di posisi 328.

Keluarnya Batmanglij and Album Father of the Bride (2014–2019)[sunting | sunting sumber]

Setelah hiatus setelah berakhirnya tur Modern Vampires mereka, yang berakhir pada September 2014, terungkap pada 26 Januari 2016 bahwa Rostam Batmanglij telah meninggalkan band. Dia mencatat bahwa dia dan Koenig akan terus berkolaborasi. Kemudian pada hari yang sama, Koenig mengumumkan bahwa Vampire Weekend sedang berada di studio untuk mengerjakan album keempat mereka yang akan datang, dengan Batmanglij berkontribusi pada rekaman tersebut. Judul album diungkapkan adalah Mitsubishi Macchiato.

Pada bulan April 2016, band ini tampil sebentar dalam kampanye untuk calon presiden Bernie Sanders di Washington Square Park. Koenig telah menjadi pendukung Sanders yang terkenal, setelah berdiskusi di acara radio Beats 1-nya, Time Crisis. Band ini tampil live dengan Dave Longstreth dari Dirty Projectors, yang menandai penampilan pertama mereka sebagai trio.

Pertunjukan pertama Vampire Weekend sejak hiatus berlangsung di Ojai, California pada 16 & 17 Juni. Pada tanggal 31 Januari 2018, diumumkan bahwa band ini akan menjadi headline di festival musik Inggris End of the Road. Festival ini berlangsung dari 31 Agustus hingga 3 September dan menandai kembalinya Vampire Weekend untuk pertama kalinya ke panggung festival dalam 4 tahun. Pada 21 Juli, mereka tampil di Byron Bay untuk festival musik diAustralia, Splendor in the Grass. Selain itu, diumumkan bahwa mereka akan menjadi headline di Festival rock fuji di batu, yang dijadwalkan pada 27 hingga 29 Juli 2018. Untuk konser mereka, trio inti Koenig, Baio, dan Tomson telah menambah Greta Morgan pada keyboard, gitar, dan vokal, Brian Robert Jones pada gitar, Garrett Ray pada perkusi, drum, dan vokal, dan Will Canzoneri pada keyboard dan vokal. Selama penampilan mereka pada 4 Agustus 2018 di Lollapalooza, di mana band memainkan lagu favorit penggemar "A-Punk" tiga kali berturut-turut, Koenig mengumumkan bahwa album ke-4 Vampire Weekend telah selesai.

Pada 17 Januari 2019, Koenig mengumumkan judul album keempat mereka merupakan FOTB, dan mengungkapkan bahwa album tersebut akan terdiri dari 18 lagu, berdurasi sekitar 59 menit. Selain itu, ia mengumumkan bahwa album tersebut akan dipromosikan dengan tiga rilisan dua lagu bulan, mulai minggu berikutnya. Pada tanggal 24 Januari, lagu "Harmony Hall" dan "2021" dirilis, dan Koenig mengkonfirmasi judul album tersebut sebagai Father of the Bride. Dia juga mengatakan bahwa rekaman tersebut akan menampilkan sejumlah kolaborator, termasuk Batmanglij, menandai pertama kalinya band ini memasukkan vokalis tamu dalam sebuah album. Dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone, Koenig berkata, "Kami memiliki tiga album dengan suara yang sama berulang-ulang. Saya suka ide untuk membuka dunia kami sedikit." Dia juga menegaskan bahwa "2021" menampilkan sampel Haruomi Hosono, dan mengatakan bahwa dia berencana untuk mulai mengerjakan album kelima Vampire Weekend. Pendekatan tur band saat ini dipengaruhi oleh Phish, Grateful Dead dan band jam lainnya. Penggemar kontemporer mencerminkan pengaruh ini dalam penciptaan barang dagangan tidak resmi yang terinspirasi Deadhead termasuk kemeja, celana pendek, pewarna dasi, dan topi ember.

Pada Penghargaan Grammy Tahunan ke-62, band ini menerima tiga nominasi: Album of the Year dan Album Musik Alternatif Terbaik untuk Father of the Bride dan Best Rock Song untuk "Harmony Hall". Mereka menang untuk Album Musik Alternatif Terbaik (kemenangan kedua mereka dalam kategori tersebut). Pada tahun 2020, EP Live in Florida yang menampilkan lagu-lagu dari Father of the Bride Tour dirilis.[76] Pada tanggal 4 Februari 2021, Vampire Weekend merilis EP 40:42 yang menampilkan reinterpretasi lagu mereka "2021" dari Father of the Bride. Dua artis ditugaskan untuk mengembangkan lagu tersebut menjadi versi dua puluh menit dan dua puluh satu detik

Anggota[sunting | sunting sumber]

  • Ezra Koenig – vokal utama, gitar, piano (2006–sekarang)
  • Chris Baio – bass, vokal latar (2006–sekarang)
  • Chris Tomson – drum, perkusi, vokal latar (2006–sekarang)
  • Brian Robert Jones – gitar, vokal latar (2018–sekarang)
  • Greta Morgan – gitar, kibor, perkusi, vokal latar (2018–sekarang)
  • Garrett Ray – perkusi, drum, vokal latar (2018–sekarang)
  • Will Canzoneri – kibor, vokal latar (2018–sekarang)

Mantan anggota

  • Rostam Batmanglij – kibor, gitar, programming, perkusi, vokal latar, produksi (2006–2016)

Lini masa[sunting | sunting sumber]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album studio

  • Vampire Weekend (2008)
  • Contra (2010)
  • Modern Vampires of the City (2013)
  • Father of the Bride (2019)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Clark, Tyler (May 8, 2019). "Did Vampire Weekend Win the Indie Rock Age?". Consequence of Sound. Diakses tanggal June 2, 2019. 
  2. ^ Edelstone, Steven (January 25, 2019). "The 10 Best Vampire Weekend Songs". Paste. Diakses tanggal June 2, 2019. 
  3. ^ Haider, Arwa (January 3, 2018). "The most exciting music of 2018". BBC. Diakses tanggal June 2, 2019. 
  4. ^ Swhear, Alex (May 6, 2019). "Vampire Weekend's Freewheeling Pop Rock and 11 More Albums for Heavy Rotation". Noisey. Diakses tanggal June 2, 2019. 
  5. ^ "New music review: Modern Vampires of the City, Vampire Weekend (XL)". May 12, 2013. Diakses tanggal August 5, 2019. 
  6. ^ Zellner, Xander (May 14, 2019). "Vampire Weekend Becomes First Act With Three No. 1 Albums & No Hot 100 Hits". Diakses tanggal August 5, 2019. 
  7. ^ Phillips, Amy (26 January 2016). "Rostam Batmanglij Quits Vampire Weekend". Pitchfork.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-05-18. Diakses tanggal 26 January 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]