Sarah Palin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sarah Palin
Palin1.JPG
Gubernur Sarah Palin
Gubernur Alaska 9
Masa jabatan
4 Desember 2006 – 26 Juli 2009
WakilSean Parnell
PendahuluFrank Murkowski
Wali kota Wasilla, Alaska
Masa jabatan
1996–2002
WakilJohn Cramer
PendahuluJohn Stein
PenggantiDianne Keller
Informasi pribadi
Lahir11 Februari 1964 (umur 55)
Sandpoint, Idaho, Amerika Serikat
Partai politikRepublik
PasanganTodd Palin (sejak 1988)
AnakTrack, Bristol, Willow, Piper, Trig
Tempat tinggalWasilla, Alaska
Alma materUniversitas Idaho
ProfesiWartawan / Politikus
Lokasi Wasilla di negara bagian Alaska

Sarah Louise (Heath) Palin (pengucapan bahasa Inggris: [ˈpeɪlɨn]; lahir di Sandpoint, Idaho, Amerika Serikat, 11 Februari 1964; umur 55 tahun) adalah politikus Amerika Serikat yang pernah menjabat Gubernur Alaska. Ia adalah calon wakil presiden untuk Pemilihan Umum Presiden Amerika Serikat 2008 mendampingi John McCain (Republik). Mereka dikalahkan oleh pasangan Barack Obama dan Joe Biden (Demokrat).

Palin dipilih sebagai gubernur pada akhir tahun 2006 setelah mengalahkan gubernur yang sedang menjabat waktu itu, Frank Murkowski dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik, dan mengalahkan mantan gubernur dari Partai Demokrat, Tony Knowles dalam pemilihan umum. Sarah Palin adalah wanita pertama sekaligus gubernur termuda yang pernah menjabat Gubernur Alaska. Sebelum menjabat gubernur, Palin menjadi anggota dewan kota Wasilla, Alaska dari tahun 1992 hingga 1996 (dua kali masa jabatan), dan terpilih dua kali sebagai wali kota Wasilla, pada tahun 1996 dan 1999. Pada tahun 2002, Ia pernah mencalonkan diri sebagai wakil gubernur namun tidak terpilih. Palin mendapat gelar Bachelor of Arts di bidang jurnalisme dari Universitas Idaho.

Pada 29 Agustus 2008, calon presiden dari Partai Republik, John McCain mengumumkan bahwa Palin dipilihnya sebagai pendamping dalam pemilihan umum. Dengan demikian Palin menjadi wanita calon wakil presiden kedua yang mewakili partai politik besar di Amerika Serikat setelah Geraldine Ferraro, sekaligus wanita calon wakil presiden pertama dari Partai Republik. Ia juga menjadi politikus asal Alaska yang pertama kali mengikuti pemilihan presiden/wakil presiden di AS.

Masa kecil dan awal karier[sunting | sunting sumber]

Palin dilahirkan sebagai Sarah Louise Heath in Sandpoint, Idaho. Ia adalah putri dari Sarah Heath (nama sebelum menikah: Sarah Sheeran), yang bekerja sebagai sekretaris di sebuah sekolah, dan Charles R. Heath, seorang guru ilmu alam dan pelatih atletik.[3][4] Orang tuanya adalah keturunan Inggris, Irlandia, dan Jerman.[3] Keluarganya pindah ke Alaska ketika ia masih kecil.[4] Sarah dan sang ayah kadang-kadang bangun pukul 3.00 dini hari untuk berburu rusa moose sebelum berangkat sekolah. Keluarganya juga secara teratur mengikuti lomba lari 5 kilometer dan 10 kilometer.[4]

Palin bersekolah di Sekolah Menengah Atas Wasilla di Wasilla, Alaska. Di sekolahnya ia menjabat kepala cabang Fellowship of Christian Athletes.[4] Dalam tim bola basket, ia bermain sebagai point guard sekaligus bertindak sebagai kapten tim. Tim bola basketnya menjadi juara bola basket sekolah Alaska pada tahun 1982. Palin berjasa memenangkan pertandingan dari lemparan bebas di detik-detik terakhir pertandingan walaupun mengalami patah tulang di pergelangan kaki.[4] Sewaktu aktif di bola basket, ia mendapat julukan "Sarah Barracuda" karena permainannya yang bersemangat.[4]

Pada tahun 1984, Palin memenangi kontes kecantikan Miss Wasilla, dan menjadi juara kedua dalam pemilihan Miss Alaska[5] yang membuatnya mendapat beasiswa universitas.[4] Dalam pemilihan Miss Wasilla, ia memainkan flute dan memenangi gelar "Miss Congeniality" (Miss Persahabatan)[6][7]

Palin mendapat gelar sarjana di bidang jurnalisme dari Universitas Idaho, tempatnya juga mengambil kuliah ilmu politik.[8] Ia menikah dengan pacarnya sejak di Sekolah Menengah Atas, Todd Palin pada 29 Agustus 1988. Setelah menikah, ia bekerja sebagai wartawan olahraga untuk stasiun televisi lokal di Anchorage sambil membantu suaminya sebagai nelayan.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Alaska Assemblies of God Newsletter" (PDF). Summer 2008. Diakses tanggal 29 Agustus 2008. along with Pastor Mike Rose of Juneau Christian Center, where Palin presently attends church when in Juneau  line feed character di |quote= pada posisi 18 (bantuan)
  2. ^ "Sarah Palin - Pentecostal". washingtontimes.com. Diakses tanggal 30 Agustus 2008. 
  3. ^ a b Ancestry of Sarah Palin oleh Robert Battle. URL diakses pada 26 Agustus 2008.
  4. ^ a b c d e f g h Johnson, Kaylene (2008). "Sarah: How a Hockey Mom Turned Alaska's Political Establishment Upside Down". Epicenter Press. ISBN 978-0979047084. 
  5. ^ "Gov. Sarah Palin Was Second Choice in '84 Beauty Contest". 
  6. ^ "McCain surprises with Palin pick". MarketWatch. 29 Agustus 2008. Diakses tanggal 29 Agustus 2008. 
  7. ^ "Commentary: Palin is brilliant, but risky, VP choice". CNN. 29 Agustus 2008. Diakses tanggal 29 Agustus 2008. 
  8. ^ Kizzia, Tom (29 Agustus 2008). "Gov. Sarah Palin: A biography". Anchorage Daily News. Diakses tanggal 29 Agustus 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
John Stein
Wali kota Wasilla, Alaska
1996 – 2002
Diteruskan oleh:
Dianne Keller
Didahului oleh:
Frank Murkowski
Gubernur Alaska
2006 – 2009
Diteruskan oleh:
Sean Parnell
Didahului oleh:
Dick Cheney
Calon wakil presiden Partai Republik
(presumptif)

Pemilihan Umum Presiden Amerika Serikat 2008
Petahana
Didahului oleh:
Janet Napolitano
Gubernur Arizona
Urutan protokoler Amerika Serikat
(ketika berada di luar Alaska)
Diteruskan oleh:
Linda Lingle
Gubernur Hawaii
Didahului oleh:
Dick Cheney & Lynne Cheney
Wakil Presiden & Istri
Urutan protokoler Amerika Serikat
(wilayah Alaska)
Diteruskan oleh:
Wali kota dari kota-kota di Alaska (bila ada), setelah itu Nancy Pelosi
Juru bicara Dewan Perwakilan Amerika Serikat