Sancho IV dari Kastilia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sancho IV
Sancho IV de Castilla 02.jpg
Sancho di dalam sebuah manuskrip kontemporer.
Raja Kastila dan León
Berkuasa4 April 1284 – 25 April 1295
PendahuluAlfonso X
PenerusFernando IV
Lahir(1258-05-12)12 Mei 1258
Valladolid
Wafat25 April 1295(1295-04-25) (umur 36)
Toledo
Pemakaman
WangsaWangsa Ivrea
AyahAlfonso X dari Kastilia
IbuYolanda dari Aragon
PasanganMaría de Molina
Anak
di antara lainnya...
Isabella, Ratu Aragon
Fernando IV dari Kastila
Beatriz, Ratu Portugal
AgamaKatolik Roma

Sancho IV dari Kastila (12 Mei 1258 – 25 April 1295) disebut sang Pemberani (el Bravo), merupakan seorang Raja Kastila, León dan Galisia dari tahun 1284 sampai kematiannya. Ia adalah putra kedua Alfonso X dan Violante, putri Chaime I dari Aragon.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Kakandanya, Fernando de la Cerda, meninggal pada bulan November 1275, dan pada tahun 1282 Sancho mengumpulkan sebuah koalisi bangsawan untuk menyatakan dirinya melawan putra Fernando, Alfonso, yang kemudian menguasai kerajaan ketika Alfonso X meninggal pada tahun 1284. Ini semua bertentangan dengan keinginan ayahanda mereka, namun Sancho dinobatkan di Toledo.

Aksesi Sancho sebagian karena penolakannya terhadap politik elitis ayahandanya. Sancho diakui dan didukung oleh mayoritas bangsawan dan kota-kota, namun minoritas yang cukup besar menentangnya sepanjang masa pemerintahannya dan bekerja untuk ahli waris Fernando de la Cerda. Salah satu pemimpin oposisi adalah saudaranya Jaime, yang bersatu dengan Lord Biscay, Lope Díaz III de Haro. Sancho menanggapi dengan mengeksekusi Lord Biscay dan memenjarakan saudaranya. Menurut para kronikus, ia memperkuat kekuasaannya dengan mengeksekusi 4,000 pengikut Infante Alfonso, putra Fernando de la Cerda, di Badajoz. Ia mengeksekusi 400 lainnya di Talavera dan lebih banyak lagi di Ávila dan Toledo.

Setelah mengeluarkan oposisi ini, Sancho mengampuni saudaranya, yang kemudian dibebaskan. Jaime menunggu waktunya sebelum mengobarkan pemberontakan kembali: konflik atas Tarifa. Ia memanggil bantuan Banu Marin di Maroko dan mengepung Guzmán yang Baik di istananya (1291). Pengepungan ini terjadi tindakan kepahlawanan yang terkenal, kematian putra Guzmán yang tidak bersalah. Tarifa dengan setia dipertahankan sampai Sancho dapat menyelamatkannya dan Banu Marin mundur ke Magreb. Maksud Jaime dan Sultan Manu Marin (untuk menyerang) digagalkan.

Ketika Chaime II berhasil menguasai Takhta Aragon, ia berusaha mengikat dua mahkota lebih dekat dan bersatu di Reconquista. Memang kedua pendahulu Jaime telah mencoba melakukan hal yang sama. Sancho juga merupakan sahabat dan guru Manuel dari Kastila.

Tepat sebelum mengalah pada penyakit fatal (mungkin TBC) ia menunjuk istrinya, María de Molina, untuk bertindak sebagai pemangku takhta untuk putranya yang berusia sembilan tahun, Fernando IV. Ia meninggal pada tahun 1295 di Toledo.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Sancho menikahi María de Molina pada tahun 1282, namun pada awalnya pernikahan mereka tidak memiliki dispensasi kepausan yang diperlukan karena dua alasan: Pertama, mereka memiliki hubungan darah yang jauh, dan kedua, Sancho telah bertunangan semasa bocah dengan seorang ahli waris Katalan yang bernama Guillerma Moncada.

Mereka memiliki keturunan sebagai berikut:

Ia memiliki tiga anak haram:

Dengan María Alfonso Téllez de Menezes (meninggal di Toro), istri Juan García, Lord Ucero:

Oleh seorang wanita yang namanya tidak diketahui ia memiliki:

  • Alfonso Sánchez, yang menikah, sebagai istri keduanya, María Díaz de Salcedo, namun meninggal tanpa keturunan.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Medieval Iberia: An Encyclopedia, Ed. E. Michael Gerli and Samuel G. Armistead, (Routledge, 2003), 50.
  2. ^ XXV años de la Escuela de Genealogía, Heráldica y Nobiliaria, Ed. Escuela de Genealogía, Heráldica y Nobiliaria, (Hidalguia, 1985), 431.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • XXV años de la Escuela de Genealogía, Heráldica y Nobiliaria, Ed. Escuela de Genealogía, Heráldica y Nobiliaria, Hidalguia, 1985.
Sancho IV dari Kastilia
Lahir: 12 Mei 1258 Wafat: 25 April 1295
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Alfonso X
Raja Kastila dan León
1284–1295
Diteruskan oleh:
Fernando IV